Ketika 8 Juta Jemaah Banjiri Masjidil Haram Selama 8 Hari Pertama Ramadhan

Baca Juga 


  Yes  Muslim  - Umrah di bulan Ramadhan menjadi favorit umat Islam karena pahalanya yang berlipat ganda dibanding di waktu lain. Seperti saat ini, jutaan umat Islam dari penjuru dunia memadati Masjidil Haram di Makkah untuk menunaikan ibadah haji kecil tersebut.




Hari Senin (5/6), Ramadhan telah memasuki hari kesepuluh. Nah, pada hari pertama hingga hari kedelapan, jemaah umrah yang membanjiri Masjidil Haram sudah mencapai 8 juta orang!
Mengutip Arab News, Kantor Gubernur Makkah pada hari Minggu (4/6) menyatakan bahwa sekitar 8 juta jemaah menggunakan sekitar 30.000 kendaraan telah diangkut ke dan dari Masjidil Haram selama 8 hari pertama Ramadhan.
Jumlah jemaah yang diangkut tersebut meningkat tajam dibandingkan periode yang sama pada tahun 2016. Tahun lalu, jemaah yang diangkut sebanyak 5,3 juta orang dengan 22.000 kendaraan.
Mengangkut jutaan jemaah itu tentu bukan perkara mudah. Karena itu dibuatlah perencanaan transportasi yang alurnya telah disetujui oleh Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal.
Untuk mengimplementasikan rencana itu, kepadatan angkutan umum dan pergerakan orang banyak didistribusikan ke semua arah geografis yang mengelilingi Masjidil Haram, serta membuat jalur pejalan kaki yang teduh, yang terpisah dari jalur kendaraan.
Diperkirakan 35 juta penumpang akan diangkut ke Masjidil Haram selama bulan Ramadhan.


Situasi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah bisa diikuti secara live di internet di makkahlive.net atau lewat akun di Youtube.
Dari tayangan langsung 24 jam itu bisa dilihat pergerakan jemaah yang sedang tawaf (mengelilingi) Kabah tujuh kali dan sai dari waktu ke waktu. Kita bisa menyaksikan waktu yang agak sepi dari jemaah dan waktu yang padat jemaah.
Sandiaga Uno Juga Umrah
Umat Islam Indonesia juga menjadikan umrah di bulan Ramadhan sebagai ibadah yang dinanti-nanti. Misalnya Wagub DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno yang terbiasa umrah di awal bulan Ramadhan.
"Ini umrah yang selalu saya jalankan di awal bulan Ramadhan untuk mempersiapkan diri di hari suci. Semoga kembali menjadi orang yang lebih bertakwa," kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis seperti diterima kumparan (kumparan.com), Rabu (24/5). Sandiaga umrah bersama keluarga besarnya. Di sana dia juga berjumpa dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.



Sandiaga juga beberapa kali meng-update kegiatannya buka puasa di Masjidil Haram di akun Instagram, termasuk saat mencukur habis rambutnya.

Saat ini Sandiaga telah pulang ke Indonesia dan beraktivitas seperti biasa.
Apakah Anda juga umrah di bulan Ramadhan ini? Silakan berbagi di kolom komentar.





Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !



Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top