Follow by Email

Kenapa Awan Mendung Tapi Udara Terasa Panas ? Apa Sebab nya ?

close
Daftar Artikel Terbaru

Ilustrasi (Foto : Cloudinary.com)

Kalian pasti sering merasakan udara panas tidak seperti biasanya padahal kalau dilihat ke langit matahari tidak menampakkan bola apinya melainkan awan mendung yang akan kita jumpai dan menandakan hujan akan turun.

Tahu ridak mengapa udara begitu terasa panas ketika hujan akan turun? Jawabannya sederhana. Ketika awan menghitam atau mendung akan terjadi proses perubahan uap air (gas) berubah menjadi air (cair).

Pada proses terjadinya mendung ini melepaskan sejumlah panas (kalor) ke udara. Awan mendung biasanya tidak terlalu tinggi jaraknya dengan permukaan bumi dibandingkan awan cerah yang terlihat sangat jauh sekali, dan efek panas yang dilepaskan awan mendung semakin terasa.

(Foto : 9wiki.net)

Kondisi ini yang menyebabkan udara yang kita rasakan lebih panas dibandingkan dengan cuaca saat sedang cerah. Sehingga yang kita rasakan adalah akumulasi dari pelepasan energi perubahan fase uap air menjadi air dan sisa energi panas yang dipancarkan bumi.

Lalu, mengapa awan mendung terlihat hitam?

Awan hitam yang bisa disebut mendung ini merupakan kumpulan air dan es yang sangat banyak sehingga cahaya matahari tidak dapat menembusnya sampai permukaan bumi. Akibatnya awan akan terlihat hitam atau gelap jika dilihat dari permukaan bumi tetapi jika kita lihat dari atas awan hitam akan terlihat putih seperti awan cerah karena terpapar sinar matahari.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» Kenapa Awan Mendung Tapi Udara Terasa Panas ? Apa Sebab nya ?

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top