Inilah Daftar Negara yang Melarang Warganya Merayakan Tahun Baru, APA SAJA ?

Baca Juga 


Tak seperti di Indonesia, beberapa negara ini membuat peraturan yang berisi larangan kepada warganya untuk merayakan pergantian tahun alias Tahun Baru. Negara mana saja yang menerapkan larangan tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya....








1. Brunei Darussalam

Brunei Darusaalam menjadi salah satu negara yang melarang adanya perayaan Natal dan Tahun Baru. Kok bisa? Larangan tersebut ternyata diterapkan Sultan Hassanal Bolkiah sebagai bagian dari syariat Islam yang telah menjadi hukum resmi di negara tersebut.

Meski demikian, warga non Muslim yang ada di Brunei tetap diperbolehkan merayakan Natal dan Tahun Baru, akan tetapi secara terbatas di dalam komunitas mereka sendiri. Jika ada yang kedapatan mengorganisir perayaan Natal akan dihukum penjara.

2. Tajikistan

Kemudian Tajikistan. Negara pecahan Uni Soviet ini pun melarang perayaan Natal dan Tahun Baru termasuk mendirikan pohon Natal baik yang asli ataupun buatan di tempat-tempat umum, termasuk sekolah dan kampus.

Dekrit larangan yang dikeluarkan Pemerintah Tajikistan termasuk penggunaan kembang api, petasan, dan berbagai hadiah dalam rangka perayaan Tahun Baru.

3. Somalia

Selanjutnya ada Somalia, negara di Afrika ini juga melarang perayaan Natal dan Tahun Baru karena bertentangan dengan kebudayaan Islam.

Tak main-main, pihak kepolisian dan aparat berwenang termasuk intelijen pun dikerahkan untuk melakukan pengawasan guna mencegah perayaan Natal dan Tahun Baru dalam bentuk apapun.

4. Arab Saudi

Sejumlah ulama di Arab Saudi memberi masukan kepada negara dan akhirnya resmi menjadi keputusan Mutawa Komisi Kebijakan dan Pencegahan Kejahatan, untuk melarang perayaan Tahun Baru di negara tersebut.

Keputusan itu termasuk melarang sejumlah toko menjual aksesori, bunga, dan boneka yang bertema pergantian tahun. Pihak kepolisian syariah pun akan melakukan razia dan pengawasan secara ketat.

Sumber: Jitunews

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 



KOTAK KOMENTAR



" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top