Saat Lupa Shalat Isya, Ingat ketika Shubuh, Bagaimana Solusi nya ?

Baca Juga 


SHALAT yang wajib kita laksanakan hanya ada lima waktu. Setiap waktunya tentu berbeda. Dan kita harus memanfaatkan waktu itu sebaik mungkin. Tentunya, dengan menyegerakan diri melaksanakan shalat ketika waktunya telah tiba.

Tetapi sayang, banyak dari kita yang masih menunda-nunda waktu shalat. Sehingga, ia lalai dalm melaksanakan shalatnya. Bahkan, ada yang sampai lupa shalat.

Nah, biasanya banyak orang lupa dalam melaksanakan shalat isya. Ya, kita tahu shalat isya memiliki batas waktu yang cukup panjang. Hingga, seringkali seseorang memanfaatkan waktu panjangnya itu dengan mengakhirkan shalat. Alhasil, ada yang sampai lupa melaksanakannya dan baru teringat ketika sudah memasuki waktu shubuh. Jika sudah begini, bagaimana Islam memandangnya?

Adapun, jika ada seseorang yang lupa atau tertidur sehingga tidak bisa melaksanakan shalat, maka ia wajib melaksanakan shalat yang tertinggal yang disebabkan oleh lupa atau tertidur, (yaitu) segera saat ia ingat.





Berdasarkan sabda Rasulullah ﷺ, “Barangsiapa yang lupa mengerjakan satu shalat atau tertidur, maka hendaklah ia mengerjakannya saat ia ingat. Tidak ada denda baginya, kecuali itu,” (HR. Imam Muslim dalam kitab shahîhnya, 1/477, dari hadis Anas bin Mâlik Radhiallahu ’Anhu).

Allah ‘Azza wa Jalla juga berfirman, “Maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku,” (QS. Thâha/20: 14).

Jika dia terbangun dari tidurnya atau teringat, maka hendaklah bergegas melaksanakan shalat yang tertinggal, kapanpun ia ingat atau terbangun. Maka ia harus melaksanakan shalat Isyâ‘ terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan shalat yang sesuai dengan waktu saat itu, yaitu shalat shubuh. Dia tidak boleh melaksanakan shalat Shubuh sebelum shalat Isyâ‘ yang tertinggal, karena berurutan dalam shalat itu wajib. (Al-Muntaqa min Fatâwâ Fadhilatisy-Syaikh Shâlih Fauzân, 4/32) []

Sumber: konsultasisyariah.com

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top