Masya Allah, PULAU dan KEPULAUAN ini sungguh sungguh INDAH untuk kita ABAIKAN !

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

Pulau & Kepulauan Nan Indah

Pernahkah Anda ingin lepas dari pekerjaan sehari-hari dan pergi ke sebuah pulau surga yang jauh? Bagaimana jika Anda bisa melihat pulau pulau indah itu dari atas? Jika Gatotkaca berlibur, laut berkilauan, pantai pasir putih, serta lokasi yang unik dan menakjubkan inilah yang mungkin akan dia kunjungi untuk melarikan diri dari hiruk pikuknya dunia. Postingan ini mencoba menyuguhkan pada anda pulau pulau yang indah, unik dan menakjubkan dilihat dari sudut pandang Gatotkaca.

Kepulauan Raja Ampat, Papua, Indonesia


Jajaran pulau pulau kecil yang menyuguhkan Pemandangan indah di atas air ini, adalah Raja Ampat , yang memiliki keragaman habitat yang mengejutkan dan siap untuk dieksplorasi.

Kepulauan raja ampat ini adalah serangkaian dari empat kelompok pulau-pulau yang berdekatan terletak di bagian barat Kepala Burung (Vogelkoop) Papua. Secara administratif, kepualuan ini berada di bawah Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulau-pulau ini sekarang menjadi tujuan untuk penyelaman bagi mereka yang tertarik pada keindahan pemandangan bawah laut. Empat pulau terbesar yang memiliki anggota pulau pulau kecil adalah: Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.



Kepulauan Palau
Negara Palau terdiri dari 250 pulau-pulau berhutan dan berbatu yang indah, dilingkari dengan pasir dan laut yang indah. Sekitar 500 mil sebelah timur Filipina, Palau, menikmati iklim tropis sepanjang tahun dengan suhu tahunan sekitar 82 ° F. Sebagai bonus, Palau berada tepat di luar zona topan utama. Pariwisata adalah industri terkemuka di negri yang terkenal dengan keanekaragaman laut yang menakjubkan dan keindahannya ini. Palau memiliki lingkungan laut yang kaya, yang mengundang para snorkeler dan diver untuk menyelam di sekitar dinding karang dan bangkai kapal Perang Dunia II. Dinamakan salah satu dari "Tujuh Keajaiban Bawah Air Dunia" oleh para penyelam, Palau mungkin memiliki jauh lebih banyak daripada yang tampak di area seluas 170 mil persegi. Kepulauan Palau dilindungi.



Glover Reef
Dua busur pelangi di Atol Glover, sebuah Situs Warisan Dunia dan Cagar Kelautan, dan atol Belize paling terpencil. Atol adalah sebuah cincin karang yang awalnya tumbuh sepenuhnya di sekitar garis pantai sebuah pulau, tapi kemudian terus tumbuh ke atas di atas dirinya sementara pulau mulai terkikis. Atol Glover adalah sebuah cincin karang berbentuk oval yang dikelilingi oleh Laut Karibia. Atol ini menawarkan tempat yang luar biasa untuk berenang, snorkeling, dan menyelam. Atol Glover memiliki 700 terumbu di laguna dan dikelilingi oleh 50 mil sheer drop-off , mulai dari 25 kaki sampai 2.700 kaki.



Bora Bora
Kepulauan Bora-Bora berada dalam kelompok Leeward dari Kepulauan Society Polinesia Perancis yang terletak di Samudra Pasifik. Gelombang pecah menghantam cincin terumbu karang di sekitar ini sisa-sisa gunung berapi yang tenggelam 7-juta-tahun lalu. Laguna yang jelas dapat dilihat dari udara, tetapi ratusan spesies ikan tropis hidup di air pirus-biru, menunjukkan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Bora-Bora terkenal karena pantai pasir putih dan puncak Gunung kembar Otemanu dan Pahia. Selengkapnya baca disini



Tahiti
Tahiti adalah pulau terbesar di Polinesia Perancis, seperti bora bora, juga terletak di Kepulauan Society, di bagian selatan Samudra Pasifik. Pulau ini berpenduduk 169.677 jiwa menurut Sensus Penduduk 2002, dan merupakan pulau dengan penduduk terbanyak di Polinesia Perancis (69% dari jumlah penduduk total). Ibukotanya adalah Papeete, yang terletak di pantai timur laut. Tahiti juga dikenal dengan sebutan Otaheite. Pulau Tahiti memiliki panjang 45 km pada sisi terpanjang, dan memiliki luas 1.048 km² (404 mil²), dengan titik tertinggi 2.241 m (7.352 kaki) di atas permukaan air laut (Gunung Orohena).



Kepulauan Sulu, Philipina

Kepulauan Sulu terdiri dari ratusan pulau vulkanik dan karang, serta banyak terumbu karang yang terletak di barat daya Filipina . Kepulauan ini kadang-kadang disebut sebagai "Pintu Belakang Philipina".Juga salah satu tempat penyelaman laut dalam yang terbaik di dunia, sumber utama untuk mutiara, penyu laut, dan ikan tropis yang eksotis. Laut Sulu memasok sebagian besar tangkapan laut komersial bangsa. Kurachas, kepiting kecil seperti udang, yang terasa manis jika dimasak, adalah hal lain yang perlu diketahui tentang Sulu.

Titik masuk yang paling populer untuk kunjungan ke Kepulauan Sulu adalah Jolo, di mana ada pemandangan gunung berapi. Tempat menyelam terbaik di Kepulauan Sulu adalah Tubbataha Reef. Kepulauan Sulu meliputi Kepulauan Samales, rumah dari desa panggung seperti digambarkan di bawah ini. Ini adalah rumah dari Badjaos yang juga dikenal sebagai gipsi laut.


Kepulauan Sulu adalah sebuah kepulauan di Filipina bagian barat daya. Kelompok separatis setempat menganggapnya sebagai bagian dari Bangsa Moro. Bahasa ibunya ialah bahasa Sama-Bajau. Kepulauan ini merupakan salah satu dari dua jembatan darat parsial menuju pulau Borneo serta sebagai rute migrasi burung. Kepulauan Sulu juga dinamakan Banjar Kulan (Little Banjar) karena memiliki hubungan historis dengan Banjarmasin.



Republik Kepulauan Fiji
Mamanuca
Republik Kepulauan Fiji adalah sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik, di sebelah timur Vanuatu, sebelah barat Tonga, dan sebelah selatan dari Tuvalu. Negara Fiji terdiri dari 322 pulau, dimana 106 diantaranya tidak dihuni, dan 522 pulau kecil lainnya. 2 pulau yang paling penting adalah Viti Levu dan Vanua Levu. Pulau Viti Levu adalah letak ibukota negara Suva, dimana 3/4 penduduk negara ini tinggal disini. Pulaunya memiliki banyak pegunungan, dengan titik tertinggi adalah 1200 meter di atas permukaan laut. Sekeliling pulau adalah hutan tropis. Kota penting lainnya adalah Nadi, (lokasi bandara internasional) dan Lautoka. Kota penting di Vanua Levu adalah Labasa dan Savusavu. Pulau-pulau lainnya adalah Taveuni dan Kadavu (pulau ketiga dan keempat terbesar), Grup Mamanuca (diluar Nadi) dan Kepulauan Yasawa, yang merupakan destinasi wisata bagi para turis. Rotuma, pulau yang berjarak 500 kilometer di utara, mempunyai status administratif spesial di Fiji.
Malololailai
Malololailai (coba ucapkan kata ini dengan cepat berkali kali) adalah pusat industri pariwisata di Mamanucas. Salah satu pulau, Monuriki, adalah lokasi utama untuk film Cast Away 2000 yang dibintangi oleh Tom Hanks.



Phi Phi Le, Thailand
Phi Phi Le
Kepulauan Phi Phi (bahasa Thailand: หมู่เกาะพีพ) terletak di Thailand, antara pulau Phuket dan Thailand daratan. Secara politik kepulauan ini merupakan bagian dari Provinsi Krabi. Ko Phi Phi Don ("ko" berarti pulau dalam bahasa Thailand) adalah pulau terbesar dalam kepulauan ini, dan merupakan satu-satunya pulau dengan penduduk permanen meskipun pantai dari pulau terbesar kedua, Ko Phi Phi Lee yang sering dikunjungi oleh banyak turis. Tidak ada fasilitas akomodasi dalam pulau ini, namun perjalanan dari Ko Phi Phi Don hanya membutuhkan waktu sebentar saja. Pulau-pulau lainnya tidak lebih dari batu-batu karang besar yang mencuat ke permukaan laut. Ko Phi Phi Lee menjadi pulau terkenal, setelah difiturkan dalam film The Beach. Ada kritikan dari film tersebut yang memberikan izin untuk mengubah lingkungan dari pulau ini adalah ilegal. Pada 26 Desember 2004, Phi Phi Don hancur oleh tsunami akibat Sunami Samudra Hindia. Pada 13 Mei 2005, hampir seluruh bisnis di pulau ini telah beroperasi kembali dengan alarm diseluruh-pulau dan fasilitas keamanan.



Kepulauan Los Roques, Venezuela
Kepulauan yang sedikit penghuninya ini berada di Laut Karibia, Venezuela dan karena tidak diketahui banyak orang, membuat keindahan dan eksotisme alaminya tetap terjaga. Los Roques Archipelago adalah sebuah lanskap mimpi dengan salah satu Taman Nasional Laut terbesar di Karibia. Kepulauan Los Roques terdiri dari sekitar 350 pulau, serta kehidupan air yang berlimpah di sekitar terumbu karang. Dengan hanya sekitar 1.500 penduduk permanen, hampir tidak ada kejahatan dan waktu tampaknya berhenti di daerah ini. Ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati ketenangan.



Kepulauan Buccaneer
Batu-batu berusia dua-miliar tahun membentuk Kepulauan Buccaneer, yang terdiri dari sekitar 800 pulau-pulau lepas pantai Australia Barat. Pulau-pulau antara King Sound dan Collier Bay dekat Yampi Sound dalam kondisi hampir tak terjamah, karena sulitnya akses menuju kesana. Daerah ini mengalami perbedaan pasang yang besar, sekitar 12 meter. Kepulauan Buccaneer terbentuk dari batu pasir kuno jaman pra-Kambrium dengan banyak tebing-tebing tinggi, beberapa pulau memiliki hutan hujan kecil. Mutiara yang indah dipanen oleh petani mutiara lokal di Laut Timor sekitarnya.



Pulau Eldey, Islandia
Batu bertebing terjal yang memiliki tinggi lebih dari 252 meter ini adalah Pulau Eldey, Islandia, tetapi juga sering disebut Pulau Api. Dengan lebih dari 70.000 burung disana, pulau ini memiliki koloni Gannet (burung laut) terbesar di dunia. Pada masa lalu, beberapa batuan yang berbeda telah muncul hanya untuk menghilang lagi karena gerakan tektonik dan erupsi. Laut di daerah ini tidak stabil, dan dianggap sangat tidak aman untuk berlayar, sehingga membuat daerah ini kaya akan ikan dan lobster.



Exuma Cays, Bahama

Kepulauan Bahama terdiri dari lebih dari 700 pulau dan pulau karang berbatu atau cays. Dua suting film James Bond dilakukan di Exuma Cays, Thunderball dan Never Say Never Again. Penyelam datang dari seluruh dunia untuk menjelajahi gua-gua bawah laut dan menikmati kehidupan laut yang luas. Exuma Cays adalah Sebuah zamrud laut dan pantai berpasir putih yang menarik wisatawan dalam mencari sinar matahari, pasir, dan petualangan alam. Exuma National Parkterkenal karena ikan-ikannya yang berwarna cerah, burung-burungnya yang eksotis, dan iguana khas Bahama.



Neuika Coral Reef, New Caledonia

Laguna yang variatif, dengan warna biru yang kontras dikelilingi Neuika Coral Reef di New Caledonia, Prancis. Neuika adalah barrier karang ganda terpanjang kedua di dunia, dan merupakan salah satu situs warisan dunia yang terancam. Karang mengelilingi laguna 9.300 mil persegi yang memiliki kedalaman rata-rata 82 kaki. Gambar kedua diatas adalah adalah Islet Nuami, sebuah atol dari Nokan Hui, dekat New Caledonia.



 Maladewa



The Eye
Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota. Selengkapnya bisa anda baca disini.



Pulau Whitesunday, Australia
Pola aneh namun indah ini adalah sandbanks di pantai pulau Whitsunday, Australia. Kepulauan Whitsunday terdiri dari banyak pulau karang, yang membentang dari pantai Queensland hingga sekitar 20 mil lepas pantai dari Great Barrier Reef. Pulau Whitsunday adalah yang terbesar dari 74 pulau-pulau dengan pasir putih di Pantai Whitehaven seperti gambar di atas. Ini adalah bagian dari Taman Laut Great Barrier.



Lalu island & Pescadores Archipelago, Taiwan
Sun Moon Lake Taiwan, adalah pulau kecil yang tersisa dari Pulau Lalu setelah banjir dan gempa bumi. Sun Moon Lake adalah salah satu dari tiga belas scenic area nasional di Republik Cina. Sebelum gempa, pulau ini adalah tempat untuk menyembah "Dewa Jodoh" dan banyak pasangan muda berpartisipasi dalam "Grup Pernikahan Shueishang". Pulau Lalu dianggap sebagai tempat tinggal dari Thao, roh leluhur tertinggi.
Pada gambar diatas, adalah pulau Penghu. Salah satu pulau dari 90 pulau-pulau kecil yang juga dikenal sebagai Kepulauan Pescadores di Selat Taiwan. Disini adalah wilayah penangkapan yang sangat ramai sehingga terumbu karang telah rusak oleh penangkapan ikan komersial yang dilakukan dengan dinamit. Nelayan penyelam profesional kadang-kadang menyelam hanya dengan sistem hooka, yaitu selang pernapasan yang diulurkan dari permukaan.


Subhanallah

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Masya Allah, PULAU dan KEPULAUAN ini sungguh sungguh INDAH untuk kita ABAIKAN ! | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top