Belajar dari Kesederhanaan Miliarder Warren Buffet, 99 Persen Hartanya untuk Amal

Baca Juga 


 Warren Buffett tercatat sebagai orang kaya kedua di dunia, tetapi kehidupannya justru berbeda dengan para miliarder lainnya. Dalam sebuah film dokumenter berjudul Becoming Warren Buffet yang disiarkan oleh HBO, pria yang memiliki kekayaan sebesar 73,7 miliar dolar AS itu memiliki gaya hidup yang sederhana.






Meski memiliki kekayaan yang melimpah, Buffett masih tetap tinggal di rumah yang dibelinya di Nebraska pada 1958 dengan harga 31,5 ribu dolar AS (disesuaikan dengan kondisi sekarang harganya sekitar 262 ribu dolar AS). Rumah yang memiliki lima kamar tidur tersebut dekat dengan kantornya yakni sekitar lima menit menuju pusat kota Omaha. Sementara taipan minyak dan gas asal India Mukesh Ambani membangun rumahnya setinggi 27 lantai dan Founder Oracle Larry Ellison memiliki sekitar 1 miliar dolar AS properti di seluruh Amerika Serikat termasuk pulau keenam terbesar di Hawai.

Tak hanya itu, kantor Buffett juga memiliki desain interior yang sederhana. Ketika miliarder Steve Wynn mendekorasi kantornya dengan jejeran lukisan mahal Pablo Picasso, maka Buffett memilih untuk menghiasi dinding kantornya dengan potongan-potongan surat kabar dari kejadian krisis keuangan seperti Panic 1097 dan Black Tuesday.

"Ini sebagai pengingat bahwa apapun bisa terjadi di dunia ini," ujar Buffett dilansir Forbes, Rabu (22/2).

Kesederhanaan Buffett juga tampak dari kendaraan yang digunakannya, bukan Ferrari maupun kendaraan mewah keluaran terbaru lainnya. Namun, dia lebih memilih mobil Cadillac XTS yang dia beli pada 2014 setelah berkendara dengan CEO General Motors Mary Barra. Ketika itu, Barra berhasil meyakinkan Buffett bahwa Cadillac merupakan kendaraan yang memiliki kualitas baik. 

"Dia mengatakan sekitar 50 hal-hal terbaik (tentang Cadillac), dan hanya sekitar lima atau enam menit setelahnya, dia berhasil membuat saya membelinya," ujar Buffett.

Sampai saat ini, mobil tersebut masih digunakan oleh Buffett untuk mobilitas sehari-hari. Di sisi lain, Buffett juga bukan tipikal pemilih dalam makanan dan tidak memiliki diet khusus. Dalam satu hari dia meminum lima kaleng cola dan membeli sarapan di McDonald. Menu sarapan favoritnya di McDonald yakni sosis, telur, dan Cheese McMuffin dengan harga 2,95 dolar AS. Sementara menu favorit lainnya yakni bacon, telur, dan biskuit keju seharga 3,17 dolar AS. 

Gaya hidup Buffett yang sederhana tersebut membuktikan bahwa dia dapat memberikan keuntungan bagi dunia. Pria berusia 86 tahun tersebut berjanji memberikan hampir semua kekayaannya untuk kegiatan amal. Bahkan, belum lama ini dia telah menyumbangkan miliaran dolar AS untuk Bill and Melinda Gates Foundation. Buffet mengatakan, dia hanya menghabiskan sekitar 1 persen dari kekayaan yang dimilikinya. Sedangkan sekitar 99 persen kekayaannya akan dimanfaatkan untuk kebutuhan orang lain, karena dia tidak membutuhkannya.

"Konyol bagi saya jika saya tidak membagi kebutuhan tersebut untuk orang-orang yang membutuhkannya," kata Buffett.


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top