Ini Dia Lima Jurnalis Wanita Muslim Beken Dunia Saat Ini

Baca Juga 






Abad ke-21 telah memberi tempat yang luas pada kaum wanita di seluruh dunia agar semakin terlibat dalam profesi jurnalistik, mulai dari peliputan di lapangan maupun penyiaran di studio.

Tentu saja, wanita Muslim turut ambil bagian dalam menyajikan kebutuhan informasi masyarakat dunia. Berikut Aktual merangkum lima jurnalis wanita Muslim yang diakui dunia karena dedikasinya di bidang jurnalistik.

1. Lisa Shirley Aziz

Meski memiliki darah Bangladesh dari sang ayah, jurnalis wanita ini lahir di Inggris pada 19 Juni 1962, menempuh pendidikan di University of London jurusan Sejarah Seni dan Kajian Agama. Publik Eropa mengenalnya karena mempresenteri berita di berbagai media terkemuka seperti LBC, BBC dan Sky News.

Aziz merupakan presenter wanita Asia pertama yang tampil di televisi Eropa. Pada 2004, ia menerima penghargaan sebagai jurnalis televisi terbaik dari EMMA (Etnis Multicultural Media Academy).

2. Fareena Alam

Lahir 25 September 1978, Alam dibesarkan di Singapura hingga mengambil gelar sarjana di National University of Singapore. Semasa kuliah, ia dipilih sebagai presiden asosiasi mahasiswa PBB karena aktif mengkampanyekan kepedulian pada anak-anak jalanan di Bangladesh.





Hingga 2011, ia bekerja sebagai editor di Q-News disamping menjadi kontributor lepas untuk surat kabar Inggris dan internasional. Tulisan terbarunya sempat menjadi headline di sampul majalah ternama Newsweek International.

Islamic Relief memberi penghargaan pada Alam sebagai Media Professional of the Year di tahun 2005 lalu di tahun 2006 kembali memperoleh penghargaan serupa dari Asian Women of Achievement Awards.

3. Zeinab Badawi

Wanita kelahiran Sudan ini mendapatkan jiwa jurnalistiknya dari sang ayah yang merupakan seorang editor surat kabar. Badawi lahir pada 24 November 1959 dan menempuh pendidikan di Oxford University.

Ia dikenal sebagai jurnalis televisi dan radio di sejumlah media seperti ITV, BBC dan Channel 4. November 2009, Badawi dinobatkan sebagai International TV Personality of the Year dari Association for International Broadcasting.

Ia juga dianugerahi gelar Doktor Sastra Kehormatan oleh School of Oriental and African Studies (SOAS) sebagai pengakuan atas prestasinya di bidang jurnalistik di tahun 2011.

4. Kristiane Backer

Jurnalis televisi berkebangsaan Jerman ini lahir di Hamburg pada 13 Desember 1965. Backer dikenal sebagai presenter program Travel Channel.

Mualaf pada tahun 1995, Backer juga diketahui sering menjadi pembawa acara di berbagai pertemuan bisnis berskala internasional, konferensi dan ajang-ajang penghargaan. Kini ia menetap di London.





5. Farhana Tasmin Lucia-Khan

Khan memulai karir medianya di Zee TV Network sebagai reporter, pernah juga menjadi penyiar di BBC Radio saat gempa bumi dan tsunami melanda Samudra Hindia 2004 lalu, tercatat juga pernah berkarir di PTV Prime, Channel 5, ITV dan NBC.

Khan melaporkan berbagai berita prestisius seperti pemboman London 2005, pembunuhan berantai di Ipswich 2006, kerusuhan London 2011, pemberontakan di Mesir, Libya dan Suriah, serta melaporkan berita kematian Usamah bin Ladin.

Lulusan Oxford University ini lahir di London pada 18 Juli 1980.[akt]

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 



KOTAK KOMENTAR



" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top