Kedamaian Antar Umat Beragama yang Tercermin di Bukit Kasih Sulawesi

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer


Bukti kehidupan antar umat beragama yang damai sebenarnya banyak ditemukan di Indonesia. Seperti di Bukit Kasih Sulawesi, di mana sejumlah rumah ibadah berjejer harmonis.

Bukit Kasih bisa dibilang cerminan serta inspirasi kedamaian antar umat beragama. Letaknya di Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Kalau dari Manado bisa ditempuh sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor.

Destinasi yang sarat makna persatuan di atas perbedaan itu seringkali menjadi pilihan destinasi wisata religi buat turis yang liburan ke Sulawesi Utara. detikTravel juga pernah ke sana beberapa waktu lalu.

Di Bukit Kasih terdapat rumah-rumah ibadah dari agama berbeda yang letaknya berdekatan. Ada masjid, gereja Katolik, gereja Kristen, vihara Buddha dan pura Hindu. Selain kelima rumah ibadah yang sudah lama ada di Bukit Kasih, tempat ibadah Kong Hu Chu juga dibangun di sana. Benar-benar damai!

Rumah ibadah di Bukit Kasih (Shafa/detikTravel)Rumah ibadah di Bukit Kasih (Shafa/detikTravel)


Traveler yang berkunjung bisa beribadah di Bukit Kasih ini. Nah, untuk bisa mencapai bagian atas bukit, di mana rumah ibadah tersebut berada, traveler harus menaiki sejumlah anak tangga terlebih dahulu.

Ada dua jalur yang bisa dilewati, yang kiri atau kanan. Jika mau lebih cepat sampai, wisatawan disarankan menaiki anak tangga di jalur sebelah kanan.

Kedamaian Antar Umat Beragama yang Tercermin di Bukit Kasih SulawesiFoto: (Shafa/detikTravel)


Sesampainya di atas, wisatawan yang ingin beribadah bisa langsung masuk ke tempat ibadah sesuai kepercayaan masing-masing. Untuk masjid misalnya, memang tidak aktif digunakan tapi turis boleh masuk untuk salat.

Usai beribadah, traveler dapat berjalan-jalan menikmati kedamaian yang menyelimuti kawasan Bukit Kasih. Traveler juga dapat sekadar bercengkarama dengan pengunjung lainnya yang juga sedang wisata di sana.

Sejumlah tempat ibadah di sini memang telah dibangun berdampingan bertahun-tahun dan tetap dalam keadaan baik. Turis yang berkunjung pun bisa lebih memaknai sendiri bagaimana indahnya perdamaian itu.

Masjid di Bukit Kasih (Shafa/detikTravel)Masjid di Bukit Kasih (Shafa/detikTravel)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Kedamaian Antar Umat Beragama yang Tercermin di Bukit Kasih Sulawesi | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top