Follow by Email

Alhamdulillah.. Kini Militer AS Izinkan Tentara Muslimahnya Berhijab

close
Daftar Artikel Terbaru

Angkatan Darat Amerika Serikat kini membolehkan penggunaan atribut keagamaan seperti hijab untuk prajurit Muslimah dan turban untuk prajurit Sikh. Aturan ini dikeluarkan pada Selasa kemarin dan resmi berlaku pada 10 Januari nanti.

Prajurit Sikh juga dibolehkan memelihara kumis dan jenggot, dikutip dari armytimes.com.

Sebelum mengenakan atribut khusus itu, para prajurit diminta untuk mengajukan permohonan kepada atasannya. Setelah permohonan itu mendapat izin dart atasannya, para prajurit dapat menggunakan simbol-simbol keagamaan tersebut.

Sejak 2009, Angkatan Darat AS menerima banyak permintaan agar dapat mengakomodasi penerapan ajaran agama di lingkungan prajuritnya. Banyak pengalaman yang menunjukkan keberhasilan seorang prajurit mengenakan hijab atau turban dalam menempuh karir di dunia militer.

" Berdasarkan contoh sukses tentara memberikan pengabdian dengan akomodasi ini," ujar Sekretaris Angkatan Darat AS Eric Fanning.

" Militer telah melakukan pengkajian kebijakan untuk memberikan kesempatan kepada setiap prajurit berkualitas agar bisa mengabdi tanpa harus menghiraukan latar belakang keyakinannya," kata juru bicara Angkatan Darat AS Letnan Kolonel Randy Taylor.

" Kami percaya kami berusaha melestarikan Amandemen Pertama tentang hak kebebasan menjalankan ajaran agama dalam latihan bagi mereka yang ingin mengabdi pada Angkatan Darat AS," ucap Taylor.

Tetapi, para prajurit tetap diwajibkan menggunakan helm dan alat pelindung lainnya saat menjalani latihan.

Meski demikian, para prajurit tetap harus meminta persetujuan atasan jika ingin mengenakan simbol agama. Jika atasannya menolak, maka para prajurit dapat mengajukan permohonan disertai alasan yang tulus kepada G-1, yang akan mengirimkan permohonan itu kepada Sekretaris Angkatan Darat untuk putusan final.

Hijab harus digunakan di bawah topi patroli atau baret. Hijab juga harus menggunakan bahan ringan, tidak mencolok, dan serasi dengan seragam. Warnanya bisa hitam, coklat, hijau, coklat (tan), atau biru tua (navy).

" Bahannya harus bebas dari desain dan motif, kecuali jika prajurit mengenakan seragam tempur mungkin bisa mengenakan hijab dengan corak kamuflase sesuai seragam," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Hijab juga harus dikenakan menutupi garis tepi rambut dan dagu, sehingga tidak menutupi wajah. Kemudian setiap ujungnya harus terselip di dalam seragam.

Sumber: Suaranews

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» Alhamdulillah.. Kini Militer AS Izinkan Tentara Muslimahnya Berhijab

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top