SEJARAH INDONESIA HARI INI : 07-01-1965: Ketika Indonesia Hengkang dari PBB

close
Daftar Artikel Populer
Pada tanggal 7 Januari 1965, Indonesia memutuskan keluar dari PBB. Hal tersebut diputuskan Presiden Soekarno sebagai reaksi atas dominasi Amerika Serikat di kancah politik internasional.
Sebelumnya dalam pidato pada tanggal 31 Desember 1964, Bung Karno menyatakan ketidakpuasan atas pencalonan Malaysia masuk ke PBB. Dia pada saat itu mengultimatum bahwa Indonesia akan keluar dari PBB jika Malaysia diterima menjadi anggota Dewan Keamanan tidak tetap. Bung Karno juga meminta para anggota PBB tidak menerima Malaysia.



Diketahui bahwa pada periode tersebut, Indonesia dan Malaysia memang sedang berkonflik. Dengan diterimanya Malaysia oleh PBB, Soekarno akhirnya memutuskan Indonesia keluar dari organisasi internasional tersebut.
Indonesia sebelumnya masuk ke PBB sebagai anggota ke-60 pada tanggal 28 September 1950. Namun setelah Malaysia diterima PBB, Indonesia kemudian keluar pada 7 Januari 1965.
Setelah beberapa lama, Indonesia kembali masuk menjadi anggota PBB yakni pada tanggal 28 September 1966. Indonesia tetap dianggap sebagai negara anggota yang ke-60.


Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» Terima Kasih sudah membaca : SEJARAH INDONESIA HARI INI : 07-01-1965: Ketika Indonesia Hengkang dari PBB | jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top