Pertanyaan Heraklius Tentang Rahasia Kemenangan Pasukan Islam & Kekalahan Pasukan Romawi

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer

Ketika berada di Anthakiyah, Heraklius (Kaisar Romawi Timur, kristen) bertanya kepada para pasukan Romawi yang kalah perang,

"Celakalah kalian, beritahukan kepadaku tentang musuh yang kalian perangi. Bukankah mereka manusia seperti kalian juga?"

Mereka menjawab, "Ya!"

Heraklius kembali bertanya, "Apakah jumlah kalian lebih banyak daripada jumlah mereka atau sebaliknya?"

Mereka menjawab, "Jumlah kami lebih banyak berlipat ganda dari jumlah mereka di setiap tempat."

Heraklius bertanya lagi, "Jadi kenapa kalian kalah?"

Maka salah seorang yang dituakan dari mereka menjawab, "Kami kalah disebabkan mereka shalat di malam hari, berpuasa di siang hari, mereka menepati janji, mengajak kepada perbuatan ma’ruf mencegah dari perbuatan mungkar dan saling jujur sesama mereka. Sementara kita gemar meminum khamr, berzina, mengerjakan segala yang haram, menyalahi janji, menjarah harta, berbuat kezhaliman, menyuruh kepada kemungkaran, melarang dari apa-apa yang diridhai Allah dan kita selalu berbuat kerusakan di bumi."

Mendengar jawaban itu Heraklius berkata, "Engkau telah berkata benar."

Heraklius akhirnya meninggalkan negeri Syam yang telah ditaklukan pasukan Islam dan dia pergi ke Konstantinopel membangun kerajaannya yang terakhir.

Heraklius pernah bertanya kepada salah seorang pengikutnya yang pernah dipenjara oleh pasukan Kaum Muslimin, "Beritahukan aku tentang kaum Muslimin."

Orang tersebut menjawab, "Aku akan memberitahukan kepadamu seolah-olah engkau melihat mereka langsung. Mereka adalah para penunggang kuda yang tangguh di kala siang dan ibarat pendeta-pendeta ahli ibadah jika malam datang. Tidak akan makan di tempat-tempat yang mereka lindungi kecuali dengan membayarnya terlebih dahulu. Tidak masuk sebelum memberi salam, mereka akan bertahan siapa saja yang mereka perangi hingga mereka datang terlebih dahulu."

Heraklius berkata, "Jika engkau berkata jujur mereka pasti akan menguasai apa yang berada di bawah telapak kakiku ini (yakni kerajaanku, Konstantinopel)."

Ibnu Katsir berkata, "Kaum Muslimin berhasil mengepung Konstantinopel pada masa pemerintahan Dinasti Bani Umayyah, namun mereka gagal menguasainya, tapi di akhir Zaman umat Islam pasti akan menguasainya sebagaimana yang akan kami terangkan dalam Kitab Malahim."

___
*Sumber: Kitab Al-Bidayah Wan Nihayah, Imam Ibnu Katsir, terbitan Darul Haq, hal. 162, 224

[Catatan: Konstantinopel akhirnya berhasil ditaklukan Umat Islam pada masa Turki Utsmani dibawah kepemimpinan Khalifah Muhammad Al-Fatih pada tahun 1453 M.]

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Pertanyaan Heraklius Tentang Rahasia Kemenangan Pasukan Islam & Kekalahan Pasukan Romawi | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top