Indah nian CIPTAAN MU ya RABB - Melihat Jamur-Jamur yang Bercahaya di kegelapan MALAM

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Taylor Lockwood, 68, telah menjelajahi hutan hujan dunia untuk menangkap gambar yang menakjubkan dari jamur bioluminescent karena mereka memancarkan cahaya hijau yang menakjubkan.


Fotografer, dari New Orleans ini, telah melakukan perjalanan ke negara-negara di seluruh dunia, termasuk Brazil, China dan Madagaskar, untuk menangkap jamur-jamur yang bersinar dengan kameranya.

Dia mengatakan: "Saya pindah ke California Utara tiga puluh tahun yang lalu dari New Orleans dan saya melihat beberapa jamur yang indah di luar kabin saya. Saya lalu membeli kamera dan sejak saat itu, selama bertahun-tahun, saya telah banyak mengambil gambar jamur-jamur bioluminescent - terlalu banyak untuk mengingatnya. Tapi salah satu yang paling berkesan adalah saat saya mengambil gambar dari jamur Mycena lucentipes di bawah bulan purnama di Brasil."

Jamur bioluminescent memancarkan cahaya 24 jam per hari, tetapi saat terbaik untuk diamati adalah pada malam hari. Ada sekitar 85.000 spesies jamur dan hanya sekitar 70 dari mereka yang dianggap luminescent atau bersinar.

Efeknya dipicu oleh reaksi kimia antara luciferin, pigmen pemancar cahaya, dan enzim luciferase. Hal ini juga dapat terjadi pada berbagai binatang termasuk ubur-ubur, cumi-cumi, kalajengking dan serangga lainnya.

Dibawah ini beberapa jamur  bioluminescent yang sebagian besar adalah foto yang diambil oleh taylor lockwood.


Mycena lucentipes

Mycena lucentipes, yang secara harfiah berarti "batang bersinar", adalah jamur bioluminescent yang batangnya bersinar begitu terang sehingga menerangi topi mereka juga, menciptakan ilusi bahwa seluruh jamur bersinar dalam gelap. Diantara 70 spesies jamur bioluminescent, M. lucentipes adalah salah satu spesies yang bersinar paling terang.




Ditemukan pada tahun 2006 di São Paulo, Brazil, oleh para peneliti dari Institute of Botany, Brazil, jamur diyakini bersinar untuk menarik serangga nokturnal dan hewan yang dapat membantu dalam penyebaran spora. Pada siang hari, jamur terlihat berwarna coklat dan tan.



Panellus stipticus

Panellus stipticus, umumnya dikenal sebagai bitter oyster, astringent panus, luminescent panellus atauthe stiptic fungus, adalah spesies jamur dalam famili Mycenaceae, dari genus Panellus. Sebuah spesies umum dan terdistribusikan secara luas, ditemukan di Asia, Australasia, Eropa, dan Amerika Utara, di mana ia tumbuh dalam kelompok atau cluster tumpang tindih yang padat pada log, tunggul, dan batang-batang pohon gugur, terutama beech, oak, dan birch.




Selama perkembangan tubuh buah, jamur berbentuk tombol putih kecil, yang, selama satu sampai tiga bulan, topi mereka berkembang menjadi bentuk fan atau ginjal yang lebarnya sampai 3 cm. Topi berwarna oranye-kuning kecoklatan, dan melekat pada kayu yang membusuk oleh tangkai gemuk pendek yang terhubung di pusat atau di sisi topi. Jamur diberi nama ilmiahnya saat ini pada tahun 1879, tetapi telah dikenal dengan banyak nama sejak mikologi Perancis Jean Bulliard menamainya sebagai Agaricus stypticus pada tahun 1783.



Mycena noctilucens




Mycena illuminans




Mycena manipularis


Mycena pura


Omphalotus illudens




Omphalotus olearius



Omphalotus japonicus



Favolaschia tonkinensis
Jamur dari genus Favolaschia ini dikenal oleh para ilmuwan, tetapi para ilmuwan tidak menyadari spesies Favolaschia bersinar dalam gelap saat dia membusuk. Sampai Lockwood mengambil foto-foto ini, para ilmuwan tidak menyadari spesies Favolaschia ini bersinar dalam gelap.



Panellus pusillus
Panellus pusillus adalah jamur bioluminescent yang jarang difoto saat bersinar. Fotografer Taylor Lockwood menggunakan kamera cahaya rendah khusus untuk menangkap gambar ini.



"Jill o 'Lanterns" (Omphalotus subilludens) di Mt. Dora, Florida.






Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Indah nian CIPTAAN MU ya RABB - Melihat Jamur-Jamur yang Bercahaya di kegelapan MALAM | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top