Sesuai Petunjuk Nabi, Kapan Waktu Terbaik untuk berbekam ?

Baca Juga 

Assalamua’alaikum  Warahmatullahi Wabarakatuh. Ustadz Yudhistira, saya ingin bertanya tentang  waktu terbaik untuk berbekam. Apakah memang benar ada waktu waktu terbaik untuk berbekam dan apa pengaruhnya bagi kesehatan tubuh kita? Jazakallah.

IBU TIA/HP. 087879730XXX





Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Ibu tia yang dirahmati Allah SWT, memang benar bahwa mengamalkan terapi bekam itu mempunyai waktu terbaiknya. Yang perlu di garis bawahi adalah tanggal terbaik tersebut bisa digunakan saat tubuh kita sehat, artinya untuk pencegahan kita boleh melaksanakan terapi bekam pada waktu kita sakit tidak harus menunggu tanggal tanggal ganjil. Nah, berikut adalah waktu terbaik untuk berbekam:



Tanggal terbaik untuk berbekam adalah 17,19, dan 21 pada setiap bulan Hijriah (HR Abu Hurairah).

Gaya gravitasi Bulan sedang kuat-kuatnya terhadap Bumi terutama di tanggal-tanggal ganjil, sehingga kondisi darah menjadi bergejolak dan berada di permukaan. Ini menjadi waktu berbekam yang paling maksimal dan efektif untuk mengeluarkan darah statis, darah kotor, racun-racun dalam darah dan sumbatan-sumbatan darah.

Dianjurkan melakukan bekam di pertengahan bulan, saat cairan-cairan tubuh bergolak keras dan mencapai puncuk penambahannya karena gaya gravitasi bulan yang sangat kuat di pertengahan bulan.

Imam asy-Syuyuthi menukil pendapat Ibnu Umar, bahwa berbekam dalam keadaan perut kosong itu adalah paling baik karena dalam hal itu terdapat kesembuhan.

Disarankan bagi yang hendak berbekam untuk tidak makan makanan berat 2-4 jam sebelumnya.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa berbekam pada hari ke 17, 19, dan 21 (bulan Hijriyah), maka ia akan sembuh dari segala macam penyakit.” (Shahih Sunan Abu Dawud, II/732, karya Imam Al-Albani).

Semoga jawaban yang singkat ini bermanfaat bagi para pembaca. Wallahualam. []

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top