Sosok Di Balik Kontroversial DR. Zulkiflimansyah, MSc, Anak Kandung Putera Sumbawa Pendiri UTS

close
Daftar Artikel Populer


Tabuh genderang perang dalam menarik perhatian masyarakat NTB  sudah mulai dengan isu dan entrik calon-calon gubernur NTB 2018. Dalam menarik perhatian masyarakat Bumi Gora melalui hal-hal positif pastinya. Pesta demokrasi NTB 2018 menyisakan satu tahun lagi, akan tetapi mengambil start lebih dini menjadi salah satu pilihan calon gubernur NTB 2018. 

Mengambil istilah orang barat “all beginning is difficult” untuk memulai itu yang sulit, tetapi bagi calon-calon gubernur NTB 2018 menjadi cara yang efektif untuk memulai lebih dulu sehingga masyarakat sudah familiar dengan muka calon dan program-program yang ditawarkan ke masyarakat tentunya.


Jualan visi dan misi menjadi aroma khas pesta demokrasi lima tahunan ini, program-program pembangunan yang berkesinambungan dalam membangun NTB yang lebih maju dan sejahtera menjadi jualan yang laris manis di tengah masyarakat yang menginginkan perubahan yang signifikan untuk daerahnya. Daerah yang dikenal dengan negeri seribu masjid sedang naik daun dalam sektor pariwisata. 

Pariwisata menjadi salah satu pendongkrak ekonomi NTB saat ini. Berbagai penghargaan yang didapat baik datangnya dari nasional bahkan internasional di rangkuh. Dengan tidak ikutnya petahana dalam kontestasi pilkada 2018 menjadi pertarungan yang sangat kompetitif. 

Setiap calon dalam meningkatkan popularitas dan elektibilitas harus turun untuk mensosialisasikan diri supaya masyarakat kenal dan pastinya bisa dipilih saat pilkada nantinya. Pesta demokrasi 2018 NTB sangat fair bagi setiap calon yang siap bertarung menjadi orang nomor satu di NTB.

 

Calon gubernur 2018 yang layak diperhitungkan di kancah perpolitikan NTB saat ini adalah sosok yang mungkin belum dikenal dan masih awam bagi masyarakat NTB yaitu DR. Zulkiflimansyah,M.Sc. putra daerah kelahiran Sumbawa Besar 18 Mei 1972. DR. Zul sapaan akrabnya saat ini masih menjabat sebagai anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtra (PKS) dapil Banten II. 

Pasti banyak orang yang bertanya orang NTB dapil pemilihannya kok di daerah orang bukannya di tempat kelahirannya sendiri , pertanyaan ini mungkin menjadi viral kok bisa begitu. DR. Zul sejak masih sekolah di tempat kelahirannya Sumbawa Besar intelektualnya sangat diakui oleh sahabat dan teman sekolahnya. Berbagai lomba yang dimenangkan saat masih SMA, DR. Zul mendapat kesempatan menjadi duta atau wakil pertukaran pelajar antara Indonesia –Australia. 

Karir politik dan karir pendidikannya menjadi quantum dalam hidupnya, gimana tidak, karir politiknya sangat extraordinary tiga periode atau lima belas tahun menjadi anggota DPR RI dapil Banten. Didaerah orang bukan tempat kelahirannya saja menjadi anak emas dan sangat direspect atas kontribusinya untuk membangun daerah pemilihannya. Pasti dan pasti kecerdasan dan intelektualnya menjadi daya tarik atau magnet yang membuat orang untuk memilihnya.

 Sosok tokoh nasional yang satu ini sosok yang sederhana, bersahaja, santai akan tetapi intelektual nya bisa dibilang sangat gemilang. DR.Zul dosen Universitas Indonesia (UI) Pakar ekonomi lulusan Inggris ini diakui oleh teman sejawat baik di parlemen atau di kampusnya sosok pemimpin yang visioner dengan menggabungkan pengalaman dan intelektualitas nya dalam berkontribusi di tengah-tengah masyarakat. 

NTB saatnya dipimpin oleh sosok yang satu ini sehingga kedepannya NTB menjadi daerah yang sangat diperhitungkan di kancah nasional bahkan internasional. Pemimpin yang besar adalah pemimpin yang mempunyai ide dan gagasan yang besar dalam memimpin suatu daerah. Trah kepemimpinan muda cerdas yang masih diemban oleh gubernur NTB saat ini TGB. DR.Zainul Majdi. Estapet kepemimpinan akan di lanjutkan oleh DR. Zul menjadi langkah maju dan berkesinambungan demi kemajuan pembangunan NTB kedepannya. Pewaris intelektual muda yang disematkan kepada DR. Zul sangat layak untuk menjadi gubernur NTB 2018.(SR01)






Zulkieflimansyah, Anak Kandung Putera Sumbawa Pendiri UTS

Siapa nyana, siapa sangka, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) bakal berdiri? Pendiri sekaligus  Rektor UTS Dr. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc adalah alumnus FE-UI, dialah salah satu contoh  teladan terbaik  anak Indonesia yang tumbuh dari kampung, nun jauh di Sumbawa, Nusa Tenggara, yang bangkit untuk Indonesia.(lihat: http://uts-sumbawa.ac.id). Tak hanya itu, rektor ini juga berhasil membawa mahasiswa UTS ke MIT, Boston, Massachusetts, USA.
Biasa disapa dengan sebutan Bang Zul, lahir di Sumbawa Besar, 18 Mei 1972. Gelar Sarjana Ekonomi di perolehnya tahun 1995 dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) tempat dimana ia mengajar di program S1, S2 dan S3 sampai sekarang. Postgraduate programme-nya ditamatkan di Strathlyde Business School, University of Strathclyde di United Kingdom (UK).
Pada tahun 1997 memperoleh gelar MSc in International marketing dari Department of Marketing. Tahun 1998 mengikuti program Master kembali dalam bidang Industrialization, Trade and Economic Policy di Department of Economics dan selanjutnya menyelesaikan program Doktoralnya di Departemen yang sama pada tahun 2001.
Sederet prestasi telah diukirnya sejak kanak-kanak. Berbagai perlombaan dan prestasi di menangkannya di Sumbawa Besar, tempat dimana ia dibesarkan. Puncaknya ia terpilih mewakili propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada kompetisi pertukaran pelajar antara Indonesia-Australia selama hampir setahun pada tahun 1989. Bang Zul bersekolah di Darwin High School di Darwin dan di Sadadeen Secondary College di Alice Springs. Pengalaman tinggal bersama keluarga Australia yang melakoni bisnis Outback Freight Business Service memungkinkan dirinya mengenal Australia sangat dalam sampai ke pedalaman dan berinteraksi dengan suku asli aborigin yang mengesankan.
Ketika kuliah di UI berbagai aktivitas dan prestasi juga di torehkan. Mahasiswa berprestasi UI di bidang penalaran diperolehnya di tahun 1994 serta menjadi Pemenang pertama lomba menulis Mahasiswa bidang ekonomi tingkat Nasional. Bang Zul juga menjadi pemenang di lomba menulis mahasiswa dalam Bahasa Inggris yang di selenggarakan oleh Japan Airlines (JAL) baik di tingkat Universitas Indonesia maupun di Tingkat Nasional. JAL kemudian mensponsorinya untuk belajar di Sophia University Tokyo, Japan tentang Comparative Asian Industrial System. Bang Zul tak hanya bergulat dengan buku di kampus. Tapi juga berinteraksi dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan sebagai aktivis kampus. Periode 1994-1995 Bang Zul dipercaya oleh Mahasiswa UI sebagai Ketua Senat Mahasiswa tingkat Universitas yang kini menjelma menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UI). Belajar adalah kebutuhan untuk senantiasa meningkatkan kapasitas. Demikian salah satu prinsip hidupnya.
Selain degree programme yang ditempuhnya di Glasgow, Bang Zul juga menempuh pendidikan lanjutannya di Kennedy School of Government, Harvard University (US), Institute for New Technology, Maastricht (The Netherlands), Science and Policy Research Unit di University of Manchester (UK) serta di University of Dundee (Scotland). Saat ini, Bang Zul sebagai Senior Research Fellow, Kennedy School of Government, Harvard University, USA.
Setelah diamanahkan menjadi anggot DPR RI Periode 2004-2009 lalu, kini pria murah senyum ini kembali dipercaya berkiprah di DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mewakili daerah pemilihan Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon ( Banten 2 ). Selain menjabat sebagai sekretaris Fraksi PKS MPR, sejak 2009 Bang Zul diamanahi untuk berkecimpung di Komisi VII yang berkutat dengan persoalan sumber daya energi dan mineral, riset dan teknologi dan lingkungan hidup. Setelah kurang lebih dua tahun di Komisi VII, terhitung sejak Bulan November 2011 Bang Zul diamanatkan fraksi PKS untuk pindah ke komisi XI sebagai Wakil Ketua.
Keterlibatannya di dunia politik tak berarti menyurutkan berprestasinya sebagai akademisi di kampus. Memenangkan berbagai Grant Penelitian di tingkat Nasional, menulis di jurnal ilmiah di dalam dan luar negeri serta merepresentasikan Indonesia di penelitian-penelitian Internasional, menulis opini di koran nasional adalah hal biasa yang dilakukannya. Tak mengherankan jika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menobatkannya sebagai Peneliti Muda Terbaik Indonesia dalam bidang Ekonomi dan Management tahun 2003. Alamat kampus UTS:
Komplek Gedung Rektorat Lantai 2
Kampus Universitas Teknologi Sumbawa
Jl. Raya Olat Maras, Batu Alang,
Moyo Hulu, Kab. Sumbawa Besar
Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Email: ft@uts-sumbawa.ac.id
Contact: +62819 1698 3334, +62852 8183 3863
BERTOLAK KE MIT, USA
Mahasiwa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) membawa ufuk baru, cahaya baru bagi masyarakat Sumbawa dan rakyat indonesia. Mereka memiliki semangat, passion untuk maju. UTS, didirikan dan dipimpin Rektor UTS Dr. Zulkieflimansyah M.Sc (anak kandung Sumbawa yang juga anggota DPR-RI), mereka bangkit dari ketertinggalan di Sumbawa, bangkit menuju Indonesia baru, hari depan baru.
Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Nusa Tenggara Barat (NTB)  menunjukkan kemampuannya  di ajang kompetisi bioteknologi dunia di Massachusetts Institute of Technology (MIT),  Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Dalam kontes itu, mahasiswa UTS membuat robot bakteri antara Oktober-November 2014 ini.
Rektor UTS, Zulkieflimansyah PhD mengatakan, UTS menjadi salah satu wakil dari Indonesia pada kompetisi yang akan diselenggarakan pada Oktober-November 2014 itu. "Mahasiswa UTS membuat robot bakteri dalam lomba ini," katanya..
Dengan bangga Zulkieflimansyah mengatakan bahwa mahasiswa UTS telah berhasil membuat robot bakteri pertama di dunia. Hal itu sebagai bukti bahwa teknologi tidak saja dikuasai mahasiswa dari universitas ternama, tapi juga bisa mahasiswa dari perguruan tinggi di daerah.
"Ternyata soal teknologi tidak hanya milik universitas terkenal saja seperti ITB, UI, Gadjah Mada. Mahasiswa di daerah juga punya kemampuan bidang teknologi," jelasnya.
Ditambahkannya, mahasiswa UTS  telah diundang oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta kontes di MIT digelar. Kesempatan itu  akan diberikan kepada mahasiswa UTS melakukan presentasi tentang bioteknologi. (K)



PROFIL 

Latar Belakang

Akrab disapa Bang Zul, Zulkieflimansyah adalah politisi muda yang terpandang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).  Bang Zul terpilih untuk ketiga kalinya sebagai Anggota DPR-RI periode 2014-2019 mewakili Dapil Banten II (Kab.Serang, Kota Serang, Kota Cilegon). Sejak 2011 Bang Zul bertugas di Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan dan untuk periode 2014-2019 Bang Zul menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi XI. Pada bulan April tahun 2016, ia dipindahkan menjadi anggota Komisi VII DPR-RI. 
Sebelum terjun ke politik di 2004, Bang Zul dikenal sebagai salah satu putra terpintar bangsa dan akademisi. Di 2003 Bang Zul dinobatkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai Peneliti Muda Terbaik Indonesia (bidang ekonomi & manajemen). Sederet prestasi di diperolehnya di dunia penelitian dan menjadi Senior Research Fellow, Kennedy School of Government, Harvard University di Amerika Serikat, menjabat sebagai Direktur Riset Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan diberi kepercayaan sebagai Pemimpin Program Extension Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Di 2012 Bang Zul terjerat kasus dugaan pemerasan terhadap perusahaan BUMN yaitu PT. Merpati Nusantara Airlines dalam penyertaan modal negara dan diberikan sanksi oleh Badan Kehormatan DPR-RI.  [sumber

Pendidikan

a. 2001- Doktor Ekonomi Industri. Department of Economics University of Strathclyde UK
b. 1998- Msc Bidang Industrialisasi. Department of Economics University of Strathclyde Glasgow UK
c. 1997- Msc Bidang Pemasaran dan Bisnis Internasional. Department of Marketing University of Strathclyde Glasgow UK
d. 1995- Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Perjalanan Politik

Zulkieflimansyah sangat aktif berorganisasi sejak di bangku kuliah. Bang Zul adalah Ketua Senat Mahasiswa Universitas Indonesia (1994-1995).  Ketika menjalani program pasca sarjana di Inggris Bang Zul tetap giat berorganisasi dan memimpin beberapa organisasi kemahasiswaan yaitu Persatuan Pelajar Indonesia di Glasgow, UK (Ketua), Strathclyde Moslem Student Association, Glasgow, UK (President) dan Mahasiswa Muslim Indonesia di Britania (Ketua).
Keterlibatannya dalam dunia politik diawali dengan terpilihnya menjadi Anggota DPR-RI pada periode 2004-2009.  Bang Zul bergabung dengan PKS sebelum Pileg 2004 dan mencalonkan diri menjadi calon legislatif.  Beliau pernah menjadi sorotan publik mengenai pelanggaran kode etik dalam sidang paripurna DPR yang pada saat itu membahas mengenai pengesahan Undang-Undang Keinsyinyuran.
Didukung oleh PKS, Zulkieflimansyah pernah maju sebagai Calon Gubernur Banten pada Pilkada 2006.  Zulkieflimansyah maju pada Pilkada 2006 sebagai Calon Gubernur Banten didampingi oleh artis yang juga terjun dalam dunia politik, Marissa Haque. Namun pasangan ini berhasil dikalahkan oleh pasangan Ratu Atut-Masduki.
Pada periode 2014-2019, Zulkieflimansyah mendapatkan kepercayaan untuk menjadi Wakil Ketua Fraksi PKS Bidang Litbang. 

Sikap Politik

RUU Kewirausahaan Nasional

23 November 2015 - Zulkiefli berharap teknologi dapat berkembang melalui UU Kewirausahaan Nasional. Menurut Zulkiefli, Science techno-park yang sering disalahartikan oleh masyarakat harus diluruskan. Zulkiefli juga menilai banyak regulasi Pemerintah yang menghancurkan industri nasional. Terakhir, Zulkiefli menyampaikan bahwa semangat entrepreneurship juga harus melibatkan wanita.  [sumber]

Dana PMN (Penyertaan Modal Negara)

Terkait penggunaan ruang fiskal, Fraksi PKS mengupayakan agar porsi penyertaan modal nasional tidak terlalu besar. Dana yang ada sebaiknya dioptimalkan untuk digunakan sebagai peningkatan alokasi anggaran penambahan dana desa, pembangunan irigasi, dan pembangunan jalan desa." - Zulkieflimansyah  [sumber]

Tanggapan

Anggaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

8 Juni 2016 - Zulkiefli mengatakan mitra lokal harus diperbanyak agar dapat dioptimalkan dimasa yang akan datang.  [sumber]

Evaluasi Riset Nasional

27 April 2016 - Zulkiefli merasa pilihan industri tidak harus dirgantara dan masalah inovasi nasional harus diurus Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) dan jangan hanya mengurusi perguruan tinggi. Zulkiefli menanyakan tentang kenapa tidak ada keinginan untuk menurunkan kembali inovasi desa. Zulkiefli menyatakan bahwa persentase teknologi lebih pada penjelasan supply. Zulkiefli berharap Menristekdikti ada aksentuasi yang lebih serius pada industri tertentu.  [sumber]

Kinerja Lembaga Pengelola Dana Pendidikan

Pada 6 April 2015 - Zulkieflimansyah meminta agar LPDP proaktif menziarahi daerah-daerah di Indonesia untuk menyebarkan info dan sosialisasi tentang beasiswa ini.  [sumber]

Pemerasan BUMN PT Merpati Nusantara Airlines

28 November 2012 - (Republika) - Mengenai tudingan komisi XI banyak melakukan pemerasan terhadap Direksi Pt Merpati Nusantara Airlines.  Zulkieflimansyah ikut perihatin atas tudingan yang diberikan terhadap komisi XI. (sumber)

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» Terima Kasih sudah membaca : Sosok Di Balik Kontroversial DR. Zulkiflimansyah, MSc, Anak Kandung Putera Sumbawa Pendiri UTS | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top