Ucapkan Selamat pada Trump, Duterte: Kita Berdua Sama-sama Suka Memaki

Daftar Artikel Terbaru
close
Daftar Artikel Populer
 Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyampaikan ucapan selamat kepada presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Duterte bahkan menyatakan niat untuk menghentikan pertikaian dengan AS di bawah kepemimpinan Trump.

Duterte yang dikenal kontroversial dan beberapa waktu lalu dijuluki 'Trump dari Timur' berulang kali melontarkan komentar keras terhadap AS, yang sebenarnya sekutu dekat Filipina. Duterte bahkan pernah mengancam akan memutus kemitraan pertahanan dan mengakhiri latihan militer gabungan.






Namun dengan Trump yang juga dikenal kontroversial, Duterte melihat kesamaan sifat. "Kami berdua sama-sama suka memaki. Bahkan untuk urusan sepele, kami memaki," sebut Duterte dalam pidatonya di hadapan komunitas warga Filipina dalam kunjungannya ke Malaysia, seperti dilansir Reuters, Kamis (10/11/2016).

"Saya harus berhenti karena Trump sudah ada di sana. Saya tidak ingin cekcok lagi, karena Trump telah menang," cetus Duterte, soal dirinya yang terus berkomentar keras terhadap AS juga Presiden Barack Obama, beberapa bulan terakhir.


Duterte memenangi pemilu di Filipina pada Mei lalu dengan selisih besar dibandingkan kandidat lain. Sosok Duterte sering disamakan dengan Trump, sebagai kandidat alternatif yang berasal dari luar dunia politik.

Duterte berkampanye melawan elite politik dan berhasil meraup kepercayaan rakyat Filipina yang berasal dari kelas menengah ke bawah, dengan janjinya memperbaiki hal yang disebutnya sebagai 'negara yang pecah'.

Bulan lalu, Trump menuturkan kepada Reuters bahwa Filipina memiliki lokasi strategis yang penting. Namun terhadap komentar keras Duterte soal mengusir tentara-tentara AS di Filipina, disebut Trump sebagai 'sikap tidak menghormati' AS. 

Secara terpisah, Duta Besar Filipina untuk PBB Teddy Locsin Jr menyebut ada beberapa keterkaitan paralel antara Trump dengan Duterte. "Saya ingat Trump di tengah-tengah sebuah pernyataannya, dia mengatakan 'Saya tidak akan berbicara seperti ini lagi setelah saya menjadi presiden'. Saya ingat ada seseorang yang juga pernah mengatakan hal yang sama," ucapnya.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

» Terima Kasih sudah membaca : Ucapkan Selamat pada Trump, Duterte: Kita Berdua Sama-sama Suka Memaki | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)


KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top