Bung Karno: Yang Terberat Adalah Penjajahan oleh Bangsa Sendiri yang Berkolaborasi Bangsa-bangsa Asing

Baca Juga 




Mengikuti berita-berita ke Indonesiaan kita saat ini, saya terus terkenang-kenang tulisan Prof Veth, sebagaimana dikutip oleh Bung Karno dalam salah satu tulisannya yang terkompilasi dalam buku "Di Bawah Bendera Revolusi".

Prof Veth mengatakan bahwa orang-orang di tanah Nusantara tidak pernah merdeka.. selalu datang tuan-tuan ke tanah Nusantara dari berbagai bangsa.. penjajahan silih berganti hanya berganti warna.. dan yang terberat memang seperti dikatakan oleh Bung Karno sendiri, yaitu penjajahan oleh bangsa sendiri yang berkolaborasi dengan bangsa-bangsa di luar sana.

Coba lah renung-renungkan puisi Prof Veth untuk melukiskan kondisi tanah jawa di bawah ini:

Dipantainya tanah Jawa yang berdesak-desakan,
Datang selalu tuan-tuannya setiap masa,
Mereka beruntun-untun sebagai runtunan awan, 
Tapi anak pribumi sendiri tak pernah kuasa.

Apa yang anda rasakan dari puisi prof Veth diatas? Sudah tiba kah masanya dimana pribumi benar-benar merdeka? Lapangan kerja dibuka dimana-mana, tapi bukan untuk mereka. Sumber daya alam yang luar biasa kita punya..tapi kita tak kuasa atasnya..

Saya percaya bahwa tidak ada bangsa yang bisa dijajah kalau mereka tidak mau dijajah. Jadi, terus lah tanamkan dalam jiwa bahwa kita bangsa yang merdeka..kita akan melawan penjajahan dari manapun datangnya..termasuk dari bangsa kita sendiri, yaitu jika mereka lebih rela menyerahkan sumberdaya kita untuk sebesar-besarnya kesejahteraan bangsa asing daripada untuk mensejahterakan bangsa sendiri.

Bogor 21.12.2016

(Mukhamad Najib)

___
Sumber: fb

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top