Tak Perlu Lagi Takut Makan Daging di Hari Raya Dengan Cara Simple Ini

Baca Juga 

  Yes  Muslim  - Selain salam-salaman, tradisi di Indonesia dalam menyambut hari raya adalah menghidangkan makanan. Mulai dari makanan ringan, snack, minuman bahkan makanan berat seperti opor, rendang, bakso juga banyak disediakan dirumah-rumah.



Namun sayangnya, karena terlalu banyak memakan daging, pasti akan timbul masalah baru pada tubuh. Apalagi bagi mereka yang punya masalah kesehatan khusus dikarenakan daging. Nah, oleh karena itu, berikut tips agar bisa menikmati daging di hari raya tanpa harus khawatir, seperti yang dikutip dari ruangmuslimah.

1.Hindari ikut serta dalam “pesta daging” bagi yang mempunyai riwayat hipertensi atau penyakit pencernaan. Memang cara inilah yang terbaik.

2.Lihat olahannya juga porsinya, misalnya sudah banyak makan sate, jangan tambah lagi makan gulai. Cari yang bahan tambahannnya tidak menimbulkan masalah kesehatan seperti minyak, santan, rempah-rempah. Lebih baik adalah daging dengan olahan dalam bentuk sop.

3.Hindari yang berlemak, misalnya sate dengan lemak dan sop atau gulai yang ada lemaknya. Begitu juga dengan manisan dan minuman yang manis-manis.

4.Imbangi dengan buah dan sayuran. Misalnya mentimun, tomat dan wortel. Buah-buahan bisa mengimbangi jumlah kalori yang berlebihan.

5.Jangan lupa berolahraga, dengan olahraga maka aliran darah menjadi lancar dan tentunya bisa membuang kelebihan kalori yang ditimbulkan ketika memakan daging kambing olahan.

6.Bagi yang menderita hipertensi yang cukup parah, sebaiknya hanya mencicipi saja atau jika ada daging yang lain misalnya ikan atau ayam, hendaknya dialihkan pada daging jenis ini. Dan yang paling penting adalah mengingat bahwa hipertensi adalah penyakit pola hidup, dan terapinya secara kedokteran tidak hanya obat saja tetapi juga memperbaiki pola hidup.

7.Hendaknya kita jangan makan berlebihan dan menjaga apa yang kita makan. Sebagaimana yang diingatkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihinya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas” (HR At-Tirmidzi , di-shahih-kan oleh Al-Albani dalam As-Silsilah Ash-Shahihah 2265).

Nah itulah cara yang tepat agar kesehatan kita terkendai saat lebaran, apalagi saat disuguhkan daging di setiap rumah. Yang terpenting adalah jangan sampai berlebihan ya... 




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top