Follow by Email

Melawan Pemotor yang Merenggut Hak Pejalan Kaki di Zebra Cross

close
Daftar Artikel Terbaru
  Yes  Muslim  - Apa kamu sering mendapati tempat penyeberangan jalan atau zebra cross yang harusnya bebas dari kendaraan malah terisi penuh oleh kendaraan bermotor?

Zebra cross sejatinya merupakan hak para pejalan kaki di jalan raya, namun masih banyak pengendara yang sering kali menggunakan ruas zebra cross untuk berhenti khususnya ketika menunggu lampu merah.

Seperti yang tercantum pada UU No. 22 Pasal 45 Huruf c Tahun 2009, di sana dikatakan, “Yang dimaksud dengan “tempat penyeberangan” dapat berupa zebra cross dan penyeberangan yang berupa jembatan atau terowongan.”







Muncul sebuah video yang menunjukkan bagaimana sekelompok orang melakukan eksperimen untuk mengetahui kesadaraan para penggendara tentang aturan penggunaan zebra cross.
Adalah channel youtube VectorID yang melakukan eksperimen di sebulah jalan di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Mereka melakukan empat cara berbeda untuk menegur para pengendara motor yang kedapatan berhenti di marka zebra cross.
Pertama mereka melakukan peringatn dan teguran, cara kedua dengan sedikit memaksa dan sindiran kepada pengendara untuk mundur ke belakang garis, cara ketiga memaksakan tetap menyebrang di zebra cross yang penuh dengan kendaraan, cara terakhir adalah dengan coba menyindir kembali para pengendara namun di percobaan keempat ini tak disangka ada pengendara yang tak terima dan marah.




Video tersebut merupakan sebuah eksperimen sosial yang berarti mencoba mencari tahu bagaimana respons subjek (baca: pengendara) tersebut bereaksi akan perlakukan tertentu.
Nah, dari sosial eksperimen ini tentunya menjadi tugas kita semua untuk saling menjaga ketertiban di jalan raya, bukan hanya para penggendara kendaraan bermotor. Pejalan kaki pun sebisa mungkin menaati peraturan dengan menyeberang di tempat yang telah ditentukan, seperti zebra cross atau jembatan penyeberangan.
Khususnya bagi para pengendara, menaati peraturan saat berkendara tentunya bukan sesuatu yang merugikan melainkan cara agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.
So, safe ride guys!




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !



» Melawan Pemotor yang Merenggut Hak Pejalan Kaki di Zebra Cross

KOTAK KOMENTAR


ARTIKEL TERKAIT


" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Daftar Artikel Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Youtube Channel - Pinterest - Thumbler
Back to Top