Ahok: Saya Enggak Suka Bagi-bagi Sembako, Apalagi Baksos

Baca Juga 

Calon gubernur nomor pemilihan dua DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menegaskan bahwa dirinya tak pernah membagi-bagikan bahan pokok atau menggelar bakti sosial (baksos) ketika pemilihan kepala daerah.

“Saya enggak pernah lakukan yang begitu-begitu (bagi-bagi sembako). Saya enggak suka tuh bagi-bagu sembako, baksos (bakti sosial) saja saya enggak pernah lakukan,” kata Ahok di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (16/4/2017).





Calon gubernur nomor pemilihan tiga DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya menilai, pembagian sembako sudah tidak efektif lagi untuk menjaring suara pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Bahkan, Anies menilai, pihak yang membagi-bagikan sembako hanya memberikan warga solusi jangka pendek.

Tim pemenangan pasangan Anies dan Sandiaga Uno juga melaporkan kegiatan pembagian sembako yang diduga berasal dari tim Ahok dengan Djarot Saiful Hidayat kepada Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) DKI Jakarta.

Mengenai hal itu, Ahok menyebut pihaknya harus meneliti satu persatu kasusnya.

“Tapi di dalam peraturan KPU ( Komisi Pemilihan Umum), paslon (pasangan calon) kasih hadiah senilai masih di bawah Rp 25.000 itu boleh (diperbolehkan), itu ada aturan KPU-nya,” kata Ahok.

Adapun aturan yang dimaksud Ahok adalah Pasal 26 ayat 3 Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2015 tentang Kampanye. Setiap bahan kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat 1, apabila dikonversikan dalam bentuk uang nilainya paling tinggi Rp 25.000. Pada ayat 1, yaitu bahan kampanye selain yang difasilitasi oleh KPU dimaksud meliputi; kaus, topi, mug, kalender, kartu nama, pin, ballpoint, payung, dan/atau stiker paling besar ukuran 10 cm x 5 cm. [opinibangsa.id / gera]






Timses Ahok Mengaku Tidak Bagi-bagi Sembako Jelang Pencoblosan



Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jakarta Selatan pada Minggu pagi kemarin membubarkan aksi pembagian sembako oleh sekelompok orang yang mengenakan kemeja kotak-kotak. Timses pasangan petahana di Pilgub DKI, Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, memastikan itu bukan kegiatan dari mereka.

"Bukan dari timses, kita tidak ada seperti itu," ujar wakil ketua timses Ahok-Djarot, Wibi Andrino, saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (17/4/2017).

Dia tidak bisa memastikan apakah kegiatan bagi-bagi sembako itu dilakukan oleh pihak relawan atau bukan. Namun Wibi menyebut timses mendukung upaya pelaporan terhadap kegiatan yang dianggap melanggar proses penyelenggaraan pemilu.





"Kalau misalnya itu dianggap merupakan hal yang patut dilaporkan ke Bawaslu, silakan saja," ujar Sekretaris DPW NasDem DKI tersebut.

Timses Ahok-Djarot, menurutnya, patuh terhadap aturan yang berlaku. Mereka siap membuktikan tidak terlibat dalam kegiatan bagi-bagi sembako tersebut.

"Biar nanti dibuktikan saja, kita juga ngelaporin," kata Wibi.

Sebelumnya, Panwaslu Jaksel membubarkan aksi pembagian sembako di kompleks Kalibata City pada Minggu (16/4). Pembagian sembako itu dilakukan oleh sekelompok orang yang memakai kemeja kotak-kotak, baju khas yang biasa dipakai kubu Ahok-Djarot.

"Ada sekelompok orang berbaju kotak-kotak terus dia bawa sembako karung. Kemudian bilangnya dijual, terus banyak orang berdatangan di luar penghuni Kalibata City. Kemudian kami bubarkan," tutur Ketua Panwaslu Jaksel Ahmad Ari Masyhuri, Minggu (16/4).

Panwaslu juga menyita ratusan paket sembako di daerah Palmerah, Jakarta Barat. Penyitaan tersebut dilakukan karena diduga akan disebarkan saat masa tenang kampanye.

Selain itu, Polsek Kalideres, Jakarta Barat, mengamankan 6 mobil berisi sembako di sebuah gudang dan diduga dimaksudkan dengan tujuan sama. Namun, dalam dua penyitaan itu, belum bisa dipastikan berkaitan dengan pasangan calon mana. [opinibangsa.id / dtk]


Jika artikel ini bermanfaat, bagikan ke orang terdekatmu. Bagikan informasi bermanfaat juga termasuk amal ho.... Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya @Tahukah.Anda.News


Sumber | republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top