Mengenal Kakak Angkat Ahok: Saya Bukan Islam Abal-abal

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Andi Analta Amier, kakak angkat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, buka bicara. Ia ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa dirinya adalah seorang muslim.
Hal itu disampaikannya, lantaran merasa lelah atas cibiran yang menimpa hubungan Ahok dan Ibunya, Misribu Andi Baso Amier. Menurutnya, Ahok tidak lah seperti yang diberitakan oleh orang-orang bahwa dirinya telah menistakan agama Islam.



"Saya kenalkan kalau saya bukan Islam abal-abal, ini (saya sampaikan) karena capek mengungkit hubungan ibu saya (Misribu Andi Baso Amier) dengan Ahok yang selalu dipertanyakan," kata Andi kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu, 9 November 2016.
Adapun kebiasaannya memakai serban bukan karena hal-hal penting saja. Melainkan ia memakai serban karena memang sudah kebiasaan dan dipakai setiap harinya.
"Saya begini (pakai serban), bukan riya. Allah kekuatan saya pakai serban, bukan juga saat saya mau urusan agama saja. Tetapi 24 jam ke luar rumah ini menempel terus," kata Andi.



Ia pun menjelaskan hubungannya dengan Ahok. Sejak tahun 1970an, ayahnya dan ayah Ahok itu berteman. Mereka sama-sama mengagumi seorang Jenderal, M Yusuf.
Hingga pada tahun 1985, keduanya berikrar untuk menjadi saudara dunia akhirat dengan disaksikan ibunya. Mulai dari situlah keduanya saling menghargai dan menghormati tanpa pandang keyakinan.
Tak hanya itu, ia pun menceritakan bahwa apa yang menjadi jati diri Ahok saat ini adalah warisan dari dua orang ayah yang sudah berikrar itu. "Chemistry ayah saya dan ayah Ahok itu sama, yaitu sama-sama punya jiwa sosial tinggi. Nah itu dia yang melekat ke Ahok juga," ujarnya.





Setelah sang ayah meninggal dunia, ia secara pribadi memberikan baktinya. Ia membiayai Ahok mulai dari bangku pendidikan hingga merintisnya sebagai seorang pengusaha.
"Ayah saya meninggal, kemudian ayahnya Ahok menitipkan Ahok ke saya untuk digembleng. Dari situ juga saya sekolahkan dia sampai akhirnya saya buatkan perusahaan untuk dia," kata Andi.
Di samping itu, pria berusia 53 tahun itu mengatakan, terkait penistaan agama oleh Ahok, ia meyakini bahwa Ahok adalah seseorang yang tidak mungkin menistakan agama.
"Intinya juga, Ahok itu bukan orang yang tidak mengerti agama Islam. Justru dia sangat memandang agama apapun," katanya. (ase)







Ikrar Saudara Sedunia Seakhirat di Senayan



MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Ternyata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (48), punya orangtua angkat asal Bugis dan Enrekang.
Cerita adanya orangtua angkat pria yang akrab disapa Ahok ini, diungkapkan sendiri di Balaikota Jakarta, Selasa (28/10/2014) lalu.
Ayah angkat Ahok adalah mendiang Andi Baso Amir dan ibunya Hj Masaribu ABA binti Acca (74).
Penelusuran pun dilakukan. Melalui jasa mantan Wali Kota Makassar Andi Herry Iskandar (2009-2010), Tribun berhasil mewawancarai salah satu saudara angkat Ahok, Andi Analta "Alla" Baso Amir (53).
Analta adalah putra bungsu pasangan Andi Baso Amir dan Hj Masaribu. Analta dua bersaudara, Nana Riwayatie, yang kini bermukim di Amerika Serikat.
Analta masih saudara sepupu Herry. Ayah Analta, bersaudara dengan Andi Iskandar, ayah Herry.
"Bulan ini, saya kehilangan tiga orang terdekat. Pertama Andi Onny, lalu Ibu Elly (istri Jenderal M Jusuf) dan Mami Masaribu itu di Jakarta," kata Herry usai menunaikan salat magrib di Masjid IMMIM Jl Jenderal Sudirman, Makassar, Rabu (29/10/2014).
Mendiang Jenderal M Jusuf masih saudara kandung dengan ayah Herry dan ayah Alla. Sejak tahun 1975, Alla, kakaknya dan kedua orangtuanya, ikut menetap di Jl Bulutangkis, Kompleks Senayan, Jakarta Selatan.
Analta menikah  dengan penyanyi Trie "Iie" Utami, lalu cerai 1996. Sedangkan Nana, menikah dengan Hefli Budiarto, putra pejuang kemerdekaan, mantan menlu dan menteri infokom Indonesia (1956-1964), Dr Roeslan Abdul Gani.
Herry dan Ahok juga sempat datang saat  tantenya Hj Masaribu, dimakamkan di  Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta Pusat,  Jumat, 17 Oktober lalu.
Bagaimana ceritanya hingga Ahok punya  orangtua angkat dari Bugis?
"Itu kejadian tahun 1983 di rumah lama di Senayan," kata Alla, kepada Tribun. Diceritakan, di dekade awal 1970-an, mendiang ayah Ahok, Indra Tjahaja Purnama ((Zhong Kim Nam) dan ibunya Buniarti Ningsih (Bun Nen Caw), berteman dan pertemuan tanpa sengaja dengan Andi Baso Amier dan Masaribu.
Ayah Alla, setelah menjabat Bupati Bone era 1960an, lalu pindah ke Jakarta. Di sana dia menjadi pengurus teras persatuan tennis meja Indonesia dan dekat dengan banyak atlet pimpong yang memang kala itu, didominasi warga Tionghoa.
"Jadi, dulu, bapak saya itu kan berteman banyak sama orang Bugis. Mami Misribu juga orang Bugis. Bapak saya berteman sama suaminya, Andi Baso Amir," cerita Basuki, di Jakarta.
Lalu, Alla menceritakan, sekitar tahun 1983, setahun sebelum Andi Baso Amier, pindah ke Kompleks Kalibata Indah, ayah Ahok berasal dari Bangka-Belitung, sebuah pulau di timur Sumatera, mengucapkan sumpah dengan bangsawan asal Bugis. "Anakmu adalah anakku dan anakku adalah anakmu," begitu bunyi sumpah itu, seperti dikemukakan Andi Alla.
Menurut cerita Hajja Masaribu, kepada Alla, sumpah itu dengan cara menyatukan tiga tangan di ruang tengah rumah di Jl Bulutangis, Senayan. Tangan Mami saya (Masaribu), tangan Ayah dan ayahnya Ahok ditumpuk lalu berikrar, sehidup semati."
Ahok sendiri menggambarkan sumpah itu dengan kalimat. "Ikatan saudara sehidup sedunia-akhirat."
(BRRSAMBUNG/mahyuddin /thamzil thahir).()


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Mengenal Kakak Angkat Ahok: Saya Bukan Islam Abal-abal | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top