Mengenal Makhluk Ciptaan Allah yang Lain : Ini yang Berumur Ter-PENDEK dan Ter-PANJANG di BUMI

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

Mahluk Hidup - Mahluk Hidup Tertua Yang Masih Hidup


Apakah Anda pernah bertanya-tanya mahluk hidup apakah yang tertua dan masih hidup hingga saat ini, di planet kita ini? Oke, jangan heran lagi, sebab di sini kami memberikan beberapa mahluk hidup tertua didunia.

Penuaan adalah perubahan dalam biologi pada suatu organisme, saat bertambahnya usia setelah kematangan tercapai. Jika laju kematian spesies tidak meningkat setelah kematangan tercapai, spesies dianggap tidak bertambah tua. Ada banyak contoh tanaman dan hewan yang laju kematiannya menurun seiring dengan bertambahnya usia, untuk seluruh atau sebagian dari siklus hidup. Koloni karang dan pohon-pohon Aspen adalah contoh paling jelas. Beberapa pohon besar secara rutin dapat tumbuh dalam ukuran selama puluhan tahun, sementara tingkat kematian mereka menurun. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa hiu juga demikian, lebih besar dalam ukuran, laju kematian mereka menurun, untuk jangka waktu hidup mereka.

Jika laju kematian tetap konstan, laju menentukan rentang hidup (lifespan) rata-rata. Rentang hidup bisa panjang atau pendek, meskipun secara teknis, spesies "tidak bertambah tua". Ada banyak contoh spesies yang para ilmuwan tidak mendeteksi adanya peningkatan laju kematian setelah kematangan tercapai. Sebuah penjelasan alternatif untuk fenomena ini adalah, mungkin bahwa rentang hidup rata-rata spesies ini begitu lama sehingga studi ilmiah modern mengenai umur panjang dan penuaan belum cukup matang untuk mengukur umur panjang itu sendiri dalam suatu spesies.


Arctica Islandica
ATLANTIC UTARA: Arctica Islandica. Hewan ini menunjukkan umur panjang yang luar biasa dan telah diperkirakan hidup sampai 400 tahun di alam liar.



Brain Coral
Tobago: Brain coral dengan lebar 18ft-lebar ini adalah brain coral di lepas pantai Speyside di pantai timur Tobago, Karibia yang berusia 2.000 tahun.



Welwitschia Mirabilis
Namibia: Welwitschia Mirabilis. Tanaman Welwitschia berusia 2.000 tahun ditemukan di gurun Naukluft Namibia, adalah konifer yang tampak tidak mungkin,  karena biasanya hanya menghasilkan dua daun seumur hidup - dan daun terpanjang di kerajaan tanaman. Kehidupan yang panjang, membuat daun-daun dihantam badai pasir berulang ulang dan membuatnya seperti pita kusut.



Yareta atau Llareta
CHILI: Tanaman Llareta adalah tanaman peterseli yang luar biasa dan telah ada kurang lebih sejak 3.000 tahun yang lalu. Tanaman yang terlihat seperti lumut  ini, sebenarnya adalah semak yang tumbuh di gurun Atacama Andes pada ketinggian 15.000 ft. Tanaman ini mendiami permukaan halus, batu-batu bulat. Ini adalah massa padat dari ribuan cabang kecil, masing-masing berakhir dengan kuncup dengan daun hijau kecil, dan sangat sulit bagi anda untuk bisa berdiri di atasnya.
Selengkapnya baca disini: Yareta



Pinus Bristlecone
Pinus Bristlecone, yang ditemukan di Amerika Serikat bagian barat ini berusia 5000 tahun.



Fortingall Yew
Skotlandia: Fortingall Yew, adalah pohon berusia 5.000 tahun, artinya pohon ini telah ada sebelum stone henge di bangun.



Lumut Antartika
Jenis lumut bernama Chorisodontium aciphyllum telah tumbuh dan hidup selama 5500 tahun di batuan Pulau Gajah Antartika.



Jomon Sugi
JEPANG: Jomon Sugi cedar jepang, pohon berusia 7.000 tahun ini, adalah pohon cryptomeria tertua dan terbesar di pulau itu.



Norway Spruce di Swedia
SWEDIA: Norway Spruce di Sweden ini adalah Pohon cemara tertua didunia yang tercatat adalah 9.550 tahun di provinsi Dalarna Swedia. Selama bertahun-tahun pohon cemara itu dianggap sebagai pendatang baru di wilayah pegunungan Swedia. Para ilmuwan menemukan empat generasi pohon cemara masih tetap ada. Pohon cemara dapat berkembang biak dengan akar menembus cabang sehingga membuat salinan tepat atau klon dari diri mereka sendiri. Beberapa pohon pinus di Amerika Serikat telah diketahui berusia  4000 - 5000 tahun. Saya bertanya tanya, apakah ada sebuah pohon yang berusia 10.000 tahun di luar sana, yang sudah ada sejak zaman es terakhir?



Semak Clonal Creosot
CALIFORNIA: Clonal Creosot Bush; 12 000 tahun; adalah tanaman berbunga dengan kemampuan untuk menghambat pertumbuhan tanaman lain di sekitarnya dan mendapatkan lebih banyak air.



Huckleberry Box
AMERIKA UTARA: Huckleberry Box (Gaylussacia brachycera), semak rendah di Pennsylvania yang telah ada sejak 13 000 tahun lalu yang terkait dengan blueberry.



Hutan Bawah Tanah
AFRIKA SELATAN: Ahli botani hutan percaya bahwa hutan bawah tanah berusia 13.000 tahun di Pretoria ini, berevolusi untuk bertahan hidup menghindari kebakaran hutan. Yang terlihat adalah ujung cabang mencuat dari tanah. Tetapi di bawah tanah ada cabang cabang dan akar.



Eucalyptus
Lokasi yang tepat dari ini eucalyptus langka yang berusia 13.000 tahun di Australia ini dirahasiakan karena terancam punah. Hanya diketahui ada lima individu dari spesies ini.



Pando
UTAH: Pando (Populus tremuloides (Quaking Aspen)) adalah koloni klonal yang semua pohon adalah bagian dari organisme hidup tunggal dengan satu sistem besar akar bawah tanah, meskipun apakah tanaman ini adalah sebuah pohon tunggal atau tidak masih diperdebatkan, karena tergantung pada definisi seseorang dari individu pohon. Tanaman ini diperkirakan berat kolektifnya sekitar 6.000 ton, menjadikannya sebagai organisme terberat yang diketahui. Juga diklaim oleh beberapa ahli bahwa tanaman ini termasuk salah satu organisme hidup tertua yang dikenal dan berusia 80.000 tahun.



Posidonia oceanica : 100 Ribu Tahun
Rumput laut (Posidonia oceanica) ini meliputi dasar laut antara Spanyol Kepulauan Balearic .



Actinobacteria
Siberia: Actinobacteria, berusia 500.000 tahun, Jauh lebih tua daripada manusia modern. Spesimen ini telah dikumpulkan dari lapisan es dan  disimpan di Kopenhagen.



KARIBIA: Turritopsis Nutricula (Immortal Jellyfish) Kemampuannya merubah tahap dewasa matang dalam hidupnya menjadi ke tahap polip sebelum dewasa dan mengulanginya lagi, berarti bahwa mungkin tidak ada batas alami untuk rentang hidupnya.




Top 10 Hewan Berumur Pendek

Setelah postingan mahluk mahluk yang berumur panjang pada beberapa waktu yang lalu, maka agar adil, saya postingkan juga hewan hewan yang berumur pendek disini disertai daftar rentang umur hewan hewan lainnya.

Hamsters (rata-rata rentang usia 3 tahun)
Hamster Suriah atau Hamster Emas, Mesocricetus auratus, adalah seekor jenis hamster anggota subfamili Cricetinae. Pada alam bebas, mereka adalah binatang yang terancam, tetapi populer sebagai binatang peliharaan dan binatang untuk penelitian ilmu pengetahuan. Pada hamster Suriah dewasa berkembang dengan panjang 5 sampai 7 inci (12.5 sampau 17.5 sentimeter), dan lama hidupnya sekitar 2 sampai 3 tahun.



Mosquito Fish (rata-rata rentang usia 2 tahun)
Ikan Mosquito yang seukuran telapak tangan ini adalah master dalam ketahanan dan dapat ditemukan di Teluk Meksiko di mana mereka dikenal sebagai Gambusia. Ikan kecil ini hanya memiliki umur pendek tetapi tidak seperti kebanyakan spesies ikan lainnya, mereka melahirkan di usia muda, yang pada gilirannya meningkatkan peluang Ikan mosquito bertahan hidup sebagai suatu spesies. Selain melahirkan di usia muda, ikan mosquito juga bisa melahirkan berkali kali per musim kawin dan tiap kali bisa menghasilkan antara 50 sampai 100 ikan muda, mereka juga lebih dapat bertahan dalam kondisi buruk daripada ikan lainnya yang menambah kelangsungan hidup mereka sebagai spesies.



Brine shrimp (rata-rata rentang usia 1 tahun)
Artemia salina adalah nama ilmiah untuk brine shrimp (udang air garam). Seperti sepupu jauh mereka, lobster dan kepiting, udang air asin adalah krustasea air. Tidak seperti kerabat laut mereka, brine shrimp hanya hidup di air asin atau danau garam yang terisolasi dari laut. Brine shrimp memiliki siklus hidup biologis 1 tahun.



Labord’s Chameleon (rata-rata rentang usia 1 tahun)
Bunglon Labord adalah penemuan yang lumayan baru dan merupakan jenis bunglon yang hanya dapat ditemukan di pulau Madagaskar. Bunglon unik ini hanya memiliki siklus hidup 1 tahun yang menjadikannya salah satu makhluk 'terbesar' yang berusia pendek pada daftar ini. Setiap tahun, bunglon muda lahir di bulan November dan menjadi dewasa secara seksual pada akhir Januari - Februari, musim kawin terjadi dan sebelum generasi baru dilahirkan lagi pada bulan November, seluruh populasi bunglon dewasa yang unik ini menemui ajal.



Dragonfly (rata-rata rentang usia 4 bulan)
Hal aneh tentang Capung adalah bahwa mereka dapat lama sekali untuk muncul dari fase kepompong mereka, yang pada dasarnya, kemunculan mereka dari fase kepompong, adalah tanda-tanda kematian mereka. Keindahan Capung sering mempesona dan sering menjadi inspirasi populer untuk seni dan tato, namun hal tersebut tidak membantu mereka menambah rentang usia mereka yang sekitar 4 bulan, terutama setelah mereka bisa menghabiskan waktu hingga 5 tahun lamanya, menunggu untuk muncul dari fase kepompong.



Firefly (rata-rata rentang usia 2 bulan)
Firefly atau Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar sampai 96%.

Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae yang merupakan familia dalam ordo kumbang Coleoptera. Ada lebih dari 2000 spesies kunang-kunang, yang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia. Banyak spesies ini yang ditemukan di rawa atau hutan yang basah dimana tersedia banyak persediaan makanan untuk larvanya.


Kunang-kunang, yang memancarkan sinar untuk saling mengenali atau untuk memberi tanda kawin, menggunakan panjang gelombang sinar yang berbeda, tergantung pada spesiesnya. Selain itu, pada beberapa spesies, kunang-kunang jantan yang mula-mula menyorotkan sinar untuk menarik sang betina, sementara pada spesies lainnya, sang betina yang “memanggil.” Sebagian kunang-kunang menggunakan cahaya mereka untuk mempertahankan diri. Mereka mengeluarkan sinar sebagai tanda pada musuh bahwa mereka bukan makanan yang lezat.

Bagi kunang-kunang kelompok Photuris, cahaya mereka berperan pula dalam perburuan. Betina jenis ini dapat meniru kerlipan sinyal cahaya yang dipancarkan betina jenis lain, dan dengan sinyal cahaya palsu ini, kunang-kunang jantan jenis lain pun terjebak dan akhirnya dimakan oleh Photuris betina.


Cahaya kunang-kunang berperan pula sebagai tanda peringatan, untuk memperingatkan antar-sesama jenisnya tentang ancaman bahaya, maupun peringatan bagi serangga dan burung pemangsa agar tidak memakannya. Sebab, zat pemicu pembentukan cahaya kunang-kunang berasa pahit. Kalaupun ada serangga pemangsa yang nekad, mereka biasanya memakan tubuh kunang-kunang dari bagian kepala, terus hingga ke bagian belakang, kecuali bagian perut yang tidak dimakannya.



Lebah Pekerja (rata-rata rentang usia 4-5 minggu)
Mungkin rentang waktu 4 atau 5 minggu adalah waktu yang tidak lama bagi manusia, namun untuk lebah, rentang waktu ini adalah seumur hidup. Yang paling umum dari semua spesies lebah yang sering terlihat adalah lebah pekerja yang benar-benar menghabiskan hampir seluruh waktu hidup mereka yang 5 minggu itu untuk bekerja untuk membangun dan memperkuat sarang. Bayangkan jika kita harus menghabiskan seluruh hidup kita bekerja untuk sarang kita, maka kita akan sangat protektif terhadap apa yang telah kita bangun atau kerjakan dan lebah, dalam hal ini, tidak jauh berbeda. Lebah akan berusaha melindungi sarangnya dari perusak atau predator dengan mengorbankan nyawa mereka, karena satu satunya senjata mereka, yaitu sengat, akan membuat mereka kehilangan nyawa, setelah mereka lepaskan kepada si perusak/predator.



Drone Ant (rata-rata rentang usia 2 minggu)
Meskipun Drone Ant memiliki rentang usia yang sangat singkat, yaitu sekitar 2 minggu, kehidupannya agak berbeda dengan lebah pekerja diatas. Tidak ada pekerjaan berat tanpa akhir bagi makhluk ini, karena pekerjaan Drone Ant hanyalah makan dan berkembang biak. Mungkin bagi sebagian orang kehidupan seperti ini tampak menyenangkan bagai di surga. Tetapi apakah harga yang harus dibayar untuk hidup seperti ini setimpal? yaitu hanya hidup 2 minggu?



Gastrotrichs (rata-rata rentang usia 3 hari)
Jika Anda pikir hidup hanya 2 minggu itu sebentar, apalagi hidup hanya 3 hari! Gastrotrichs mungkin bentuknya terlihat sederhana, tetapi mereka memang makhluk hidup. Mungkin Anda akan berpikir bahwa makhluk yang tidak terlalu banyak mengerahkan tenaga, akan hidup lebih lama .. tetapi itu tidak terjadi. Kehidupan Gastrotrich hanyalah mengambang di arus air dan kadang-kadang makan, 3 hari kemudian mereka mati, mungkin karena bosan. Hehehe ..

Gastrotrichs adalah filum dari hewan mikroskopis (0,06-3,0 mm) yang berlimpah di air tawar dan lingkungan laut rata-rata rentang kehidupan dari gastrotrich adalah sekitar tiga hari.



Mayfly (rata-rata rentang usia 1 hari)
Inilah hewan nomor satu dari hewan yang memiliki kehidupan terpendek, yaitu adalah Mayfly, yang cukup beruntung jika mereka bisa mencapai umur 24 jam. Jika Anda mengamati kehidupan di alam, Anda akan menyadari bahwa setiap makhluk hidup di planet ini, membantu menjamin kelangsungan hidup spesiesnya dengan bereproduksi. Mayfly tidak berbeda, namun mereka melakukan semua itu dengan hidupnya. Kehidupan Mayfly bisa sesingkat 30 menit, tergantung pada spesiesnya dan setelah menetas mereka kawin, bertelur dan mati.



Dibawah ini adalah daftar rentang usia beberapa hewan
Beberapa rentang usia binatang mungkin tampaknya sangat singkat sementara yang lain adalah relatif lebih lama jika dibandingkan dengan spesies hewan lainnya. Penting untuk dicatat bahwa beberapa hewan dalam pemeliharaan bisa hidup lebih lama atau lebih pendek daripada jika mereka tinggal di lingkungan alam mereka (habitat). Hal ini mungkin karena kondisi seperti gaya hidup baru, perubahan pola makan, penyakit, ketidak adaan predator dan lain-lain. Oleh karena itu, meskipun fakta bahwa banyak dari nilai yang diberikan dalam daftar di bawah ini didasarkan pada catatan yang diambil dari berbagai sumber, tidak harus dilihat sebagai umur maksimum absolut.
 
 
 
 
 

» Terima Kasih sudah membaca : Mengenal Makhluk Ciptaan Allah yang Lain : Ini yang Berumur Ter-PENDEK dan Ter-PANJANG di BUMI | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top