Tampilkan Pakaian Adat China, Poster Kebhinnekaan Gaya Baru Ini Gegerkan Media Sosial

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
Lini masa Twitter dihebohkan sebuah unggahan Poster Kebhinekaan yang disinyalir dibuat oleh Divisi Humas POLRI.

Dalam unggahan yang terdapat pada laman facebook Divisi Humas Polri tersebut

Dalam poster tersebut terdapat sosok laki-laki berpakaian adat China yang berada di tengah-tengah, diapit oleh 4 sosok kartun berpakaian adat Indonesia.

Sontak netizen pun geger. Pasalnya, meskipun rakyat Indonesia sudah menerima dengan tangan terbuka warga keturunan etnis Tionghoa, namun peletakkan sosok berpakaian adat China di tengah-tengah 4 sosok lain yang mengenakan pakaian adat asli Indonesia terasa sangat janggal.

Persoalannya, lagi-lagi bukan karena  unsur CHINA-nya, tetapi lebih kepada unsur "memaksakan" atau "menyusupkan" pakaian tradisional China ke dalam unsur kebhinekaan Indonesia dan mensejajarkannya dengan pakaian adat asli Indonesia.

Persoalannya kemudian menjadi, siapa yang menyusupkan? Adakah pesan khusus terkait "diterimanya" etnis China sebagai bagian suku asli di Indonesia?

Sungguh pertanyaan yang memusingkan. Karena jika pakaian adat China dianggap merepresentasikan diterimanya etnis China sebagai bagian dari suku asli di Indonesia, maka perlu juga kiranya memasukkan pakaian adat Belanda sebagai representasi asimilasi bangsa dan budaya Belanda yang hingga saat ini masih sangat kental terasa di suku Ambon dan Manado.

Maka tak berlebihan kiranya jika upaya "menyusupkan" pakaian tradisional China ke dalam unsur kebhinekaan Indonesia dan mensejajarkannya dengan pakaian adat Indonesia sebagi sebuah tindakan yang dangkal dan perlu dicari tahu latarbelakangnya.

Tanpa perlu poster, rakyat Indonesia sudah hidup damai tenang berdampingan dengan berbagai etnis pendatang selama ratusan tahun tanpa perlu diprovokasi oleh poster dan istilah kebhinnekaan.

Keberadaan poster kebhinnekaan "gaya baru" ini justru menjadi sebuah provokasi murahan yang bisa merusak kedamaian negeri.

Berikut tanggapan netizen atas foto tersebut:

@ZaraZettiraZR: darah gue minang arab jawa badui taiwan belanda manado manaaaaaaaaa ga terwakili satupun??? Heloooooo

@tya_subiakto: biasanya ada adat Jawanya kok ini gak ada?

@Combatadventure: peta Indonesia Merah,wong Cino ada ditengah...filosofi PKI tuh.

@zidnii: ini makar yg sesungguhnya dilakukan oleh institusi negara thd NKRI @Puspen_TNI

@farisfarrel: gak cerdas dan cendrung provokatif..

@joanathata: mana perwakilan papua di poster itu?? Ntar papua mau hengkang baru brisik urus2 papua..

@dadangewox: kalo china bukan rakyat indonesia, jd mrk mau merubah pancasila hati2.. Ini makar trhdp pancasila cc : @tni_ad

@Cobeh64: Begitu Istimewanya Si Ahok
Sampe (Di Halaman Facebook) Divisi Humas Polri Mem-posting Grafis Ke-Bhinneka-an Yg Nyleneh Ahok Ada Ditengah


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Tampilkan Pakaian Adat China, Poster Kebhinnekaan Gaya Baru Ini Gegerkan Media Sosial | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top