Follow by Email

Wahai Calon Ayah dan Ibu, Jangan lupa DOA - kan Anak Ketika Dalam Kandungan

close
Daftar Artikel Terbaru
Oleh : Zahra Sauqiyah
Seorang wanita yang mengandung seorang anak dari suami yang dicintai nya, tentunya menaruh harapan yang besar pada calon anaknya agar kelak menjadi seorang anak yang sholeh yang diinginkan kedua orang tuanya.


Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik buat anaknya, selain menjadi anak yang sholeh juga menginginkan agar anaknya berhasil dalam menjalani kehidupan ini baik di dunia dan tentunya akhirat yang menjadi akhir tujuan hidup yakni bisa berkumpul bersama Anak dan keluarganya di Jannah-Nya. Insyaallah..
Untuk mencapai keinginan tersebut, tentunya seorang ibu melakukan banyak hal ketika dalam mengandung sang bayi. Setiap wanita hamil berbeda-beda dalam mendidik dan merawat calon bayi yang akan dilahirkannya. Ada yang telaten dalam masa kehamilannya, ada yang rada cuek dan ada yang biasa saja.
Seorang ibu yang menginginkan anaknya menjadi anak yang sholeh, maka ia akan berusaha bagaimana caranya untuk mencapai semua itu.Ia akan mendo’akan calon bayi dan berusaha mendekatkannya pada Sang Khalik, Allah Azza wa Jalla dengan melakukan amalan sholeh yang dapat mengisi jiwanya seperti membacakan ayat-ayat Al-Qur’an dan mentadaburinya, mengikuti kajian, menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan menjauhkan diri dari kesyirikan dan yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala seperti mendengarkan musik yang kebanyakan dari pemikiran barat dapat mempengaruhi otak anak, memakai jimat-jimat di badan agar dijauhkan dari setan yang pada kenyataanya hal itu adalah dari setan (jin), dan lain sebagainya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
(Ingatlah), ketika istri `Imran berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku bernazar kepada-Mu, apa (janin) yang dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang mengabdi (kepada-Mu), maka terimalah (nazar itu) dariku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”
Maka ketika melahirkannya, dia berkata, “Ya Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan.” Padahal Allah lebih tahu apa yang dia lahirkan, dan laki-laki tidak sama dengan perempuan. “Dan aku memberinya nama Maryam, dan aku mohon perlindungan-Mu untuknya dan anak-cucunya dari (gangguan) setan yang terkutuk.
Maka Dia (Allah) menerimanya dengan penerimaan yang baik, membesarkannya dengan pertumbuhan yang baik, dan menyerahkan pemeliharaannya kepada Zakaria. Setiap kali Zakaria masuk menemuinya di mihrab (kamar khusus ibadah), dia dapati makanan di sisinya. Dia berkata, “Wahai Maryam! Dari mana ini engkau peroleh?” Dia (Maryam) menjawab, “Itu dari Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.
[QS. Ali ‘Imran: 35-37]
Di Al-Qur’an sudah sangat jelas diterangkan bagaimana sikap seorang ayah maupun ibu agar selalu mendo’akan anaknya ketika masih dalam kandungan yang tentunya hal ini memiliki manfaat yang sangat mulia sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam :
“Tidak ada anak Adam yang baru terlahir kecuali pasti disentuh oleh setan. Oleh karena itu, setiap anak yang baru lahir pasti menangis akibat sentuhan setan tersebut. Semua keturunan Adam pasti mengalami hal ini kecuali Maryam dan putranya.” Kemudian Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata,” Oleh karena itu, bacalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang berbunyi, ‘Dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada setan yang terkutuk.”‘(QS. Ali Imran :36).(Muttafaq’alaih)
Semoga Allah selalu melindungi kita semua dari godaan setan yang terkutuk dan menjadikan calon anak dan anak-anak kita seorang anak yang soleh yang tawadhu, seorang anak yang berbakti kepada kedua orang tua dan seorang anak yang menjaga dien (Islam ) ini sampai akhir hayatnya. Aamiin Allahumma Aamiin.
Wallahu a’lam bishshowab.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» Wahai Calon Ayah dan Ibu, Jangan lupa DOA - kan Anak Ketika Dalam Kandungan

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top