Lebih dari 1.000 Rumah Muslim Rohingya Rata dengan Tanah

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
 Lebih dari 1.000 rumah Muslim Rohingya telah diratakan dengan tanah oleh militer Myanmar sejak Oktober lalu. Informasi tersebut didapatkan dari citra satelit yang dipantau langsung oleh Human Rights Watch.

Pasukan militer melakukan penghancuran rumah di sepanjang perbatasan Myanmar-Bangladesh. Wilayah itu menjadi tempat menetap kelompok minoritas Rohingya, yang tidak memiliki kewarganegaraan.





PBB mengatakan sebanyak 30 ribu orang mengungsi akibat kekerasan yang dilakukan militer. Puluhan orang tewas setelah para tentara mengerahkan helikopter tempur.

Militer Myanmar telah menewaskan hampir 70 orang dan menangkap sekitar 400 orang dalam enam hari. Aktivis HAM mengatakan, jumlah korban sebenarnya bisa jauh lebih besar.

Saksi mengemukakan, para tentara Myanmar tidak hanya membunuh Muslim Rohingya, mereka juga memperkosa perempuan, menjarah, dan membakar rumah. Seorang pria Rohingya bernama Salaman, mengatakan ia membantu menguburkan mayat seorang pria dan seorang wanita yang ditembak tentara di Desa Doetan, pada Sabtu (19/11) lalu.

"Tentara datang ke Sesa Doetan di malam hari. Sebagian besar pria melarikan diri karena mereka takut ditangkap dan disiksa. Kemudian mereka (tentara) mulai menembak dan dua tewas," katanya, dikutip dari Dhaka Tribune.

Chris Lewa, Aktivis HAM dari Arakan Project, menambahkan dua bayi ditemukan hanyut saat warga mencoba melintasi sungai.

Pemerintah Myanmar menolak mengizinkan organisasi internasional melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut. Juru bicara Kepresidenan, Zaw Htay bahkan menolak informasi yang disampaikan melalui pantauan citra satelit dan membantah laporan kematian di Desa Doetan.

"Baik pemerintah dan militer sangat melarang pelanggaran hak asasi manusia, khususnya terhadap perempuan dan anak," ujar Htay.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Lebih dari 1.000 Rumah Muslim Rohingya Rata dengan Tanah | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top