Mengenal Kakak Angkat Yang Memeluk Ahok, Ternyata Finalis Miss Universe 1980

Baca Juga 





Dalam menjalani sidang perdana di Pengadilan Jakarta Utara Selasa (13/12) yang lalu,  beredar foto seorang perempuan berhijab yang sedang memeluk  Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama.




Foto tersebut banyak diperbincangkan netizen dan menjadi viral di social media.  Sosok perempuan tersebut merupakan kakak angkat  dari Basuki Tjahaja Purnama yang bernama Nana Riwayati atau lengkapnya Andi Nana Riwayati Basoamier.  Nana adalah putri dari pasangan Andi Baso Amier dan Hajjah Misribu keluarga Bugis-Makassar yg merupakan orang tua angkat dari Ahok.
Behind The Scene foto Ahok dan kakak angkatnya (foto : Istimewa)

Ditengah ramainya perbincangan foto itu, ada hal lain yang belum diketahui publik.  Tak banyak yang tahu bila sosok Nana Riwayati merupakan wakil Indonesia diajang kontes kecantikan terbesar di dunia, Miss Universe.  Walaupun begitu, dikalangan pecinta kontes kecantikan (beauty contest) sosok Nana Riwayati ramai diperbincangkan.





Nana Riwayati pernah  mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 1980 yang saat itu dilaksanakan di Seoul, Korea Selatan. Saat itu pemilihan wakil Indonesia belum dilakukan secara terbuka seperti yang dilakukan Yayasan Puteri Indonesia setiap tahun, namun melalui audisi yg dilaksanakan secara tertutup.

Pada ajang Miss Universe 1980, Kakak Angkat Ahok  yang kini berjilbab ini belum berhasil masuk dalam jajaran semifinalis. Tetapi berhasil masuk dalam jajaran Top 56 swimsuit completion. Nana Riwayati mengenakan Baju Adat Badok, pakaian khas Sulawesi Selatan pada sesi kompetisi National Costume.

Setelah berkompetisi di Miss Universe Nana Riwayatie juga pernah menjadi pemain film.Berdasarkan data dari laman filmindonesia.or.id, Nana tercatat membintangi dua buah judul film. Kedua film tersebut bertajuk Tiga Dara Mencari Cinta (1980) dan Tomboy (1981).





Film Tiga Dara Mencari Cinta sendiri merupakan film yang mencoba mengolah kembali Tiga Dara, karya Usmar Ismail yang telah sukses. Mengusung genre komedi, film ini dibintangi oleh Roy Marten, Jojon, Ingrid Fernandez, Nana Riwayatie, Winny Aditya Dewi.

Masih bergenre komedi, film Tomboy sendiri disutradarai oleh Djun Saptohadi. Selain Nana Riwayatie, film ini juga dibintangi oleh Zainal Abidin, Pratiwanggono, Adi Bing Slamet, Alona Alegre, Happy Pretty. 


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top