Perbedaan Pendapatan Per Kapita Umat Muslim, Kristen dan Yahudi

Baca Juga 


Benarkah umat Islam merupakan umat yang pendapatannya paling kecil alias menjadi kelompok paling miskin di dunia ini? Berikut ini hasil studi Philip M. Parker yang merangkum pendapatan per kapita penduduk dunia berdasarkan agamanya.


  1.     Yahudi 16.100 USD/tahun
  2.     Kristen 8.230 USD/tahun
  3.     Budha 6.740 USD/tahun
  4.     Muslim 1.720 USD/tahun
  5.     Sikh 702 USD/tahun
  6.     Hindu 392 USD/tahun


Dari data yang dikutip buku Tarbiyah Iqtishadiyah di halaman 6 tersebut, tampak bahwa pendapatan per kapita umat muslim masih kalah jauh dibandingkan dengan pendapatan per kapita pemeluk Kristen, apalagi pemeluk Yahudi.

Meskipun tidak menempati peringkat terbawah karena masih ada pemeluk Sikh dan Hindu yang pendapatan per kapita mereka lebih kecil, umat Islam dituntut untuk lebih meningkatkan pendapatannya. Karena bagaimanapun, dengan semakin besar pendapatan, peran dan posisi umat Islam akan lebih kuat.

Bukankah dalam Islam sendiri ada banyak ibadah yang memerlukan harta? Misalnya zakat, infaq, sedekah, dan haji. Dengan pendapatan yang makin besar, maka umat Islam bisa bersedekah lebih banyak, bisa membantu saudara-saudaranya lebih optimal dan sebagainya.

Generasi awal umat Islam telah memberikan contoh betapa besar kemanfaatan harta di tangan orang-orang shalih. Tiga di antara empat khulafaur rasyidin adalah orang kaya. Sembilan di antara 10 sahabat yang dijamin masuk surga adalah orang kaya. Dan mereka luar biasa di dalam bersedekah dan berinfak fi sabilillah.

Abu Bakar menginfakkan seluruh hartanya pada perang Tabuk. Umar bin Khattab menginfakkan separuh hartanya, Utsman bin Affan menginfakkan sepertiga hartanya. Dan masih banyak contoh-contoh luar biasa lainnya. [Muchlisin BK/bersamadakwah]

*Sumber: Ceramah Tarhib Ramadhan oleh Ustadz Farid Dhofir, Lc, MSi




Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 



KOTAK KOMENTAR



" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top