Berbagi KISAH NYATA ! Utang Terbayar Lewat Sedekah

Baca Juga 


  Yes  Muslim  -  Usai seminar "Kembali Ke Titik Nol" di Kediri Jawa Timur 14 Mei lalu saya mampir ke outlet kaos milik Rizky Kana Oksamal yang testimoni hijrahnya saya tampilkan di cover belakang buku "Mencari Jalan Pulang".




Usaha kaos gapleknya sempat ngedrop ketika dia memulai usaha dengan pinjaman riba, membuka outlet yang besar padahal penjualan belum stabil sementara tagihan cicilan dan bunganya gak mau ngerti, berani utang ya harus berani bayar... gak bisa bayar tukang tagih utang mereka kirimkan! Hehe..

"Utang saya hanya puluhan juta waktu itu mas, tapi kalau pemasukan seret ya dah pusing aja bayar cicilannya. Sampai kalau di rumah kerjaan saya ngumpet terus, saya pesen ke orang rumah kalau tukang tagih datang saya gak ada, padahal saya ngumpet di kamar.. bener deh utang itu bikin terhina di siang hari dan gelisah di malam hari!" Kata Rizky waktu itu.





Terus gimana caramu lepas dari jeratannya?

"Saya memilih menutup outlet yang gede dan bersumber dari utang riba itu, pindah ke tempat yang lebih kecil yang penting bisa mengurangi beban usaha setiap hari. Tiap hari juga terus usaha dan berdoa, gimana yaa menemukan cara nglunasin utangnya.. tapi kok gak ketemu juga! Dunia rasanya buntu!"

Mmm.. perasaan jenuh, lelah, bosan dikejar utang pasti di alami semua orang, makanya saya selalu ngingetin kalau mau lunas utang ngandelin usaha kita saja ya bakal susah! Yang bener ngandelin ALLAH, Yang Maha Pemilik Solusi!

Nih kisah selanjutnya..

"Waktu itu saya dapet pesanan kaos dari salah satu instansi di luar Kediri mas, langsung saya kebuut biar cepat selesai, hari H sesuai jadwal naik motor saya anter ke kotanya, apesnya saya telat dua jam sampai disana. Langsung deh datang-datang saya disidang sama mereka, telat dua jam aja dijadikan alasan seolah-olah kaos kerjaan saya ini dah gak ada artinya, dan mereka gak mau bayar pelunasan kaosnya sebanyak 2 juta.. " lanjut Rizky.

Haiyah! Banyak nih oknum konsumen bandel kayak gini.. dia akan mencari-cari kesalahan kita biar dapat diskon atau kompensasi lainnya..

Terus gimana tuh?

"Pas saya lagi disidang oleh mereka, tiba-tiba datang truk membawa kayu ke kantor itu, sopirnya turun dan memberikan amplop kepada orang di depan saya. Ini pasti duit sogokan, atau setoran gak jelas! Karena sopir itu pergi begitu saja tanpa banyak bicara.. yang bikin saya shock mas, amplop itu setelah diitung langsung dikasihkan ke saya isinya uang 1 juta, sambil dia ngomong kalau mau membayar kaos yang telat ini tapi hanya setengah saja dari total kekurangannya. 
Duuuh.. saya dah males banget di ruangan itu, sudah uangnya dari sogokan, bayar kaos ditawar habis-habisan! Udah lah langsung saya terima saja, daripada ribet urusan dengan orang-orang kayak gitu!"
Gak semua orang bisa pasrah gitu lho ky.. hehe yang banyak malah bakal emosi!

"Bener itu mas, sepanjang jalan pulang saya mikir uang dalam amplop itu uang panas, walaupun itu hak saya tapi kok saya gak sreg untuk memegangnya.. akhirnya mas saya memilih mampir ke sebuah panti asuhan, dan uang itu saya sedekahkan semua. Sudahlah biar saya saja yang menanggung ruginya.."

Mmm.. keren nih! Pasti ALLAH tidak akan tinggal diam dengan keputusannya. Janji ALLAH jelas banget di Al Quran surat Al Baqarah 276, bahwa ALLAH akan memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah... hey! Apakah ALLAH pernah ingkar janji?

"Saya gak ngarep apapun dari sedekah itu, tapi Masya ALLAH memang benar kalau pertolongan ALLAH itu dekat mas. Seminggu kemudian saya dihubungi kawan lama saya, dia mau bikin event gede di Kediri, kliennya sebuah perusahaan semen besar di Jawa Timur, dia mencari partner EO lokal, nah saya dulu pernah kerja di EO, terus dia nawarin saya untuk membantunya. Ketika proposal event lokal itu diemail saya bengong mas, tercantum disitu total biaya 290 juta, dan fee untuk EO Lokal 20% nya.. Allahu Akbar!! Saya langsung kerjakan semua tugasnya, beres semuanya sampai event itu selesai.. ketika fee itu cair saya langsung gunakan semuanya untuk bayar utang bank, utang saya lunasss nas!! Bahkan ada sisa uangnya untuk tambahan modal bisnis kaos saya..."


ALLAH tak pernah ingkar janji kawan! Rizky membuktikannya.. Kau suburkan sedekah, maka utang ribamu ALLAH musnahkan.. lunasss!!

Itulah kekuatan doa dan sedekah, kita ini banyak dosa yang bikin banyak doa kita terpental gak tembus langit! Namun lewat sedekah yang ikhlas karena ALLAH, doa-doa kita bisa terkabulkan lewat mulut-mulut mungil anak yatim dan orang-orang lemah yang diam-diam mendoakan kita... tembusss langit!

Sebelum pulang ke Jogja saya membeli kaos di outletnya, pantang minta gratisan! Ini soal mental hehe.. ikut seneng kaos gaplek bisa menjual minimal 1000 kaos tiap bulannya. Testimoni Rizky sudah tercetak di cover buku saya, agar jadi semangat untuk kalian semua menemukan jalan pulang..

Salam,

Saptuari Sugihato
Dipublikasikan pertama di Group FB Belajar Wirausaha Bareng Saptuari.


[islamedia]




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !



Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top