Mr Clean, Julukan untuk Sosok Mar'ie Muhammad

close
Daftar Artikel Populer
Mantan Menteri Keuangan era Orde Baru, Mar'ie Muhammad telah meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional tadi pagi. Semasa hidupnya, Mar'ie dikenal dengan perjuangannya memberantas korupsi di era-nya sehingga ia mendapat julukan Mr Clean.

"Artinya nggak korup, even ketika jadi dirjen di masa Orde Baru," kata Wahyu Tumakaka, Kepala Kantor Wilayah Pajak Jakarta Pusat kepada detikFinance, Minggu (11/12/2016).

Wahyu mengenal sosok Mar'ie ketika menjadi Kasubdit di Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Sementara Mar'ie sudah berada di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI.
"Beliau orang yang tegas sekaligus egaliter," tegasnya.





Meskipun demikian, Mar'ie dinilai mampu untuk berkomunikasi dengan jajarannya. Baik ketika memberikan arahan maupun kritik.

" Selalu terbuka dan komunikasi dengan kami tidak seperti atasan bawahan. semoga Tuham Yang Maha Esa menerima Pak Marie di sisi-Nya. Amin," pungkasnya.

Sosok Mar'ie pernah bekerja di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI pada 1969 hingga 1972. Pada Tahun 1972 hingga 1988 dia bekerja di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI dengan jabatan terakhir sebagai Direktur. Tahun 1988-1993 mengabdi di Direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan sebagai Direktur Jenderal (Dirjen). 

Ia kemudian dipercaya sebagai Menteri Keuangan pada tahun 1993-1998 di Kabinet Pembangungan VI. Tahun 2001-2004 sebagai Ketua Oversight Committee (OC) BPPN. Tahun 1999-2009, dia menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI). Saat ini dia menjabat Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan komisaris utama PT Bank Syariah Mega Indonesia. (mkl/dna)


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» Terima Kasih sudah membaca : Mr Clean, Julukan untuk Sosok Mar'ie Muhammad | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top