KH Ma'ruf Amin: Secara Teologis Islam Sudah Toleran

close
Daftar Artikel Populer
 Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma'ruf Amin menuturkan bagaimana NU merupakan gerakan yang santun. Ia berpendapat, itu didasari dari ajaran Islam sendiri, yang secara teologis pun memang toleran.

"Secara teologis saja, Islam itu sudah toleran, agamamu agamamu, agamaku agamaku," kata Kiai Ma'ruf di Peringatan Harlah NU, Selasa (31/1).






Ia menerangkan, prinsip agama menjadi urusan masing-masing orang itu. Sebab, di kalangan umat Islam toleransi tetap terjaga, jadi mazhabmu urusanmu dan mazhabku urusanku.

Tapi, ia menekankan, ulama-ulama tetap memiliki kewajiban menjaga umat dari akidah dan pemikiran menyimpang. Ada pula kewajiban ulama untuk menjaga umat, agar tidak terjerembab ekstrem kiri maupun ekstrem kanan.

"Namun, kalau NU selalu gerakannya santun, mengajak orang dengan sukarela," ujar Kiai Ma'ruf.

Ketua umum MUI itu menambahkan, jika tanggung jawab keumatan itu diberikan langsung Rasulullah SAW, saat menjelang ajalnya. Karena itu, Kiai Ma'ruf merasa umat Islam harus senantiasa menjaga itu, mengingat itu merupakan amanah Rasul. 


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» Terima Kasih sudah membaca : KH Ma'ruf Amin: Secara Teologis Islam Sudah Toleran | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top