Syafii Maarif: Jangan Demo Lagi, Biayanya Tinggi

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Mantan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif memahami kebebasan menyampaikan pendapat merupakan hak semua warga negara dan merupakan bagian dari demokrasi. Namun ia mengimbau agar demo besar-besaran terkait kontroversi pernyataan Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tentang surat Al-Maidah ayat 51 yang berujung pada pelaporan dugaan kasus penistaan agama, tidak lagi dilakukan.

"Memang itu bagian dari demokrasi. Namun sebaiknya jangan demo lagi karena biayanya tinggi," kata Syafii, ketika berbincang dengan detikcom, Rabu (9/11/2016).





Saat ini, menurut pria yang akrab dipanggil Buya ini, yang terpenting membiarkan proses hukum dalam kasus pelaporan Ahok berjalan. Ahok juga sudah diperiksa polisi atas kasus tersebut. "Proses hukum biar berjalan, apapun hasilnya kita hormati," tuturnya.

Syafii mengakui sikapnya atas kasus Ahok memang berlawan dengan arus dengan massa demo 4 November. Ia menilai Ahok tidak melakukan penistaan agama saat menyebut surat Al Maidah ayat 51. Ahok, ujar Syafii, hanya mengkritik pihak-pihak yang menggunakan ayat itu untuk membohongi masyarakat agar tidak memilih Ahok.

"Walaupun saya dihujat karena melawan arus, saya santai saja. Anggap enteng dan mengalir saja," ujar Syafii. 

Syafii tidak mau asal ikut-ikutan dalam bersikap. Dia memiliki alasan yang jelas mengapa Ahok dinilainya tidak bersalah. "Karena itu saya tidak mau jadi 'Pak Turut' yang artinya ikut apa kata orang. (Kalau hanya jadi Pak Turut) Sia-sia saja hidup ini," kata pria kelahiran Minangkabau 81 tahun lalu ini.

Syafii juga mengkritik Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengeluarkan fatwa terkait kontroversi pernyataan Ahok. Semestinya sebagai lembaga yang kredibel, MUI harus mempertimbangkan fatwa-fatwa demi menjaga keutuhan bangsa. Meski demikian, dia meminta perbedaan pendapat dirinya dengan MUI jangan terlalu dipermasalahkan. 

"Ya nggak apa-apa (perbedaan pendapat) kan ada kutub utara dan kutub selatan, biasa itu. Kita saling melengkapi," ucap Syafii. 
(nwy/iy)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Syafii Maarif: Jangan Demo Lagi, Biayanya Tinggi | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top