Follow by Email

Isi Ceramah di Masjid Al-Azhar, Ustadz Bachtiar Nasir Bicara soal Kasus Palu-Arit

close
Daftar Artikel Terbaru


Ketua GNPF-MUI Bachtiar Nasir mengisi ceramah pagi di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan. Ia bicara mengenai adanya isu kebangkitan PKI di Indonesia dan kasus palu-arit dengan terlapor Habib Rizieq.

"Saat ini atmosfer isu kebangkitan PKI Indonesia ini mulai menjadi konsumsi publik belakangan ini. Kekhawatiran publik akan munculnya PKI mulai terasa," ujar Bachtiar dari atas mimbar di Masjid Al-Azhar, Jl Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Senin (23/1/2017). 

Bachtiar menyebut kebangkitan PKI terlihat dari diskusi akademik hingga media sosial. Bahkan juga tampak dari obrolan ulama dalam tablig. 

"Itu terlihat dari diskusi, baik diskusi akademik, sejarah dalam konteks sejarah kekinian, juga dalam obrolan tablig ulama," ujar Bachtiar. 



"Tentu yang merasakan adalah sebuah kejujuran yang dialami. Atmosfer kebangkitan PKI juga terlihat di medsos. Cara berpikir terhadap kemungkinan bahaya laten PKI ini lama-kelamaan menjadi sebuah logika mainstream khususnya di kalangan muslim," imbuhnya. 

Isi Ceramah di Al-Azhar, Bachtiar Nasir Bicara Soal Kasus Palu AritFoto: Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom
Bachtiar memberikan ceramah di depan jemaah yang di antaranya adalah massa FPI yang hendak mengawal pemeriksaan Habib Rizieq. Ia menyampaikan ada beberapa ulama yang juga akan memberikan ceramahnya sebelum massa bergerak menuju Polda Metro Jaya. 

"Insya Allah para tokoh dan ulama juga akan memberikan beberapa nasihat dan tausiah sambil menunggu yang lain datang," tutur Bachtiar. 

Habib Rizieq akan diperiksa Polda Metro Jaya terkait lambang palu-arit di logo Bank Indonesia. Pemeriksaan dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB. Dalam rangka mengawal pemeriksaan Rizeq, massa akan berkonvoi dari Al-Azhar menuju Polda Metro. 

"Dalam beberapa tablig, beliau menyampaikan kasus uang ini. Selanjutnya secara konstitusional, Habib Rizieq menyampaikan ini ke Komisi III DPR RI, lalu menginformasikan kepada Mabes Polri. Jadi menginformasikan itu beda dengan melaporkan. Menginformasikan adanya logo palu-arit di uang terbaru 2017 BI," jelas Bachtiar. 

"Menurut BI, tidak ada unsur palu-arit di situ. Ini versi BI. Tapi apa yang dilakukan Habib Rizieq tidak salah, menginformasikan keresahan publik dan ini menjadi hak warga negara untuk menginformasikannya secara konstitusional tapi kemudian direaksi secara berlebihan," lanjutnya. 


Bachtiar juga bicara soal dugaan penghasutan yang dilakukan Habib Rizieq terkait kasus palu-arit. Menurutnya, Habib dilaporkan ke polisi oleh pihak tak berkompeten, bukan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Peruri, ataupun BI sendiri. 

"Habib dilaporkan telah melakukan penghasutan, padahal aliansi ini bukanlah pihak terkait, bukan pihak yang kompeten. Sebab, yang diinformasikan oleh Habib Rizieq adalah pihak dari BI, Peruri, dan Kemenkeu tetapi kok tiba-tiba jadi laporan penghasutan oleh si aliansi yang saya belum jelas ini siapa," urai Bachtiar. 

Gubernur BI Agus Martowardojo menegaskan uang rupiah tidak memuat simbol terlarang palu dan arit. Gambar yang dipersepsikan oleh sebagian pihak sebagai simbol palu dan arit merupakan logo BI yang dipotong secara diagonal, sehingga membentuk ornamen yang tidak beraturan. 
(rna/fjp)



Ini Simbol di Rupiah yang Dituding Mirip Palu Arit






 Sejak rupiah desain baru diperkenalkan oleh Bank Indonesia (BI), banyak sekali komentar yang berdatangan dari berbagai pihak. Bahkan ada yang sampai tega menuding BI memuat simbol terlarang palu arit pada setiap lembaran uang rupiah.

Gubernur BI, Agus Martowardojo, bereaksi keras atas tudingan tersebut. Ia berulang kali menegaskan itu tidak benar. Gambar yang dipersepsikan oleh sebagian pihak sebagai simbol palu dan arit merupakan logo BI yang dipotong secara diagonal, sehingga membentuk ornamen yang tidak beraturan. 

Desain baru rupiahFoto: Dok.BI
Desain baru rupiah


Gambar tersebut merupakan gambar saling isi (rectoverso), yang merupakan bagian dari unsur pengaman uang rupiah. Unsur pengaman dalam uang rupiah bertujuan agar masyarakat mudah mengenali ciri-ciri keaslian uang, sekaligus menghindari pemalsuan. Pencetakan pun dilakukan dengan teknik khusus, sehingga terpecah menjadi dua bagian di sisi depan dan belakang lembar uang, dan hanya dapat dilihat utuh bila diterawang.

Demikianlah siaran pers BI yang diterima detikFinance, Selasa (10/1/2017).

Rectoverso umum digunakan sebagai salah satu unsur pengaman berbagai mata uang dunia, mengingat rectoverso sulit dibuat dan memerlukan alat cetak khusus. Di Indonesia, rectoverso telah digunakan sebagai unsur pengaman rupiah sejak tahun 1990-an. Sementara logo BI telah digunakan sebagai rectoverso uang rupiah sejak tahun 2000.

Desain baru rupiahFoto: Dok.BI
Desain baru rupiah


Rupiah sejatinya merupakan salah satu lambang kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam hal ini, uang rupiah ditandatangani bersama oleh Gubernur BI dan Menteri Keuangan Republik Indonesia. Diharapkan kepada masyarakat agar senantiasa menghormati dan memperlakukan uang rupiah dengan baik.




Gubernur BI Tegaskan Tak Ada Simbol Palu Arit di Uang Rupiah


 Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, menegaskan kembali uang rupiah tidak memuat simbol terlarang palu dan arit. Ini membantah informasi dan penafsiran yang berkembang di media, di mana rupiah disebut memuat simbol terlarang tersebut. 

Gambar yang dipersepsikan oleh sebagian pihak sebagai simbol palu dan arit merupakan logo BI yang dipotong secara diagonal, sehingga membentuk ornamen yang tidak beraturan. Gambar tersebut merupakan gambar saling isi (rectoverso), yang merupakan bagian dari unsur pengaman uang rupiah. Unsur pengaman dalam uang rupiah bertujuan agar masyarakat mudah mengenali ciri-ciri keaslian uang, sekaligus menghindari pemalsuan.

Gambar rectoverso dicetak dengan teknik khusus sehingga terpecah menjadi dua bagian di sisi depan dan belakang lembar uang, dan hanya dapat dilihat utuh bila diterawang. Rectoverso umum digunakan sebagai salah satu unsur pengaman berbagai mata uang dunia, mengingat rectoverso sulit dibuat dan memerlukan alat cetak khusus. Di Indonesia, rectoverso telah digunakan sebagai unsur pengaman rupiah sejak tahun 1990-an. Sementara logo BI telah digunakan sebagai rectoverso uang rupiah sejak tahun 2000.

Demikian disampaikan Agus dalam siaran pers yang diterima detikFinance, Selasa (10/1/2017).

Rupiah merupakan salah satu lambang kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam hal ini, uang rupiah ditandatangani bersama oleh Gubernur BI dan Menteri Keuangan Republik Indonesia. Untuk itu, BI mengingatkan kembali kepada masyarakat agar senantiasa menghormati dan memperlakukan uang rupiah dengan baik.





Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» Isi Ceramah di Masjid Al-Azhar, Ustadz Bachtiar Nasir Bicara soal Kasus Palu-Arit

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top