Hasil Survei Indikator: Meski Elektabilitas Turun, 50% Sampel Warga DKI Maafkan Ahok

Baca Juga 


 Indikator Politik Indonesia merilis survei yang menunjukkan elektabilitas calon Gubernur DKI yang juga petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengalami penurunan signifikan. Rupanya penurunan itu bukan semata-mata karena kasus yang kini dihadapi Ahok, karena sebagian besar responden memaafkannya.

Lembaga survei yang dipimpin Burhanuddin Muhtadi itu juga menanyakan tentang kasus Ahok kepada 798 responden yang tersebar di seluruh Jakarta. Survei dilakukan pada tanggal 15-22 November 2016. Survei ini menggunakan metode Multistage Random Sampling. Margin of Error dari survei ini yakni 3,6 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 






Menurut temuan survei Indikator yang dikutip detikcom, Jumat (25/11/2016) sebanyak 81,1 persen responden tahu bahwa Ahok sudah minta maaf atas pernyataan kontroversialnya tentang Al Maidah:51. Sebanyak 50 persen responden menilai permintaan Ahok tulus sehingga harus dimaafkan. 

Sementara itu yang menilai permintaan maaf Ahok tidak tulus ada 33 persen. Sebanyak 17 persen sisanya tidak tahu atau tidak menjawab. 

Sebanyak 96,4 persen responden tahun bahwa demo 4 November lalu memprotes pernyataan Ahok. Tetapi 94,4 persen responden tidak ikut berdemo saat itu. 

Sebanyak 54,9 persen menilai demo berlangsung damai, namun ada 38 persen kecewa karena demo berakhir rusuh. 45 persen responden meyakini demo tersebut murni aspirasi umat Islam, sementara itu ada 35 persen yang menilai ada susupan politis.

"Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni unggul dengan dukungan 30,4 persen, kemudian Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat 26,2 persen dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno 24,5 persen. Yang belum tahu 18,9 persen. Hingga kalau pemilihan sekarang bisa dipastikan tidak ada yang meraih 50 persen suara hingga harus putaran kedua," kata Burhanuddin saat merilis hasil survei di kantornya, Cikini, Jakarta Pusat, kemarin (24/11). 
(bag/fjp)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top