Indahnya Bumi Nusantara Ciptaan Allah ! Ingin Tahu 30 Destinasi Unggulan Wisata Bahari Indonesia? Inilah Daftarnya!

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer



Wisata Bahari, Ujung Tombak Pariwisata Indonesia


Kekayaan bahari menjadi keunggulan utama Indonesia dari negara lain. Oleh sebab itu, wisata bahari menjadi ujung tombak dari pariwisata Indonesia.

"Laut indonesia itu segitiga terumbu karang. Sangat bagus. Tinggal mengelola terumbu karang agar lebih bagus lagi," ujar Bidang Koordinasi Kedaulatan Kemaritiman, Dedi Miharja pada detikTravel saat acara press tur di Bali, Jumat (18/11/2016).

Kenapa wisata? Saat ini wisata atau traveling menjadi gaya hidup bagi masyarakat dunia. Hal ini terbukti dengan naiknya angka kunjungan wisata di Indonesia menurut data statistik.

"Karena trending wisata selalu naik. Penerima devisa juga terus naik," kata Asdep Diklat Maritim, TB Haeru Rahayu.






Ditambahkan oleh TB Haeru, kontribusi langsung dari travel dan turis juga lumayan. Hal ini dikarenakan biaya wisata di Indonesia relatif murah. Sehingga wisman senang untuk datang ke sini.

Apalagi soal pariwisata diving dan snorkeling, tak perlu diragukan keindahannya. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk pembangunan wisata bahari, yaitu budaya, alam dan buatan manusia.

Ketiga hal ini harus sesuai dengan kearifan lokal. Sehingga nantinya masyarakat menjadi bagian dan penjaga dari wisata itu sendiri.

Namun, masih banyak yang perlu kita perbaiki. Salah satu masalahnya adalah sampah plastik yang berada di kawasan pantai.

Tak usah jauh-jauh ke ujung Indonesia, di Pulau Pramuka contohnya. Sampah yang ada menjadi perusak bagi keseimbangan dan ekologi laut dan tentu saja sangat tidak indah dipandang.

"Beberapa waktu lalu, kami beserta utusan dari beberapa negara seperti Belanda, Australia dan lain-lain melakukan aksi cleaning coastal atau pembersihan pesisir pantai di Pramuka," Ujar TB Haeru.

Untuk itu, Kemenko Maritim berharap Indonesia masih harus terus meningkatkan SDM dan pemahaman akan maritim. Sehingga akan timbul kecintaan pada laut dan membangun kembali kejayaan Indonesia sebagai Negara Maritim di masa lampau. (rdy/rdy)






Tempat Wisata Bahari Terbaik Di Indonesia


Ingin mengetahui berbagai macam tempat wisata bahari terbaik di Indonesia pada saat ini tentunya sudah bukan lagi merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, pasalnya berbagai macam informasi tersebut sduah dapat anda temukan dengan sangat mudah melalui media online pada saat ini. Indonesia sendiri memang terkenal akan kondisi alamnya yang masih asri hijau dan memiliki beragam jenis kekayaan alam di dalamnya.





Terlebih hal tersebut berada hampir di seluruh pelosok tanah air ini yang memang selalu menjadi cirikhas tersendiri karena keindahannya. Maka dari itulah tentunya tak heran jika berbagai kawasan wisata yang terdapat di Indonesia sendiri tidak hanya dikenal oleh para wisatawan domestik saja.

Akan tetapi sudah dikenal juga hingga ke mancanegara oleh para wisatawan asing yang berasal dari berbagai negara, sehingga tak heran jika di berbagai kawasan wisata yang terletak di Indonesia sendiri akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Seperti salah satunya adalah kawasan wisata bahari yang berada di Indonesia, karena seperti yang telah kita ketahui juga bahwa Indonesia sendiri memang terkenal dengan perairannya yang luas dan diketahui memiliki daya tarik dan keindahan tersendiri. 




Maka dari itulah tentunya tak heran jika berbagai kawasan wisata bahari di negara kita ini kerap dijadikan destinasi tempat berlibur bagi para wisatawan, dan di bawah ini adalah beberapa tempat wisata bahari terbaik di Indonesia yang dapat kita ketahui bersama.






Beberapa Tempat Wisata Bahari Terbaik Di Indonesia


Pariwisata Arief Yahya terus melakukan pembenahan termasuk dari sisi wisata bahari. 30 destinasi bahari telah disiapkan olehnya.
Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya bila Indonesia memiliki tiga bagian di wisata bahari, yakni pantai sebesar 60 persen, sea zone 25 persen, dan underwater 15 persen.
"Indonesia memiliki pantai terbesar di dunia, lalu costal terpanjang kedua di dunia bahkan dari sisi wisata selamnya Indonesia menjadi terbaik di dunia," bebernya di Jakarta.
Arief Yahya menuturkan 30 destinasi unggulan wisata bahari yang dipersiapkan mengacu kepada 10 destinasi prioritas yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.
"Presiden Jokowi telah memasukkan dalam daftar kinerjanya dalam membangun pariwisata Indonesia. Salah satunya adalah wisata bahari.
Nah berikut 30 destinasi unggulan wisata bahari yang diutarakan Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Okezone.




Wisata Pantai:
1. Natuna Anambas (Kepri)
2. Bangka Belitung
3. Kepulauan Seribu (Jakarta)
4. Karimun Jawa (Jawa Tengah)
5. Derawan (Kalimantan Timur)
6. Bali
7. Mandalika
8. Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur)
9. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
10. Morotai (Maluku Utara)
Wisata Bentang Laut:
1. Sabang (Aceh)
2. Belitung
3. Bali
4. Lombok (Nusa Tenggara Barat)
5. Derawan (Kalimantan Timur)
6. Togean (Sulawesi Tengah)
7. Ambon (Maluku)
8. Ternate (Maluku Utara)
9. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
10. Raja Ampat (Papua Barat)
Wisata Bawah Laut:
1. Togean (Sulawesi Tengah)
2. Lombok (Nusa Tenggara Barat)
3. Bali
4. Alor (Nusa Tenggara Timur)
5. Derawan (Kalimantan Timur)
6. Bunaken (Sulawesi Utara)
7. Ambon-Banda (Maluku)
8. Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur)
9. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
10. Raja Ampat (Papua Barat)
(jjs)







Taman Laut Bunaken – Tentunya siapa yang tak kenal dengan salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini, dimana di kawasan wisata bahari tersebut juga terdapat berbagai macam ekosistem bawah air dengan spesies dan juga trumbu karangnya yang sangat beragam. Sehingga tak heran jika tempat wisata bahari ini dijuluki sebagai salah satu surganya bagi mereka yang memiliki hobi diving atau menyelam. Tempat wisata ini terletak di Wakatobi yang masuk pada Provinsi Sulawesi Tenggara, yang hingga saat ini masih selalu menjadi target destinasi bagi para pecinta dunia bawah air.





Raja Ampat – Satu lagi kawasan wisata bahari di Indonesia yang sudah mendunia yaitu Raja Ampat ini, kawasan wisata bahari ini terkenal hingga ke mancanegara karena memang memiliki visual yang sangat eksotis di setiap sudut daerahnya. Selain itu, di Raja Ampat ini juga ternyata diketahui sebagai salah satu kawasan yang memiliki jumlah spesies karang paling banyak, dan bahkan diketahui bahwa di kawasan wisata bahari ini terdapat hampir sebanyak 899 jenis spesies ikan. Dan diketahui bahwa kepulauan ini terletak di Papua Barat yang terkenal sebagai salah satu spot terbaik untuk menyelam atau olahraga diving.




Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai beberapa tempat wisata bahari terbaik di Indonesia yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit informasi wisata di atas dapat membantu serta bermanfaat untuk anda semuanya.


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Indahnya Bumi Nusantara Ciptaan Allah ! Ingin Tahu 30 Destinasi Unggulan Wisata Bahari Indonesia? Inilah Daftarnya! | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top