Penasihat Militer Trump: AS Harus Ekstradisi Gulen, Kita Perlu Melihat Dunia Dari Perspektif Turki

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

WASHINGTON - Turki harus menjadi prioritas utama dalam kebijakan luar negeri AS, Letjend (Purn) Michael Flynn penasihat utama Presiden terpilih Donald Trump mengatakan pada Rabu (9/11) dalam sebuah artikel yang menghajar Barack Obama karena gagal untuk memahami posisi geopolitik Ankara (Turki).

"Kita harus mulai dengan pemahaman bahwa Turki sangat penting untuk kepentingan AS," pensiunan Jenderal Michael Flynn menulis untuk koran The Hill (edisi 8/11/2016). Dia juga menyebut Turki "sumber stabilitas di kawasan itu".

"We must begin with understanding that Turkey is vital to U.S. interests. Turkey is really our strongest ally against the Islamic State in Iraq and Syria (ISIS), as well as a source of stability in the region. It provides badly needed cooperation with U.S. military operations. But the Obama administration is keeping Erdoğan’s government at arm’s length — an unwise policy that threatens our long-standing alliance." (Michael Flynn)

Flynn adalah penasehat utama keamanan nasional Trump selama kampanye presiden dan diharapkan oleh banyak pihak untuk diangkat ke posisi kabinet, mungkin sebagai menteri pertahanan.

Veteran jenderal ini menulis bahwa adalah "kebijakan tidak bijaksana" pemerintahan Obama mengabaikan Ankara.

"Kita perlu menyesuaikan kebijakan luar negeri kita untuk mengenali Turki sebagai prioritas. Kita perlu melihat dunia dari perspektif Turki," tulisnya.

Terkait permintaan ekstradisi Fetullah Gulen, sebagai salah satu poin utama pertentangan antara Washington dan Ankara selama ini (era Obama), Flynn menyarankan AS segera serahkan Gulen ke Turki.

Ankara telah meminta Washington untuk mengekstradisi Gulen untuk perannya dalam kudeta berdarah yang gagal pada 15 Juli.

"Apa yang akan kita lakukan jika setelah 9/11 (Teror di AS) kita mendengar berita bahwa Osama bin Laden tinggal di sebuah villa yang bagus di sebuah resor di Turki sambil menjalankan 160 sekolah yang didanai oleh pembayar pajak Turki?" tanya Flynn retoris. Pasti AS akan memaksa Turki ekstradisi Osama.

Mantan kepala Badan Intelijen Pertahanan ini menyatakan bahwa meskipun Gulen menyajikan dirinya sebagai seorang ulama moderat, ia hakikatnya seorang radikal yang "secara terbuka bicara tentang para 'tentara' yang siap mematuhi perintah untuk melakukan apa pun yang ia arahkan untuk mereka lakukan."

Flynn membandingkan Gulen dengan Ayatollah Khomeini - pemimpin revolusi Iran - dan mendesak pemerintah AS untuk tidak mengulangi kesalahan dengan mendukung Gulen seperti yang terjadi saat mendukung Khomeini.

Sementara itu, Wakil Presiden terpilih Mike Pence mengatakan pada harian Turki Hurriyet pada hari Rabu bahwa Turki adalah sekutu AS paling penting di kawasan dan menambahkan bahwa pemerintahan AS yang baru akan mengembalikan hubungan kembali ke kemuliaan dan lebih memperkuat hubungan.

Sumber: Daily Sabah

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Penasihat Militer Trump: AS Harus Ekstradisi Gulen, Kita Perlu Melihat Dunia Dari Perspektif Turki | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top