Miris nya.. ini Gambar tunawisma yang tinggal di kuburan mengejutkan Iran

Baca Juga 


TEHERAN: Gambar pecandu narkoba tunawisma yang tinggal di kuburan kosong di luar ibukota Iran sangat mengejutkan publik dan mendorong reaksi bahkan dari Presiden Iran Hassan Rouhani.

Koran Shahrvand pada hari Selasa menerbitkan gambar dalam sebuah laporan tentang orang-orang tunawisma – sekitar 50 laki-laki dan perempuan – yang tinggal di sebuah pemakaman di kota Shahriar, 30 kilometer (18 mil) sebelah barat Teheran.

Cerita dan gambar menyedihkan tentang tunawisma yang menatap ke kamera dari dalam lubang makam yang tidak terpakai menyebar dengan cepat di media sosial, di mana pengguna dan selebriti bereaksi dengan ekspresi khawatir dan kesedihan.

Sutradara peraih Oscar Iran Asghar Farhadi menyetakan rasa frustrasi dalam sebuah surat kepada Rouhani.
“Saya membaca laporan … dan sekarang seluruh diri saya penuh dengan rasa malu dan kesedihan,” tulisnya.
“Dengan surat ini, saya berniat untuk berbagi rasa malu saya dengan Anda dan semua orang yang telah memiliki tanggung jawab di negeri ini dalam beberapa dekade terakhir,” tambahnya.

Presiden Iran menanggapi surat “menyakitkan” Farhadi, pada hari Rabu.
“Siapa yang dapat melihat manusia terluka dari isu-isu sosial dan bernaung di kuburan …. dan tidak merasa malu?” Kata Rouhani dalam pidato tentang pengawasan pemerintah.

“Saya telah mendengar tentang orang-orang di negara-negara barat yang tidur di kardus di bawah jembatan karena kemiskinan, atau mereka yang tidur di stasiun metro, tapi tidak di kuburan,” katanya. “Untuk mengatasi masalah ini kita semua harus bersatu dan kesampingkan masalah partisan dan perbedaan dan mengatasi masalah dasar negara.”

Dalam laporan tindak lanjut, Shahrvand mengatakan para penghuni makam secara paksa dipindahkan dari pemakaman, setelah mendapat janji dari pemerintah Iran untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa dari mereka yang tinggal di kuburan telah melakukannya selama 10 tahun, menurut harian itu.
“Bukankah kita manusia? Apakah kita orang asing? Kami adalah warga Iran juga, “seorang pria tunawisma yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada surat kabar dalam sebuah video.

Dia meminta pihak berwenang untuk membangun tempat penampungan di daerah.
Laporan ini merupakan pemandangan langka yang menyingkap kehidupan orang-orang tunawisma di ibukota Iran.

Pada bulan Oktober laporan lain memberitakan tentang orang-orang tunawisma yang menempati kanal limbah di jalan raya Teheran dan memicu reaksi yang sama.

Kemiskinan telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir di Iran. Tingkat pengangguran resmi telah meningkat menjadi 12,7 persen tahun ini dari 10,6 persen pada 2014, sementara pengangguran di kalangan remaja dan dewasa muda telah mencapai 27 persen.

Arab News 

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top