Follow by Email

Hasil Penelitian : Insya Allah, Pikun Dapat Dicegah dengan Mengkonsumsi Teh Secara Teratur

close
Daftar Artikel Terbaru
Minum teh memang merupakan kebiasaan yang banyak diterapkan secara meluas di dunia bahkan secara turun menurun teh dipercaya memiliki khasiat yang berdampak positif bahi kesehatan kita. Khasiat teh memang sudah banyak diungkap secara ilmiah karena  terkait dengan antioksidan yang dikandungnya.  Namun hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Department of Psychological Medicine di National University of Singapore's (NUS) Yong Loo Lin School of Medicineterkait dengan khasiat teh ini lebih  menjanjikan.



Hasil penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition, Health & Aging  ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi  secangkir teh secara teratur setiap hari dapat mengurangi resiko pikun  sebesar 50%   pada orang tua, bahkan pengurangan resiko ini lebih tinggi lagi yaitu 86% bagi orang yang telah dideteksi secara genetik memiliki resiko penyakit  Alzheimer (memiliki gen APOE e4).
Pikun atau yang dikenal juga dengan demensia saat ini menjadi masalah diberbagai negara termasuk Indonesia mengingat angka penderita penyakit degeratif yang terkait dengan kognitif ini angkanya semakin meningkat setiap tahunnya. Baca selengkapnya disini.


Saat ini para ahli syaraf  dan ahli pengobatan memang sedang berlomba berupaya keras untuk menemukan obat pencegah pikun, namun hasil penelian ini membuktikan bahwa hanya melalui cara yang sangat sederhana seperti minum secangkir teh secara teratur dapat mencegah pikun di hari tua.
Teh ternyata memiliki peranan sebagai pelindung syaraf (neuroprotective) pada bagian otak yang memiliki fungsi kognitif.  Menurut hasil penelitian ini semua jenis teh seperti teh hijau, teh hitam ataupun teh oolong memiliki fungsi ini.
Penelitian ini membuktikan bahwa  daun teh  mengandung komponen bioaktif  seperti catechins, theaflavins, thearubigins dan  L-theanine. Komponen ini berfungsi sebagai anti oksidan sekaligus sebagai anti pembengkakan (inflammatory agent).  Fungsi lain dari komponen bioaktif ini adalah mencegah otak dari kerusakan pembuluh darah dan degenerasi syaraf.
Hasil penelitian ini dianggap cukup sahih  karena melibatkan jumlah peserta penelitian sebanyak 1000 orang dengan usia 50 tahun ke atas.  Setiap dua tahun peserta penelitian ini dievaluasi fungsi kognitifnya dengan menggunakan alat yang telah distandarisasi.
Faktor lain yang dianggap akan berpengaruh pada hasil penelitian ini seperti gaya hidup, kondisi pengobatan, aktivitas fisik dan sosial juga diperhitungkan dalam menyimpulkan hasil penelitian ini.
Walaupun mekanisme masing masing komponen bioaktif pada teh ini dalam mencegah pikun belum sepenuhnya dijelaskan, namun paling tidak hasil penelitian ini menjawab pertanyaan mengapa sejak dulu teh dikonsumsi bahkan sudah menjadi tradisi di banyak negara terutama di negara di wilayah Asia.
Sumber: satuduatiga,empatlimaenam

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
» Hasil Penelitian : Insya Allah, Pikun Dapat Dicegah dengan Mengkonsumsi Teh Secara Teratur

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top