Tokek Gurun Namibia, Makhluk Ciptaan Allah yang Cantik :)

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer




Makhluk ini adalah reptil langka yang ditemukan di bukit-bukit pasir pesisir Namibia antara laut dan gurun.



Tokek yang nama ilmiahnya adalah Pachydactylus rangei telah mengembangkan banyak adaptasi untuk hidup di iklim gurun yang keras. Tokek memiliki kaki berselaput, yang memungkinkan untuk menggali di pasir atau berjalan di atas pasir. Ia juga memiliki bantalan perekat di bagian bawah kakinya yang memungkinkan untuk menjadi pendaki yang sangat baik. Bantalan perekat pada kaki mereka memiliki deretan piring disebut lamellae, yang ditutupi dengan ribuan kait mikroskopik seperti tonjolan yang disebut villosities. Ini untuk menangkap setiap ketidakteraturan permukaan kecil dalam rangka untuk membantu tokek dalam memanjat.

Adaptasi lain yang telah dikembangkan oleh tokek ini adalah matanya. Tokek telah mengembangkan mata yang besar untuk membantu mendeteksi mangsa. Tokek ini seperti kebanyakan tokek lainnya tidak memiliki kelopak mata, mata mereka ditutupi dengan sisik transparan, yang disebut spektakel.


Tokek nokturnal ini mengumpulkan air dari bola mata mereka di pagi hari ketika kabut turun saat udara pantai yang sejuk bertemu dengan kehangatan gurun. Kemudian mereka menjilatinya untuk minum.

Butuh tiga hari bagi fotografer Isak Pretorius untuk mendapatkan gambar tokek ini menjilati matanya, setelah terus mengikuti tokek di bukit-bukit pasir menembus kabut.

Isak Pretorius berkata. "Dalam bukit pasir pantai, udara padang pasir hangat bertemu udara dingin dari Samudera Atlantik, menciptakan lapisan padat kabut hampir setiap pagi sampai sekitar pukul 09:00".

"Lapisan kabut hanya membentang sekitar tiga mil ke pedalaman dan menciptakan lingkungan yang sangat unik. Karakteristik mereka yang paling menarik adalah cara di mana mereka mengumpulkan air dengan menjilati tetesan air dari bola mata mereka yang besar dan indah. Di pagi hari mereka akan berdiri diam di bukit-bukit dalam cuaca berkabut, menunggu kabut untuk membentuk tetesan air di bola mata mereka. Mereka kemudian dengan sangat elegan menjilat tetesan-tetesan embun dari bola mata mereka lima atau enam kali berulang."


Mr Pretorius, seorang insinyur konsultan, menambahkan: "Cara untuk menemukan tokek ini adalah dengan menemukan jejak-jejak mereka dan mengikutinya. Karena jejak-jejaknya sangat kecil, kita harus memeriksa setiap meter persegi gundukan dengan sangat seksama. Baru pada pagi hari ketiga, kesabaran kami akhirnya terbayar ketika kami menemukan dua tokek yang menghibur kami dengan beberapa perilaku lucunya seperti menjilati bola mata. Melihat mereka untuk pertama kalinya dalam kehidupan nyata, benar-benar membuat kami takjub. Ukuran mereka sebenarnya cukup kecil, sekitar 4in hingga 6in. Kulit mereka berwarna merah muda yang indah dan sangat transparan yang tidak tahan menyerap sinar matahari yang panas".

"Kami belajar bahwa selama kita mendekati mereka dengan perlahan, mereka tidak akan lari dari kita. Tampaknya obyek yang bergerak cepat dari jarak jauh entah bagaimana akan membuat mereka lebih gugup. Kami sedih harus pergi meninggalkan mereka, tapi merasa terhormat telah melihat pertunjukan pribadi dari salah satu keajaiban alam dunia."





Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Tokek Gurun Namibia, Makhluk Ciptaan Allah yang Cantik :) | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top