Benarkah Jokowi yang Bangun Jalan Tol Pertama di Kalimantan dan Pakai Uang Rakyat? Ini Faktanya!

Baca Juga 


Benarkah Jokowi yang Bangun Jalan Tol Pertama di Kalimantan dan Pakai Uang Rakyat? Ini Faktanya!
 


Benarkah Jokowi yang Bangun Jalan Tol Pertama di Kalimantan dan Pakai Uang Rakyat? Ini Faktanya!

Opini Bangsa - Kalau melihat penyajian informasi yang kurang / tidak berimbang dari Pemerintah.... kadang jadi suka gak betah untuk diam :D

CONTOH Berita Terbaru :

Jokowi Turun Tangan Cek Perkembangan Tol Pertama Kalimantan

Saya mengunjungi proyek jalan tol pertama di Kalimantan -- Jalan Tol Balikpapan–Samarinda -- di satu titik kilometer 13, Kamis siang.


Mosok... hanya karena sepotong informasi pembangunan jalan tol pertama tersebut, Pendukung Pak Jokowi pada komentar (yang menurut saya) kebablasan. ini saya kutip sebagai berikut :

Siti Sa'adatudarain
pak jokowi sebelum ada yg pas bngettt untuk negeri 10 priode jg aku setujuu bngtttt....👍👍👍👍👍

Ferry Iryanto
Alhmdllh uang rakyat bisa buat bangun tol

Presiden 10 Periode ? Uang Rakyat untuk Bangun Tol ? :)

BENARKAH PEMBANGUNAN JALAN TOL ITU PAKAI UANG RAKYAT?
BETULKAH PAK JOKOWI YANG BANGUN JALAN TOL PERTAMA DI KALIMANTAN?

Saya akan berikan fakta-fakta berikut, tapi dengan catatan penegasan bahwa saya pada posisi TIDAK MENCELA / MENGECAM Pak Jokowi pribadi, melainkan hanya memberikan fakta untuk kita bisa berpikir arif tentang Kebijakan Pembangunan Pemerintahan sekarang ini.

(1) Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sudah dimulai sejak jaman Pak SBY, dengan peresmian awal pembangunan proyek pada tanggal 12 Januari 2011, oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak

Mon Jan 17, 2011
GUBERNUR RESMIKAN PEMBANGUNAN FREEWAY BALIKPAPAN-SAMARINDA




(2) Pernyataan Pak Jokowi dalam Pidato Kunjungan bahwa Proyek ini dimulai Tahun 2010 DAN TAPI BERHENTI adalah KURANG TEPAT ! cek link pidato : 

FAKTA MENUNJUKKAN: bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah selesai menggarap pembangunan seksi I dan pada akhir Pemerintahan Pak SBY, Pak Chairul Tanjung meresmikan kembali pelaksanaan pembangunan lanjutan jalan tol Balikpapan-Samarinda untuk Seksi 2.

Selasa 16 Sep 2014
CT Resmikan Pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda


SEKALI LAGI, bahwa pembangunan Jalan Tol Pertama di Kalimantan ini mengalami ketersendatan ADALAH IYA ! disamping soal anggaran, juga soal pembebasan tanah. NAMUN menyatakan bahwa Proyek Itu Berhenti adalah tidak benar ! sama halnya dengan Proyek KA Cepat Jakarta - Bandung yang banyak mengalami kendala hingga tersendat-sendat, begitulan Jalan Tol Samarinda - Balikpapan ini.

Koran Kaltim 2014-07-21
Pembebasan Lahan Tol Paket V Lebih Rumit

(3) Jalan Tol ini sempat diprotes keras oleh Aktivis Lingkungan Hidup, karena Mengorbankan Dua Kawasan Konservasi Rakyat yaitu Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto dan Hutan Lindung Sungai Manggar (HLSM)

7 Maret 2011
Mega Proyek Jalan Tol yang Mengorbankan Dua Kawasan Konservasi Rakyat dan Anggaran Rp 6,3 Triliyun

Menhut Tidak Pernah Keluarkan Izin Tol Kaltim Bukit Soeharto

Walhi Desak Tol Balikpapan-Samarinda Dibatalkan

(4) DAN TAHUKAH ANDA ??? bahwa pada akhirnya Pembangunan Jalan Tol ini DILANJUTKAN DENGAN Uang Pinjaman dari China sebesar 90 % dari Nilai Proyek yang berkisar Rp 848, 5 Miliar

DAN OLEH KARENANYA PULA, pengerjaannya pun dilakukan oleh Kontraktor China ! (walau pastinya ada mitra lokal). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, alasan pemilihan kontraktor asal China lantaran China menyiapkan seluruh pengerjaan proyek sekira 90 persen. Kepada salah seorang wartawan China dia menjelaskan, China dipilih lantaran mereka lah yang memberikan pinjaman.

"Because we have loan from China. It's not up to me for decide. What do you expect me to answer?," tutur Basuki kepada salah satu wartawan China, di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (23/9/2015)

China Bangun 90% Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Proyek ini dikerjakan oleh Beijing Urban Construction Group Ltd yang bekerjasama dgn PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP).

Cina Diminta Segera Bangun Jalan Tol Pertama di Kalimantan

"Uang Pinjaman China --- Kontraktor China --- (ada) Tenaga Kerja China" === ARTINYA : dari China dan Kembali Lagi ke China !

Lagian, Ngomong-ngomong.... Penghematan lebih dari Rp 200 triliun, yang bersumber dari pencabutan subsidi Premium dan Solar, ke mana ya ?

Pemerintahan Jokowi Hemat Anggaran Subsidi BBM Rp 200 Triliun Lebih

KESIMPULAN:
Saya ingin sedikit "mengingatkan" Pendukung Pak Jokowi untuk agar agar tidak kebablasan dalam memberi sanjungan. Pembangunan Berbasis Hutang adalah BUKAN PRESTASI LUAR BIASA. Karena akibatnya adalah rakyat juga yang digenjot pajak nya untuk bayar hutang.

baca ini --- Rizal Ramli : SMI Genjot Pajak Untuk Uber Setoran Utang

DI SISI LAIN : merujuk kepada pernyataan Sultan HB X, bahwa Jalan Tol pada dasarnya tidak begitu signifikan menguntungkan rakyat lokal. "Saya tidak setuju adanya jalan tol karena rakyat tidak akan mendapatkan apa-apa, diperlebar silakan tetapi jangan ditol. Tol sing untung ming (menguntungkan) yang membuat tol, tetapi rakyat di sekelilingnya (tak dapat apa-apa) karena jalan ditutup," ucap Sri Sultan HB X.

Sultan HB X Tolak Pembangunan Jalan Tol di Yogyakarta



Salam dan Do'a untuk TemanTara semua. tks.

Oleh Tara Palasara


If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 



KOTAK KOMENTAR



" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top