Menguak Teknologi Pompa Air dalam Peradaban Muslim

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Bagi penghuni dataran kering dan panas atau gurun, penggunaan dan pengendalian air adalah kunci kelangsungan hidup.

Masyarakat yang tinggal di daerah kering menggunakan alat pemompa air, seperti sistem timba Syaduf ala Mesir, serta kincir air Romawi, atau Na'urah. Mereka mencari cara untuk membangun sistem yang lebih besar dan lebih baik.





Insinyur Turki Ustmani abad ke-16 bin Maruf menyatakan bahwa uap dapat menggerakan mesin turbin sekira 100 tahun sebelum tenaga uap ditemukan di Eropa, seperti dirangkum dari “1001 Penemuan dan Fakta Mempesona Peradaban Muslim,”.





 Muhammad Al-Karaji, ahli matematika dan insinyur dari Persia (kini Iran) di abad ke-11 menjabarkan jaringan pipa bawah tanah bernama Qanat, yang bisa menyalurkan air jarak jauh tanpa menguap.







Pompa air dengan 6 silinder buatan Takiyuddin memiliki segala fitur yang juga ada di mesin mobil 6 silinder masa kini.

Qanat masih digunakan untuk menyediakan air ke beberapa daerah di Iran dan negara Timur Tengah lainnya. Qanat dilengkapi lubang berpenutup untuk sirkulasi udara dan membantu air mengalir melalui terowongan. Hukum mengatur kapan tanaman boleh diairi, bagaimana mengelola penggunaan air untuk pertanian dan perkotaan.

Para pemilik tanah dan pemimpin negara bertanggungjawab untuk menggali dan membersihkan Qanat serta memperbaiki bendungan. Sistem untuk mengalirkan ke pertanian dan perkotaan membantu meningkatkan kualitas hidup.

Al-Jazari membuat mesin pertama yang menggabungkan engkol dan as untuk mengubah gerak melingkar menjadi gerak lurus. Kini sistem engkol dan as digunakan mulai dari mesin mobil hingga mainan.


(kem)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Menguak Teknologi Pompa Air dalam Peradaban Muslim | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top