Follow by Email

Pendataan Ulama Bisa Timbulkan Kegaduhan Baru

close
Daftar Artikel Terbaru


Komisi VIII DPR RI meminta rencana pendataan kiai dan tokoh agama di sejumlah pondok pesantren ditunda.Menurut Ketua Komisi VIII Muhammad Ali Taher Parasong, pihaknya mengkhawatirkan pendataan yang dilakukan aparat keamananan justru berdampak munculnya kegaduhan baru di tengah masyarakat.

"Sekarang belum perlu karena momentumnya tidak pas. Suasana rakyat yang tertekan secara psikologis terutama umat Islam. Kalau diteruskan bisa menimbulkan kegaduhan," jelasnya kepada wartawan, Minggu (5/2). 

Ali menengarai bahwa potensi kegaduhan akan timbul, karena masyarakat lebih melihat kegiatan pendataan sebagai upaya mengebiri ruang gerak para pendakwah dalam menyampaikan syiar agama. Dalam suasana umat Islam sekarang ini, yang perlu dilakukan pemerintah adalah memberikan pengarahan agar pendakwah dapat turut mendinginkan suasana.

"Jangan juga hanya dialamatkan kepada umat Islam. Negara harus adil dalam menempatkan pendakwah, mubaligh, para penceramah," jelasnya.

Dia menilai, yang perlu dilakukan pemerintah melalui Kementerian Agama adalah memberikan panduan mengenai tata cara berdakwah yang benar. Serta dapat menciptakan bahwa kehadiran pendakwah memberikan nasihat dan menuntun umat untuk selalu berada di jalan benar.

"Kalau tidak ada ulama yang menyampaikan lagi lalu siapa yang akan menyampaikan. Makanya jangan dicurigai, pendataan itu kan artinya melakukan ketidakadilan," tegas Ali. [wah]


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» Pendataan Ulama Bisa Timbulkan Kegaduhan Baru

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top