Follow by Email

Ini Dia 5 Bentuk Silaturahmi Wajib Dilakukan Selama Ramadhan, Kamu sudah?

close
Daftar Artikel Terbaru



  Yes  Muslim  -  Silaturahmi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Bukan hanya memperluas rezeki dan memperbanyak koneksi, silaturahmi juga sangat dibutuhkan karena itu adalah kebutuhan utama kita sebagai makhluk sosial.
Sebagai makhluk sosial, silaturahmi merupakan jalan untuk memenuhi kebutuhan kita dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
Apalagi saat bulan Ramadan, silaturahmi tak hanya jadi cara untuk memperkuat hubungan kita dengan sesama tetapi juga mendatangkan kebaikan bagi banyak orang, termasuk diri kita sendiri.
Dilansir oleh Tribunnews.com, berikut aktivitas-aktivitas silaturahmi yang membawa kebaikan pada saat bulan Ramadan.
1. Buka Bersama
Saat bulan Ramadan, buka bersama atau yang sering disingkat Bukber seringkali kita lakukan.
Kegiatan ini tak hanya sekedar kumpul makan bersama, tetapi juga sebagai momen untuk menyambung tali silaturahmi yang telah lama terputus dari teman lama atau saudara jauh.
Oleh sebab itulah, saat bulan Ramadan, undangan bukber selalu datang tiada henti, entah itu bukber bersama teman SD, SMP, SMA, kuliah, rekan kerja atau mungkin bersama keluarga besar.
Melakukan buka bersama tak hanya menjadi pelepas kangen dan ajang nostalgia, tetapi juga menjadi salah satu usaha kita untuk menjaga hubungan silaturahmi.
2. Salat Berjamaah
Salat berjamaah terutama salat tarawih merupakan salah satu keindahan ibadah saat menjalani ibadah puasa.
Tidak hanya mendatangkan pahala berlipat ganda, menjalani salat tarawih juga bisa menambah ilmu tentang agama, dan membuat kita menjalin silahturahmi dengan para tetangga yang sebelumnya sangat sulit dilakukan.
Salat tarawih memang bisa menjadi ajang interaksi sosial yang spesial, karena mendatangkan banyak kebaikan dan hanya bisa dijalan saat bulan Ramadan.
3. Tadarus Alquran Bersama
Memasuki bulan Ramadan, kegiatan tadarus Alquran semakin populer dilakukan banyak orang. Hal ini tidak mengherankan, itu karena tadarus Alquran bisa mendatangkan pahala berlipat ganda kepada kita.
Agar bisa mendapatkan manfaatnya, tadarus hendaknya tidak dilakukan sendirian namun bisa dilakukan bersama-sama.
Misalnya bagi mereka yang belum fasih membaca Alquran bisa belajar secara benar kepada mereka yang sudah fasih membaca Alquran.
Jika dilakukan secara kelompok, kegiatan ini tidak hanya menambah ilmu dan pahala tetapi juga bisa menjadi wadah untuk menjalin silaturahmi kita dengan banyak orang.
4. Zakat
Zakat merupakan kewajiban setiap muslim untuk mengeluarkan hartanya kepada mereka yang membutuhkan. Zakat juga bermanfaat untuk membersihkan dan mensucikan kita yang memberikannya.
Tapi ternyata, dibalik itu semua ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan melalukan zakat. Itu adalah silaturahmi. Zakat bisa menjadi ajang silaturahmi karena kita bisa berinteraksi dengan mereka yang menerima zakat.
Interaksi ini tidak hanya sebatas hubungan zakat, tetapi juga melahirkan silaturahmi yang membuat kita sadar bahwa banyak sekali orang yang tidak beruntung di dunia ini.
Munculnya kesadaran itu membuat kita juga mengerti bahwa keberadaan kita ternyata bisa membawa keberkahan bagi orang lain.
5. Amalan Baik
Tak hanya kegiatan dan perbuatan di atas, amalan baik bisa juga menjadi ajang silaturahmi kita terhadap sesama. Misalnya dengan melakukan amalan baik yang sederhana yaitu memberikan senyuman.
Senyuman bisa kita lakukan saat berpapasan, baik dengan orang yang kita kenal, maupun yang tidak kita kenal.
Selain dihitung sebagai ibadah, tersenyum juga bisa mendekatkan silahturahmi yang ada karena senyuman merupakan bagian interaksi kita terhadap sesama.
Tersenyum pun dapat memberikan kebahagian karena jika kita melihat seseorang tersenyum maka otomatis kita akan ikut tersenyum dan merasa bahagia.
Memang, senyuman bisa jadi sarana berbagi kebahagiaan, tak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. Hal inilah jugalah yang kemudian menjadi inspirasi kegiatan #BerkahSenyum, yang percaya bahwa senyuman bisa memberikan berkah dan kebahagian bagi banyak orang.
Dilansir dari Garda Oto, dalam kegiatan ini, kamu bisa memberikan senyuman bahagia terbaikmu melalui akun jejaring sosial instagram.
Kegiatan #BerkahSenyum akan mengkonversikan setiap 1 foto senyuman yang diunggah menjadi 1 paket bantuan untuk 1 orang tua di panti jompo.
Dengan begitu, setiap unggahan foto senyum bahagia yang kamu berikan bisa mendatangkan kebahagiaan bagi orang lain.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan #BerkahSenyum ini, kamu bisa klik disini atau dapat follow instagram @Garda.Oto.
Penulis: Garda Oto



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !



» Ini Dia 5 Bentuk Silaturahmi Wajib Dilakukan Selama Ramadhan, Kamu sudah?

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top