Follow by Email

Di Tempat Ini, Mukjizat `Tongkat Ular` Nabi Musa Diturunkan

close
Daftar Artikel Terbaru
  Yes  Muslim  - Di tempat ini, mukjizat berupa 'tongkat ular' dan tangan yang bercahaya diturunkan Allah SWT kepada Nabi Musa AS.

Mayoritas umat Muslim tentu mengetahui kisah Nabi Musa AS yang dianugerahi mukjizat kenabian berupa tongkat yang bisa berubah menjadi ular besar. Tongkat ini pula yang kemudian digunakan Nabi Musa untuk membelah Laut Merah guna menunjukkan bukti kenabian pada kaumnya.




Kisah Nabi Musa dan mukjizatnya ini diceritakan secara jelas dalam Al-Quran, tepatnya dalam Surat At-Tin dan Al-Mu'minun. Dalam Quran disebutkan, mukjizat berupa 'tongkat ular' dan tangan yang bercahaya diturunkan Allah kepada Nabi Musa di sebuah tempat bernama Bukit Tursina. Bukit Tursina pulalah yang menjadi saksi bahwa Nabi Musa pernah berbicara langsung dengan Allah SWT.

Dalam Quran digambarkan, Bukit Tursina merupakan bukit yang ditumbuhi pepohonan buah tiin dan zaitun. Lalu, di manakah letak tempat itu? Sebenarnya, hingga kini letak geografis Bukit Tursina masih menjadi perdebatan.



Namun, sebagian besar ulama dan ahli tafsir berpendapat bukit itu berada di barat daya negeri Syam (yang sekarang Suriah), yakni di Gunung Az-Zaitun, sekitar Baitul Maqdis Palestina. Pendapat para ulama itu mengacu pada penjelasan dalam Al-Quran dan As-Sunnah.

Pendapat mereka diperkuat pula dengan banyaknya keberadaan pohon tiin dan zaitun di sekitar Baitul Maqdis, Palestina, yang berkorelasi dengan ciri Bukit Tursina yang disebutkan dalam Quran.

Para ulama semakin yakin bahwa Bukit Tursina terdapat di Palestina karena kedua tempat tersebut memiliki persamaan, yakni sama-sama disebutkan dalam Al-Quran sebagai tempat paling diberkahi di muka bumi. Subhanllah... (Ism)



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !



» Di Tempat Ini, Mukjizat `Tongkat Ular` Nabi Musa Diturunkan

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Populer 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top