Mentan: Cabai Rawit Bikin Saya Pusing

Baca Juga 





Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, menyebut polemik tingginya harga cabai cukup menguras pikirannya. Sudah sepekan dirinya bergerilya ke sejumlah kabupaten di Sulawesi untuk urusan komoditas jagung dan sapi, namun masalah cabai tetap membebaninya.






"Cabai produksinya naik, tapi ada satu cabai yang bikin pusing, cabai rawit. Semua 14 komoditas naik kecuali kedelai. Tapi ini cabai hanya sub, hanya satu cabai yang naik," kata Amran saat rakor pangan di Hotel Clarion, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (13/1/2017).

Menurut Amran, masalah cabai terjadi karena dipicu tingginya curah hujan, pihaknya pun berinisiatif membagikan 10 juta tanaman cabai sebagai terobosan agar masyarakat terdorong menanam cabai sendiri, sehingga permintaan cabai rumah tangga otomatis berkurang.

"Cabai kami sudah kerjasama dengan ketua PKK seluruh Indonesia. Kami berikan 10 juta bibit seluruh Indonesia, PKK bupati, PKK gubernur kita MoU di Ancol (Jakarta Utara). Kalau ibu-ibu bersatu, tanam cabai dan pelihara ayam, bisa hemat Rp 2 juta per bulan pengeluaran. Kita cabai saja pusing," ujarnya.

Dia mengungkapkan, pemberitaan cabai rawit pun sangat santer. Hal tersebut dijadikan modal beberapa kalangan melontarkan kritik pada kementeriannya, yang di sisi lain diklaim sudah bisa meningkatkan produksi 13 komoditas strategis.

"Ada cabai di tengah yang kecil, ini yang naik diputar-putar terus beritanya 2 minggu. Bapak-Ibu tahu beras produksinya naik, peringkat global food security index kita tertinggi di dunia, tapi cabai yang dibahas," tandas Amran. (idr/ang)


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top