Tulang Mana yang Paling Rentan Patah? Simak 9 Fakta Penting Tentang Tulang Manusia

close
Daftar Artikel Populer



Tulang merupakan salah satu organ manusia yang paling penting. Struktur tulang pada manusia lebih dikenal dengan sebutan sistem kerangka tubuh manusia, yang menopang seluruh komponen tubuh manusia. Nah, bisa dibayangkan kan kalau tubuh manusia tidak memiliki tulang? Simak 9 fakta tulang manusia yang perlu Anda ketahui berikut ini:

1. Bayi memiliki lebih banyak tulang daripada orang dewasa

Orang dewasa memiliki 206 tulang dalam tubuh, tapi bayi yang baru lahir memiliki sekitar 300 komponen tulang termasuk tulang rawan. Ketika mengalami masa pertumbuhan, tulang bayi akan mengalami proses pembentukan tulang yang lebih besar. Hal ini yang menyebabkan jumlah tulang manusia berkurang ketika dewasa.

2. Jumlah tulang di tangan dan kaki adalah yang terbanyak

Tulang memiliki beragam bentuk dan ukuran yang tidak merata di seluruh tubuh. Pasalnya, ada beberapa bagian tubuh yang memiliki jumlah tulang yang lebih banyak daripada yang lain, seperti tangan dan kaki.
Jumlah tulang di bagian tangan masing-masing sebanyak 27 tulang, sedangkan kaki masing-masing memiliki 26 tulang. Jika dijumlah semua, tangan dan kaki memiliki 106 tulang. Artinya, tangan dan kaki tersusun lebih dari setengah jumlah tulang di seluruh tubuh. 

3. Setiap tulang terhubung ke tulang lain, kecuali satu

Dari 206 tulang, ternyata ada satu tulang yang tidak terhubung dengan tulang lainny,a yaitu tulang hyoid. Tulang hyoid berbentuk seperti tapal kuda yang berbentuk U. Tulang ini terletak di antara dagu dan tulang rawan tiroid atau di dasar lidah. Fungsi tulang hyoid adalah untuk membantu gerakan lidah dalam menelan dan menghasilkan berbagi suara pada manusia.

4. Ternyata tulang bukan bagian terkeras sistem kerangka

Fakta tulang lainnya: ternyata bagian terkeras dari sistem kerangka bukanlah tulang, melainkan enamel gigi. Menurut National Institutes of Health, zat ini berfungsi untuk melindungi mahkota gigi dan mengandung konsentrasi mineral yang tinggi, khususnya kalsium garam.

5. Tulang terpanjang dan terpendek

Ditinjau dari panjangnya, tulang paha (femur) memiliki ukuran terpanjang di antara tulang-tulang lainnya. Tidak hanya terpanjang, femur merupakan tulang terkuat dan terberat. Sedangkan tulang terkecil dalam tubuh ternyata terletak di telinga bagian dalam, disebut tulang sanggurdi atau stapes. Panjang tulang ini hanya sebesar 3 mm!

6. Setiap tujuh tahun, manusia memiliki tulang baru

Tulang mampu meremajakan dirinya sendiri setiap tahun. Tidak hanya bisa memperbaiki dirinya sendiri, tetapi tulang juga bisa tumbuh kembali. Yang tidak kalah mengejutkannya tentang fakta tulang, ternyata setiap tujuh tahun, kita memiliki kerangka baru!

7. Lengan adalah tulang yang rawan patah

Lengan adalah salah satu tulang yang paling sering patah, hampir setengah dari orang dewasa pernah mengalami patah tulang. Sedangkan bagi anak-anak, tulang selangka adalah tulang yang paling rawan patah.

8. Leher manusia sama dengan leher jerapah

Ternyata leher manusia memiliki jumlah tulang yang sama dengan leher jerapah, lho! Jerapah diketahui memiliki tujuh buah tulang cervical vertebrae, begitu pula dengan manusia. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran setiap tulang.

9. Ada orang yang memiliki jumlah tulang rusuk berlebih

Kebanyakan orang dewasa memiliki 24 tulang rusuk (12 pasang), namun ada satu dari setiap 500 orang memiliki jumlah tulang rusuk berlebih yang disebut tulang rusuk serviks atau tulang rusuk leher. Tulang rusuk ini biasanya muncul di dekat leher dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi. Umumnya gangguan ini disebabkan kelainan bawaan yang ditemukan secara kebetulan.
Dalam kasus yang jarang, tulang rusuk ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang dikenal sebagai sindrom outlet toraks atau sindrom outlet dada. Gangguan ini ditandai dengan rasa sakit di bagian bahu atau leher, mengalami kelemahan otot di sekitar otot tangan, pembekuan darah, dan masalah lainnya.



Jika artikel ini bermanfaat, bagikan ke orang terdekatmu. Bagikan informasi bermanfaat juga termasuk amal ho.... Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya @Tahukah.Anda.News


Sumber | republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !
» Tulang Mana yang Paling Rentan Patah? Simak 9 Fakta Penting Tentang Tulang Manusia

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top