Follow by Email

Kaki Berlubang Seperti Rumah Rayap, Inilah Cara Ampuh Mengobati Kaki "Rayapan"

close
Daftar Artikel Terbaru
Pernahkah Anda mendengar tentang “Kaki rayapan”? Kaki rayapan atau yang dalam makna medis disebut pitted keratolysis yakni yaitu infeksi bakteri yang ada pada telapak kaki. Dalam kondisi ini, telapak kaki seseorang akan alami lubang-lubang dangkal serta bau kaki yang menyengat. Kondisi ini akan semakin kritis bila pasien kurang membuat perlindungan kebersihan kaki.

Lubang-lubang pada telapak kaki itu tidaklah lantaran digigit rayap, namun karena infeksi jamur dan bakteri. Walaupun tak sakit serta tidaklah penyakit menular, namun seseorang yang kakinya rayapan tentunya bakal merasa kurang meyakini diri, terutama jika bertelanjang kaki.





Penyebab Penyakit kulit Pitted Keratolysis atau Kaki Rayapan

Pada umumnya penyebab kaki rayapan disebabkan oleh bakteri Coryneform yang memproduksi enzim proteolitik saat mencerna keratin yang merupakan protein resiliensi (tangguh) yang memberikan kulit kekuatan dan ketangguhan. Meskipun penyebab penyakit ini karena bakteri, namun ini tidak menular.

Cara Mencegah Penyakit kulit Pitted Keratolysis atau Kaki Rayapan

Penyakit kaki rayapan lebih sering muncul ketika kondisi kaki seseorang sering lebab. Biasanya dikarenakan keringat. Karena itu, untuk mencegah kaki rayapan maka terlebih dahulu kita harus mengobati keringat berlebih yang muncul pada telapak kaki.
Salah satu cara untuk mengurangi keringat berlebih pada kaki bisa dilakukan dengan memakai kaus kaki yang terbuat dari bahan katun 100% untuk membantu menjaga agar kaki tetap kaki kering. Beberapa cara lain untuk mencegah terkena penyakit kaki rayapan atau Pitted Keratolysis bisa dilakukan diantaranya dengan:
  • Menghindari untuk memakai sepasang sepatu yang sama lebih dari dua hari berturut-turut. Setelah memakai sepatu dan sebelum kembali memakainya, usahakan sepatu sudah mengering selama sedikitnya 24 jam.

  • Sama seperti sepatu, kaus kaki juga perlu diangin-anginkan ketika tidak dipakai.

  • Setiap harinya kaki juga harus rajin dibersihkan dengan sabun antibakteri atau antiseptik, atau bahkan bila perlu juga kaki disikat dengan sikat atau batu untuk menghilangkan sel kulit yang sudah mati.
  • Pastikan untuk mengeringkan kaki setelah mandi, apalagi saat akan memakai sepatu. Anda bisa menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan kaki setelah mandi atau berendam.

  • Setiap harinya usahakan untuk memakai antiperspiran pada telapak kaki.

  • Hindarilah memakai sepatu yang ketat ataupun sepatu tertutup yang tanpa berventilasi. Sepatu ketat akan menyebabkan kaki cepat berkeringat, terutama jika kondisi di luar cukup panas.

  • Untuk cara mencegah kaki lembab, maka jangan biarkan kaki berkeringat karena panas dan lembab. Karena itu, biarkan kaki sering mendapatkan sirkulasi udara dan kesejukan. Jika memungkinkan melepas sepatu, ada baiknya untuk melepasnya.

  • Pakailah kaus kaki yang bahannya dari katun. Bahan ini bisa menambah daya serap, dan usahakan untuk sering menggantinya.







Cara Mengobati Penyakit kulit Pitted Keratolysis atau Kaki Rayapan



Bila hingga saat ini Anda merasa sebel dan stress yang karena kaki rayapan, sebaiknya simak informasi tentang langkah alami dan cepat untuk menangani kaki rayapan, berikut ini :

1. Rendam kaki dengan cairan atau sabun antiseptic dan antibakteri 

Untuk membebaskan kaki dari bakteri, Anda dapat merendam kaki dengan cairan atau sabun antibakteri dan antiseptic. Gunakan sikat atau batu untuk menggosok-gosok kaki hingga bersih.

2. Rendam dalam larutan Teh hangat 

Terkecuali cairan antiseptic dan antibakteri, Anda bisa pula merendam kaki dalam larutan teh hangat. Langkahnya mudah, yakni cukup rebus air bersamaan teh hingga mendidih. Biarkanlah hingga hangat lantas rendam kaki Anda yang rayapan sepanjang 20-30 menit seraya gosok-gosok lembut. Kandungan asam tannic yang membantu mengh4ncurkan jamur serta melenyapkan bau menyengat.


3. Rendam kaki di air garam 

Terkecuali cairan antiseptic dan antibakteri serta larutan Teh, Anda bisa pula pakai air garam. Larutan air garam akan membantu singkirkan jamur pada telapak kaki. Oleh karena itu, Anda dapat merendam kaki lewat cara teratur pada air garam agar bau menyengat dapat lenyap serta kaki rayapan bisa pula sembuh.

4. Keringkan hingga betul-betul kering 

Setelah direndam, Anda bisa mengeringkan telapak kaki dengan handuk atau kain hingga kering.

5. Taburkan bedak 

Membuat perlindungan telapak kaki agar tetaplah kering, Anda bisa menaburkan bedak lewat cara rata pada telapak kaki.

6. Jauhi memakai sepatu begitu lama 

Menutup kaki selama seharian dapat menyebabkan kaki berkeringat dan lembab. Kondisi tersebut yang buat bakteri semakin kerasan. Oleh karenanya, jauhi menggunakan sepatu sepanjang hari, dapat memakai sepatu namun sembari di buka dan jaga agar tetaplah kering.


Jika artikel ini bermanfaat, bagikan ke orang terdekatmu. Bagikan informasi bermanfaat juga termasuk amal ho.... Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya @Tahukah.Anda.News


Sumber | republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !
» Kaki Berlubang Seperti Rumah Rayap, Inilah Cara Ampuh Mengobati Kaki "Rayapan"

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top