Food Stylist, 'Makeup Artist' Para Makanan Agar Tampak Menggiurkan

Baca Juga 


  Yes  Muslim  - Jatuh cinta dengan dunia kuliner tak selalu berarti kamu harus menjadi chef atau koki, lho. Sama sekali tak berarti kamu harus terjun jadi seorang pengusaha atau pemilik restoran.



Karena dunia kuliner menawarkan kemungkinan yang tidak terbatas, kini bermunculan beragam profesi di dunia kuliner yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Salah satu yang tengah naik daun dan meroket popularitasnya adalah food stylist.
Apa itu food stylist?
Jika kamu melihat gambar makanan yang menggiurkan dan menggugah selera di majalah, iklan, atau bahkan buku resep, itu semua merupakan buah karya dari food stylist.
Food stylist memegang peranan penting dalam menciptakan visual makanan yang menggiurkan. Kemampuan menata hidangan dengan cantik dan artistik merupakan sebuah hal yang wajib dimiliki seorang food stylist.
Semua demi memuaskan klien dan memikat konsumen yang ada di luar sana.
"Food stylist itu sejenis makeup artist tapi buat makanan," jelas chef Yuda Bustara yang juga berprofesi sebagai food stylist saat dihubungi kumparan (kumparan.com), Kamis (11/5).
"Jadi kalau misalnya kamu lihat billboardnya iklan burger atau restoran yang menampilkan makanan, itu sebenarnya ada yang ngerjain. Bukan sembarangan, supaya terlihat menarik dan terlihat komersil," jelas Yuda lagi.
Pekerjaan seorang food stylist profesional tak sebatas hanya menata makanan saja, lho. Food stylist profesional juga bertanggung jawab dalam mempersiapkan segala macam properti yang berhubungan dengan makanan.
Chef Yuda membeberkan fakta menarik soal iklan makanan yang selama ini kamu saksikan di televisi, media cetak, ataupun baliho. Hampir seluruh makanan yang ada di iklan merupakan replika alias palsu!
Ia menjadikan es krim sebagai contoh. "Biasanya kita buat es krim palsu (dummy), supaya fotograferpun gampang fotonya, supaya enggak meleleh," lanjutnya lagi
Dan yang bertugas menyediakan dummy tersebut adalah food stylist. "Food stylist itu nyiapin properti, makanya banyak banget yang salah kaprah. Food stylist yang profesional itu lebih ke produksi, bukan cuma buat menata aja," jelas chef 30 tahun ini.
Untuk bisa menjadi seorang food stylist profesional, setidaknya kamu harus memiliki latar belakang di bidang kuliner. "Harus mengerti juga caran produksi, harus ngerti caranya foto ataupun syuting. Dan kalau dia mengerti makanan dia akan jadi lebih gampang," sambung Yuda lagi.
Namun jika kamu berpikir untuk menjadikan food stylist sebagai profesi namun tak memiliki latar belakang pendidikan kuliner, mungkin kamu bisa coba mengikuti workshop terkait food styling. Tertarik mencobanya?

https://kumparan.com/luthfa-nurridha1487566251351/food-stylist-makeup-artist-para-makanan-agar-tampak-menggiurkan

Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !



Daftar Artikel Terbaru Lainnya 



KOTAK KOMENTAR



" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top