KEREN ! Desa Pertama Bebas Rokok Di Dunia Ternyata Ada Di Indonesia

Baca Juga 


Desa Bone-Bone (Foto : Daily Mail)

Jika kita pergi ke kota besar, tentu kerap kali kita menemukan kawasan bebas asap rokok apalagi jika kita mengunjungi ruang-ruang publik. Meski biasanya kita menemukan hal tersebut di daerah perkotaan, ternyata daerah pedesaan pun tak mau kalah mengusung kawasan bebas asap rokok.
  
Desa Bone-Bone, di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan menjadi desa pertama di dunia yang bebas dari asap rokok, bahkan sejak tahun 2000. Saat mengunjungi desa ini, nuansa anti rokok akan sangat terasa. Apalagi saat melihat sebuah papan anti rokok yang dipasang tepat di depan gerbang.

loading...
(Foto: Daily Mail)

Bukan hanya papan larangan merokok yang dipasang di gerbang, tapi juga banyak tanda larangan merokok hingga sejumlah imbauan menjaga kesehatan yang terpasang di sudut-sudut desa.

Peraturan merokok ini bukan hanya ditujukan bagi warga setempat namun juga tamu yang berkunjung ke desa tersebut. Jika ada yang melanggar, sanksinya mereka harus mau untuk melakukan kerja sosial seperti membersihkan masjid, lapangan, sekolah, memperbaiki irigasi, dan lainnya.

(Foto: Daily Mail)

Hal ini tentu menjadi contoh yang baik bagi desa-desa lain. Semoga semakin banyak desa maupun kota yang menerapkan hal ini mengingat bahaya asap rokok bukan hanya para perokok aktif namun juga perokok pasif.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top