Nusantara Mengaji, Ribuan Umat Islam Ikuti Khataman Alquran di Masjid Raya Bandung

Baca Juga 




  Yes  Muslim  - Ribuan umat Islam memenuhi Masjid Raya Bandung untuk mengikuti kegiatan Nusantara Mengaji, Sabtu (20/05). Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 02.00 WIB dini hari dihadiri umat Islam dari berbagai wilayah di Jawa Barat.

Dalam barisan shaf, umat Islam dengan dipandu panitia selanjutnya mengawali kegiatan dengan shalat tahajud dan dilanjutkan dengan khataman Alquran bersama.

Ketua Kornas Nusantara Mengaji, H Jazilul Fawaid, menyatakan apresiasinya terhadap antusiasme masyarakat dan menyebut semangat masyarakat sebagai semangat filosofi sejarah Bandung lautan api.

“Filosofi sejarah ini adalah perlawanan masyarakat indonesia terhadap sekutu atau penjajah. Dengan filosofi itu menggambarkan bahwa mengaji juga merupakan cara untuk melawan segala hal yang menyulitkan kita,” terangnya.
Kordinator Wilayah Nusantata Mengaji Jawa Barat, Cucun A Syamsurijal mengajak masyarakat seluruh Jawa Barat memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan membudayakan kataman Alquran.

“Saya meyakini bahwa mengaji akan memberikan ketenangan jiwa kita, jika jiwa kita tenang, maka masalah seberat apapun akan dapat diselesaikan dengan baik,” imbuh Cucun.

Selain acara ini juga sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei. Karena itu, rentetan acara khataman Alquran ini juga dirangkai dengan jalan sehat dan orasi kebangsaan yang disampaikan oleh Inisiator Nusantara Mengaji, A Muhaimin Iskandar.[akt]








Allahu Akbar!! Ribuan Santri Siap Jadikan Bandung Lautan Mengaji


Sabtu (20/5) akan ada gelaran istimewa di Bandung. Kegiatan yang akan diisi oleh ribuan santri yang akan mengaji akbar di Masjid Raya Bandung, Jalan Asia-Afrika, Bandung, Jawa Barat.

Sekitar 50 ribu santri yang ada di Jabar siap untuk mengaji dan membuat Bandung menjadi Lautan Mengaji.

Para santri itu akan melakukan 1000 kali khatam Alqur’an yang dipimpin langsung Inisiator Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar.

Menurut Koordinator Wilayah Nusantara Mengaji Jawa Barat, Cucun A Syamsurizal, selain khatam Alqur’an, di lokasi juga bakal digelar Salat Subuh berjamaah.

Acara sendiri dimulai sejak pukul 03.00. “Selepas Salat Subuh Berjamaah dilakukan persiapan jalan santai menuju Monumen Bandung Lautan Api Tegal Lega,” ucap dia dalam keterangannya, Kamis (18/5).

Cucun yang juga menjabat sebagai anggota Fraksi PKB di DPR ini menambahkan, Bandung Lautan Mengaji adalah tindak lanjut dari program Nusantara Mengaji yang di inisiasi Abdul Muhaimin Iskandar.


Cucun mengatakan bahwa ketika rapat, diputuskan seluruh perwakilan pesantren di Jawa Barat bakal mengirimkan santri dan santriwatinya dalam kegiatan itu. Tak ketinggalan Tokoh Masyarakat dan Ulama di Jawa Barat.

Sekretaris Panitia, Ahmad Irfan Alawi menyampaikan acara akan dimulai dengan jalan santai. Kemudian santri yang laki-laki akan jalan kaki menuju Monumen Bandung Lautan Api dengan mengenakan sarung, berbaju koko dan berpeci.

“Nanti di perjalanan akan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Lagu Syubbanul Wathon sebagai penegasan kebangsaan di Jawa Barat,” papar Ahmad.


Ahmad juga menyampaikan jika Muhaimin Iskandar akan ikut jalan kaki. “Setibanya di Monumen Bandung Lautan Api langsung orasi kebangsaan,” tukas dia



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !



Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top