Bikin Resah Warga, Pengusaha di Kalteng Sengaja Sebar Limbah Ayam di Tengah Jalan

Baca Juga 


Bikin Resah Warga, Pengusaha di Kalteng Sengaja Sebar Limbah Ayam di Tengah Jalan
 

Umatuna.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Ulah seorang pengusaha ayam potong membuat berang warga Jalan Kopi Selatan, Sampit, Kotawaringin Timur, Kalteng.

Pasalnya, pengusaha tersebut membuang limbah ayam potong ke tengah jalan.

Sartika, warga sekitar mengatakan, limbah ayam potong yang dibuang di tengah jalan itu baru dilakukan kemarin (17/7).

Diduga pengusaha itu marah gara-gara ditegur warga karena membuang limbah ayam potong di tempat pembuangan sampah (TPS) yang seharusnya untuk sampah rumah tangga.

"Sudah sering diperingati. Terakhir saya tegur untuk tidak buang limbah ayam di sini, mereka malah sewot dan membalas bertanya, "kalau nggak buang di sini, terus dibuang di mana? Di sungai kah?" ucapnya sambil menirukan ucapan si pelaku pembuangan limbah ayam.

Dia menduga, pengusaha tersebut dendam dan marah akibat teguran warga, sehingga mereka menyebar limbah ayam itu ke tengah jalan. Hal tersebut membuat jalan di sekitar Kopi Selatan kotor dan kumuh.

"Di Baamang itu, saudara saya pengusaha ayam motong ayam ribuan ekor seharinya. Tapi, tidak ada limbahnya di bak sampah Baamang. Kenapa pengusaha yang di sini sampai berbuat begini? Meresahkan saja," ujarnya dengan nada kesal.

Staf Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim, Reza, membenarkan adanya kejadian tersebut. Pihaknya menyayangkan hal tidak bertanggung jawab yang dilakukan oknum pemilik rumah pemotongan ayam itu.

"Ini bak sampah rumah tangga, bukan untuk limbah ayam. Sudah kita larang sejak dulu, tapi mereka tetap buang di sini. Kami sudah menegur dan menyurati, bahkan memasang spanduk besar di situ. Tapi, tetap saja kejadian. Bahkan, rumah warga yang sering menegur mereka juga sengaja ditumpuk limbah ayam di depan rumahnya," ungkapnya.

Kejadian ini, lanjutnya, membuat warga setempat tidak tinggal diam. Dia bahkan menerima surat protes dari warga yang meminta agar oknum pembungan limbah ayam ditindak tegas dan TPS di lingkungan tempat tinggal mereka sekalian dipindahkan.

Surat pernyataan tersebut mengumpulkan tanda tangan dari warga RT 12 RW 4 di Jalan Kopi Selatan.

Reza menambahkan, oknum pelaku pembuang limbah ayam itu sudah ditangkap dan akan langsung ditindak. Tempat kejadian untuk sementara akan dibiarkan sebagai bukti.

Pihaknya juga akan menindak rumah pemotongan ayam yang menghasilkan limbah, karena kejadian tersebut selalu berulang. Sanksi berat bisa diberikan pada rumah pemotongan ayam itu. "Insyaallah akan dicabut izinnya," tegasnya.

Sementara itu, Plt Kasatpol PP Kotim Rihel mengatakan, pihaknya sudah menerima aduan dan keluhan dari warga di sekitar tempat sampah yang terdapat bangkai ayam itu. Namun, dalam kejadian ini, dia berharap ada penyelesaian secara baik-baik.

"Pagi tadi (kemarin, Red) anggota dikirim lagi ke sana, namun ini bukan penindakan melainkan teguran kepada pemilik ayam," ujarnya. Sumber: Jpnn

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 



KOTAK KOMENTAR



" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top