Fadli : Presiden Jokowi Sedang Galau Soal Dana Haji

Baca Juga 

Fadli : Presiden Jokowi Sedang Galau Soal Dana Haji
 


KabarViral - Pernyataan Presiden Joko Widodo soal dana haji dapat digunakan untuk investasi seperti pembangunan infrastruktur, mengundang reaksi. Terlebih, belakangan setelah direspon keras publik, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa usulannya itu hanya contoh.

"Saya kira itu pernyataan presiden yang sedang galau ya, karena mungkin ada reaksi dari masyarakat. Terlebih soal dana haji itu jumlahnya sangat besar dan melibatkan ratusan ribuan orang," ujar Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/7).

Fadli mengaku dirinya yang termasuk menolak penggunaan dana haji untuk investasi. Sebab menurutnya, ketika seorang calon haji menyetor dana, akadnya adalah untuk berhaji.

Karena itu, jika pemerintah ingin menggunakan dana haji untuk keperluan lain, sebaiknya ditanyakan kepada jamaah yang menyetorkan dananya tersebut.

"Kalau mau gunakan dana haji, tanya lah kepada pemilik dana. Apakah mereka ikhlas, bersedia dananya dipakai investasi," sarannya.

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, jika konteks investasi saat ini, sangat berisiko dan berbahaya. Karena dipakai untuk investasi yang belum tentu modalnya bisa kembali.

Misalnya untuk pembangunan jalan, belum tentu dana haji itu kembali ketika dibutuhkan. Apalagi, diketahui di Indonesia, banyak infrastruktur yang mangkrak.

"Terus yang mau ganti uang haji itu siapa? Jadi harus ada kehati-hatian. Karena ini berisiko," tegas Fadli.

Tetapi andai misalnya infrastrukturnya untuk membangun asrama haji di Mekkah, atau Madinah, membangun hotel yang bisa dipakai oleh jamaah haji dan umroh, Fadli menikai itu masih masuk akal.

"Masih ada relevansinya. Jadi harus ada jaminan kalau dananya kembali," pungkasnya.

-kabarviral/teropongs

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top